akta kelahiran picture
Top Advertisement

Intenselynews.com – Akta kelahiran pertama yang direkam secara eksklusif menggunakan teknologi blockchain dirilis di Brasil.

Seperti dilaporkan Cointelegraph Brasil pada 1 September, Álvaro de Medeiros Mendonça adalah salah satu anak pertama di negara ini yang memiliki akta kelahiran yang direkam dengan teknologi blockchain.

Pendaftaran Akta Kelahiran Lebih Mudah

Orang tua dilaporkan diundang oleh rumah sakit untuk berpartisipasi dalam proyek yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Growth Tech dalam kemitraan dengan IBM. Sang ayah, Waldyr Mendonça Junior, mengatakan bahwa teknologi blockchain membuat proses mendaftarkan anak yang baru lahirnya jauh lebih cepat. Prosesnya juga hanya memakan waktu kurang dari lima menit.

Baca juga: 5 Industri Paling Top yang Terdisrupsi Kehadiran Blockchain

Pendaftaran dilakukan melalui platform Notaris Ledgers Growth Tech, yang menyediakan layanan notaris virtual. Pendiri perusahaan Hugo Pierre mengatakan bahwa startup mencari solusi baru untuk memberikan efisiensi yang lebih baik dalam mencatat akta kelahiran.

Carlos Rischioto, pemimpin blockchain IBM di Amerika Latin, menjelaskan bahwa metode pendaftaran anak memiliki tiga tahap. Pertama adalah “Pernyataan Kelahiran Langsung” yang dibuat oleh rumah sakit. Kemudian orang tua membuat identitas digital pada platform, setelah itu informasi dikirim ke kantor notaris, menyelesaikan sertifikat.

Rischioto mengatakan bahwa platform baru akan menghilangkan hambatan birokrasi dalam proses pendaftaran kelahiran dan akan lebih efisien dan transparan.

Baca juga: IBM Mematenkan Browser Baru Berbasis Blockchain

Teknologi Blockchain dan data medis

Teknologi Blockchain semakin banyak diterapkan pada manajemen data di bidang medis. Pada bulan April, sebuah rumah sakit Korea Selatan menjalin kemitraan dengan pasar data medis blockchain Longenesis dan perusahaan bioteknologi Insilico Medicine untuk menciptakan solusi manajemen data kesehatan berbasis blockchain.

Longenesis dilaporkan akan menyediakan platform yang aman bagi Gil Medical Center untuk mengunggah, menyimpan, dan mengelola data pribadi pasien, dan memungkinkan pasien untuk mengontrol dan mengakses data mereka.

Baca juga: Aktivitas Blockchain di Universitas Top Dunia Meningkat Sejak 2018

Source: Cointelegraph

Image by Nicolas BAUMERT from Pixabay

3 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here