26.6 C
Jakarta

Akta Kelahiran Pertama Blockchain Berhasil Dicatat di Brazil

Intenselynews.com – Akta kelahiran pertama yang direkam secara eksklusif menggunakan teknologi blockchain dirilis di Brasil.

Seperti dilaporkan Cointelegraph Brasil pada 1 September, Álvaro de Medeiros Mendonça adalah salah satu anak pertama di negara ini yang memiliki akta kelahiran yang direkam dengan teknologi blockchain.

Pendaftaran Akta Kelahiran Lebih Mudah

Orang tua dilaporkan diundang oleh rumah sakit untuk berpartisipasi dalam proyek yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Growth Tech dalam kemitraan dengan IBM. Sang ayah, Waldyr Mendonça Junior, mengatakan bahwa teknologi blockchain membuat proses mendaftarkan anak yang baru lahirnya jauh lebih cepat. Prosesnya juga hanya memakan waktu kurang dari lima menit.

Baca juga: 5 Industri Paling Top yang Terdisrupsi Kehadiran Blockchain

Pendaftaran dilakukan melalui platform Notaris Ledgers Growth Tech, yang menyediakan layanan notaris virtual. Pendiri perusahaan Hugo Pierre mengatakan bahwa startup mencari solusi baru untuk memberikan efisiensi yang lebih baik dalam mencatat akta kelahiran.

Carlos Rischioto, pemimpin blockchain IBM di Amerika Latin, menjelaskan bahwa metode pendaftaran anak memiliki tiga tahap. Pertama adalah “Pernyataan Kelahiran Langsung” yang dibuat oleh rumah sakit. Kemudian orang tua membuat identitas digital pada platform, setelah itu informasi dikirim ke kantor notaris, menyelesaikan sertifikat.

Rischioto mengatakan bahwa platform baru akan menghilangkan hambatan birokrasi dalam proses pendaftaran kelahiran dan akan lebih efisien dan transparan.

Baca juga: IBM Mematenkan Browser Baru Berbasis Blockchain

Teknologi Blockchain dan data medis

Teknologi Blockchain semakin banyak diterapkan pada manajemen data di bidang medis. Pada bulan April, sebuah rumah sakit Korea Selatan menjalin kemitraan dengan pasar data medis blockchain Longenesis dan perusahaan bioteknologi Insilico Medicine untuk menciptakan solusi manajemen data kesehatan berbasis blockchain.

Longenesis dilaporkan akan menyediakan platform yang aman bagi Gil Medical Center untuk mengunggah, menyimpan, dan mengelola data pribadi pasien, dan memungkinkan pasien untuk mengontrol dan mengakses data mereka.

Baca juga: Aktivitas Blockchain di Universitas Top Dunia Meningkat Sejak 2018

Source: Cointelegraph

Image by Nicolas BAUMERT from Pixabay

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Rekomendasi Film Inspiratif untuk Anda Menjelang Akhir Pekan

Intenselynews.com – Sepanjang tahun 2020 ini, sudah tak terhitung rasanya lelah yang tertumpuk di pundak. Namun, jangan biarkan semua beban itu membuat Anda jadi...

Pengertian Reksadana Secara Luas, Mengenal Jenis dan Perbedaannya

Intenselynews.com – Di antara sekian banyak jenis instrumen investasi, Anda tentu sudah tidak asing dengan reksadana. Investasi satu ini banyak dipilih karena mudah, dapat...

Gaji 5 Juta Bisa Beli Rumah, Bagaimana Caranya?

Intenselynews.com – Siapa yang tidak ingin punya rumah sendiri? Selain jadi tempat berlindung dan berkumpul bersama keluarga, rumah bisa menjadi aset yang berharga untuk...

Apa Kata Pakar Emas Saat Harganya Sedang Turun? Saatnya Belikah?

Intenselynews.com – Emas merupakan salah satu instrumen investasi tertua yang pernah digunakan oleh manusia. Emas pernah dijadikan sebagai alat tukar dan menjadi simbol kekayaan...

Butuh Pemasukan Tambahan? Menghasilkan Uang dengan Blockchain

Intenselynews.com – Sejak kemunculannya, Blockchain diketahui sebagai teknologi baru yang adopsinya berkembang pesat di dunia. Teknologi ini selain digunakan sebagai teknologi dasar aset kripto,...
Translate »