26.6 C
Jakarta

Alasan Kenapa Anda Harus Punya Rumah Sebelum Menikah

Intenselynews.com – Rumah atau hunian merupakan salah satu jenis properti yang paling tinggi peminat. Salah satu alasannya adalah karena kebutuhan orang akan hunian terus bertambah sepanjang tahun. Terutama oleh keluarga baru atau mereka yang baru saja menikah. Simak beberapa alasan kenapa Anda harus punya rumah sebelum menikah!

Alasan Kenapa Anda Harus Punya Rumah Sebelum Anda Berkeluarga

Tak bisa ditampik banyak orang yang berpikir bahwa kewajiban punya rumah itu sebaiknya dipenuhi ketika sudah menikah. Alasannya tentu saja agar bisa berjuang bersama-sama mewujudkan hunian idaman. Padahal, tidak harus menunggu menikah untuk punya rumah sendiri. Simak beberapa alasannya!

1. Anda Belum Tahu Pasti Kapan akan Menikah

Anda bisa saja merencanakan pernikahan di usia 20-an. Tapi tidak ada yang benar-benar tahu kapan Anda akan menikah. Menunda untuk memiliki rumah sampai menikah hanya akan membuat beban keuangan Anda semakin bertambah seiring bertambahnya usia.

2. Setelah Menikah, Anda Bisa Fokus pada Tujuan Keuangan Lain

Ketika Anda menikah dalam keadaan sudah memiliki rumah, Anda sudah tidak perlu memikirkan tentang hunian lagi nanti. Artinya Anda bisa mengalihkan dana yang Anda miliki selanjutnya untuk tujuan keuangan yang lain. Anda mungkin berencana punya anak, membeli kendaraan baru atau mungkin saja ingin memiliki investasi. Semua bisa Anda rencanakan dengan lebih tenang tanpa harus repot memikirkan kapan harus punya rumah.

3. Mengontrak dan Mencicil Itu Sama Saja

Anda mungkin berpikir tidak masalah mengontrak saat masih awal menikah. Tapi, apakah Anda tahu kalau nilai cicilan KPR itu sebenarnya tidak jauh beda dengan biaya kontrakan bulanan? Daripada mengalokasikan dana untuk membayar sewa rumah yang belum tentu jadi hak Anda, bukankah lebih baik menjadikannya sebagai biaya cicilan untuk melunasi KPR Anda.

4. Punya Rumah akan Meningkatkan Prestise Anda

Memiliki rumah secara langsung akan meningkatkan prestise Anda. Anda akan terlihat mapan dan mampu mengatur keuangan dengan baik dibanding mereka yang tidak punya rumah.

5. Rumah Bisa Jadi Investasi

Kalau alasan Anda enggan beli rumah sebelum menikah adalah karena Anda berencana ingin membangun rumah bersama dengan pasangan, maka itu tidak sepenuhnya mengurangi manfaat punya rumah sebelum menikah. Kalaupun Anda berencana pindah ke rumah yang lebih besar nantinya, rumah yang Anda miliki sekarang tetap akan berguna sebagai investasi. Anda bisa menyewakannya atau menjualnya kembali nanti.

Baca juga:

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membeli rumah sebelum menikah. Tertarik untuk punya rumah sekarang?

-Dita Safitri-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Rekomendasi Film Inspiratif untuk Anda Menjelang Akhir Pekan

Intenselynews.com – Sepanjang tahun 2020 ini, sudah tak terhitung rasanya lelah yang tertumpuk di pundak. Namun, jangan biarkan semua beban itu membuat Anda jadi...

Pengertian Reksadana Secara Luas, Mengenal Jenis dan Perbedaannya

Intenselynews.com – Di antara sekian banyak jenis instrumen investasi, Anda tentu sudah tidak asing dengan reksadana. Investasi satu ini banyak dipilih karena mudah, dapat...

Gaji 5 Juta Bisa Beli Rumah, Bagaimana Caranya?

Intenselynews.com – Siapa yang tidak ingin punya rumah sendiri? Selain jadi tempat berlindung dan berkumpul bersama keluarga, rumah bisa menjadi aset yang berharga untuk...

Apa Kata Pakar Emas Saat Harganya Sedang Turun? Saatnya Belikah?

Intenselynews.com – Emas merupakan salah satu instrumen investasi tertua yang pernah digunakan oleh manusia. Emas pernah dijadikan sebagai alat tukar dan menjadi simbol kekayaan...

Butuh Pemasukan Tambahan? Menghasilkan Uang dengan Blockchain

Intenselynews.com – Sejak kemunculannya, Blockchain diketahui sebagai teknologi baru yang adopsinya berkembang pesat di dunia. Teknologi ini selain digunakan sebagai teknologi dasar aset kripto,...
Translate »