More
    Beranda Investasi Bisnis 7 Alasan Kenapa Banyak Orang Memilih Berinvestasi Emas

    7 Alasan Kenapa Banyak Orang Memilih Berinvestasi Emas

    Intenselynews.com – Menurut Warren Buffet, investor yang baik adalah mereka yang melakukan diversifikasi pada aset-asetnya. Di antara sekian banyak pilihan instrumen investasi, emas masih menjadi salah satu yang paling populer. Simak berikut ini yang membahas tentang 7 alasan mengapa banyak orang memilih berinvestasi emas.

    7 Alasan Berinvestasi Emas

    Meski beragam instrumen investasi lain juga menjanjikan keuntungan yang menggiurkan, emas tetap menjadi primadona tersendiri. Terlebih di saat pandemi seperti sekarang. Nilai emas yang terus naik membuat orang menjadikannya sebagai safe haven untuk melindungi nilai aset agar tak tergerus. Apa alasan orang-orang masih memercayai emas sebagai investasi?

    1. Nilainya Stabil Bahkan Cenderung Naik

    Coba Anda lihat lagi berapa harga emas tahun lalu, Anda pasti akan terkejut dengan perbedaan yang cukup signifikan. Harga emas memang berfluktuasi, tapi emas tidak memiliki volatilitas seperti saham. Artinya, meski harganya turun, Anda tidak akan bangkrut karena punya banyak emas batangan.

    2. Kebal Inflasi

    Salah satu alasan kenapa masih banyak orang memilih emas sebagai investasi adalah kemampuannya melawan inflasi. Ketika nilai uang turun, harga emas justru semakin naik. Inilah yang menyebabkan kenapa emas dijadikan media untuk mengamankan aset di masa krisis.

    3. Bisa Berinvestasi Sambil Bergaya

    Jika Anda memilih berinvestasi dengan menggunakan perhiasan emas, Anda tidak hanya punya simpanan tapi punya aksesoris yang bisa digunakan untuk memperindah penampilan Anda.

    4. Risiko Kecil

    Dibanding produk investasi lain seperti saham, emas memiliki risiko yang sangat kecil. Jika Anda berinvestasi saham, Anda bisa kehilangan semua uang yang Anda punya. Tapi jika investasi Anda berupa emas batangan, selama emasnya ada di tangan Anda, nilainya akan tetap menjadi milik Anda.

    5. Emas Sangat Likuid

    Kelebihan lain emas adalah sifatnya yang likuid alias mudah dicairkan. Emas bisa Anda jual di mana saja jika butuh uang dalam waktu cepat. Bahkan ketika Anda pergi ke luar negeri sekalipun, mereka tetap menerima jual beli emas. Artinya, selama memiliki emas di tangan, Anda tidak perlu khawatir kalau sewaktu-waktu mengalami kesulitan keuangan.

    6. Tidak Perlu Pengetahuan Khusus

    Alasan lain kenapa emas menjadi pilihan investasi banyak orang adalah karena investasi emas sangat mudah dipahami. Anda tidak perlu belajar analisis atau ilmu lain. Satu-satunya pengetahuan yang harus Anda ketahui adalah besaran margin emas sehingga Anda tahu kapan menjual dan kapan membeli emas yang tepat agar mendapatkan keuntungan maksimal.

    7. Mudah Dilakukan

    Jika saham hanya bisa dibeli melalui sekuritas, emas bisa dibeli di mana saja. Di toko emas, di Butik Antam atau e-commerce yang mewakili. Sekarang, emas bahkan bisa dibeli dalam bentuk emas digital atau tabungan emas. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi, mendaftarkan diri dan beli emas digital Anda sendiri.

    Baca juga:

    Itulah 7 alasan kenapa emas masih menjadi primadona para investor hingga saat ini. Tertarik untuk berinvestasi emas juga?

    -Dita Safitri-

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Boleh Dibaca

    Bagaimana Menginvestasikan Uang Anda dengan Bijak?

    Intenselynews.com – Sebagai pemula, berinvestasi pada mulanya mungkin tampak menakutkan. Terutama ketika Anda membayangkan risiko kerugian. Namun, jika Anda memulainya dengan melalukan penelitian terlebih...

    Cara Memilih Bisnis Franchise yang Tepat untuk Anda!

    Intenselynews.com – Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, memilih jenis usaha yang akan dijalankan kadang menjadi sesuatu yang membingungkan. Belum lagi harus memikirkan produk,...

    Kenaikan Bitcoin, Investor Ethereum dan Ripple Ikut ‘Kecipratan’ Rezeki

    Intenselynews.com – Hampir semua investor aset kripto pasti tahu bahwa kenaikan harga Bitcoin dan meningkatnya popularitas aset kripto nomor satu dunia ini pasti akan...

    Wabah Virus Corona dan Pengaruhnya di Ruang Kripto Terkini

    Intenselynews.com – Wabah virus Corona (Covid-19) masih menjadi perhatian utama dunia saat ini. Mulai mewabah sekitar 17 November 2019 lalu di Wuhan, tidak sampai...

    Momentum Terbaik untuk Membeli Emas, Kapan Saja?

    Intenselynews.com – Sebagai salah satu jenis investasi tertua yang pernah ada, harga emas terus mengalami fluktuasi sepanjang tahun. Di tengah pandemi dan kondisi ekonomi...
    Translate »