More
    Beranda Investasi Bisnis Anthony Yapeter, Buka Akses Pinjaman Lewat AssetKita

    Anthony Yapeter, Buka Akses Pinjaman Lewat AssetKita

    Intenselynews.com – Industri teknologi keuangan tanah air bisa dibilang sedang menggeliat, salah satunya akses pinjaman. Keberadaan perusahaan-perusahaan yang bergerak di dalamnya menjadi salah satu alasan kenapa fintech digadang-gadang akan mampu membawa Indonesia mencapai target inklusi keuangan yang diharapkan.

    Kemunculan para inovator muda dalam dunia teknologi keuangan juga memunculkan gairah yang tak kalah besarnya. Salah satu sosok itu adalah Anthony Yapeter. Bersama dengan dua rekannya, Andre Prasetyo Gunawan dan Robert William Tirtasentana, ia mendirikan AssetKita sebagai marketplace P2P lending ber-agunan di Indonesia.

    Berikut petikan wawancara Intenselynews.com dengan founder sekaligus CEO akses pinjaman AssetKita berikut ini!

    Intenselynews.com (IN): Boleh diceritakan secara ringkas bagaimana Anda bertemu dengan dua co-founder lainnya hingga mendirikan akses pinjaman Assetkita?

    Anthony Yapeter (AY): Saya mengenal dan berteman dengan co-founder AssetKita lainnya boleh dikatakan sudah sangat lama, kebetulan kami bertiga sama sama alumni dari Universitas di Melbourne, Australia meskipun berbeda jurusan dan kampus.

    Berkaca dari perkembangan dunia finance internasional, khususnya di bidang financial technology dan juga tingkat accessability pinjaman di Indonesia yang relatif rendah kami bertiga memutuskan untuk menciptakan suatu online marketplace pinjam meminjam dengan menggunakan sistem agunan yang sudah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia yang menurut kami bisa diperbantukan dengan teknologi yang sudah tersedia.

    IN: Sejak pertama kali didirikan, apakah menurut Anda Assetkita sudah berjalan sesuai yang direncanakan?

    AY: AssetKita baru tercatat sebagai P2P Lending yang terdaftar dan diawasi oleh OJK per Agustus 2019 dan selama beroperasi kurang lebih 4 bulan masih banyak penyempurnaan system dan product development yang harus dikerjakan agar dapat melayani lebih banyak masyarakat Indonesia. Untuk suatu bisnis di bidang yang berhubungan erat dengan teknologi saya rasa wajib untuk selalu melakukan penyesuaian dan pengembangan agar dapat bergerak maju sesuai yang direncanakan.

    IN: Pengalaman kerja apa yang menjadi dasar pemikiran Anda dan co-founder lainnya untuk mendirikan Assetkita?

    AY: Sebagian besar dari masyarakat Indonesia termasuk ke dalam kategori unbankable, dimana akses perkreditan yang telah tersedia masih belum mampu melayani masyarakat kita dengan berbagai alasan, contohnya tidak memiliki credit history, pemberkasan yang cukup untuk pengajuan pinjaman dan sebagainya.

    Untuk unbankable market tersebut, masih ada opsi pinjaman sistem gadai dimana pada praktiknya masih dapat dioptimalkan untuk memberikan keuntungan yang lebih terhadap nasabah, disini AssetKita didirikan dengan harapan dapat menjadi P2P Lending yang memberikan keuntungan dan keamanan maksimal kepada market unbankable dengan tujuan utama inklusi keuangan seluruh Indonesia dan mengubah stigma negatif terhadap industri P2P Lending terutama mengenai penagihan mencekam yang marak diberitakan. 

    IN: Di usia yang masih sangat muda, Anda sudah memegang posisi yang vital di Assetkita. Apa Anda punya pesan untuk anak-anak muda lain yang memiliki harapan untuk bisa sesukses Anda?

    AY: Kebanyakan anak muda jaman sekarang terlalu fokus pada diri sendiri, sibuk memperkaya diri sendiri, kurang peka terhadap kondisi lingkungan sekitar, ada baiknya saran saya untuk anak-anak muda sekarang agar dapat berpikir kreatif, tidak mudah menyerah. Karena kedepannya kompetisi di dunia industri akan semakin sengit, kita harus mampu berinovasi dan berfikir kreatif. Dan yang terpenting selalu mengutamakan kepentingan masyarakat secara luas agar dapat menjadi pribadi yang bernilai dan berguna bagi bangsa kita.

    IN: Bagaimana Anda melihat Assetkita dalam 5-10 tahun dari sekarang?

    AY: Harapan saya dalam jangka waktu kedepannya Assetkita dapat menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia yang mengalami kesulitan secara finansial, dimana pada saat ini banyak masyarakat yang mengalami kendala mengenai financial yang merambah banyak lapisan masyarakat. Nantinya harapan kami dengan adanya AssetKita dapat memaksimalkan pertumbuhan ekonomi pada masyarakat umunya kalangan menengah hingga kebawah. 

    Selain itu, saya berharap AssetKita juga mampu untuk meningkatkan inklusi keuangan dan ekonomi dalam negeri serta memberikan keuntungan yang lebih bagi masyarakat kita dengan produk financial yang tersedia secara aman, cepat dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

    -Dita Safitri-

    -Press Release-

    1 KOMENTAR

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Boleh Dibaca

    Bagaimana Menginvestasikan Uang Anda dengan Bijak?

    Intenselynews.com – Sebagai pemula, berinvestasi pada mulanya mungkin tampak menakutkan. Terutama ketika Anda membayangkan risiko kerugian. Namun, jika Anda memulainya dengan melalukan penelitian terlebih...

    Cara Memilih Bisnis Franchise yang Tepat untuk Anda!

    Intenselynews.com – Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, memilih jenis usaha yang akan dijalankan kadang menjadi sesuatu yang membingungkan. Belum lagi harus memikirkan produk,...

    Kenaikan Bitcoin, Investor Ethereum dan Ripple Ikut ‘Kecipratan’ Rezeki

    Intenselynews.com – Hampir semua investor aset kripto pasti tahu bahwa kenaikan harga Bitcoin dan meningkatnya popularitas aset kripto nomor satu dunia ini pasti akan...

    Wabah Virus Corona dan Pengaruhnya di Ruang Kripto Terkini

    Intenselynews.com – Wabah virus Corona (Covid-19) masih menjadi perhatian utama dunia saat ini. Mulai mewabah sekitar 17 November 2019 lalu di Wuhan, tidak sampai...

    Momentum Terbaik untuk Membeli Emas, Kapan Saja?

    Intenselynews.com – Sebagai salah satu jenis investasi tertua yang pernah ada, harga emas terus mengalami fluktuasi sepanjang tahun. Di tengah pandemi dan kondisi ekonomi...
    Translate »