Bagaimana Puisi picture
Top Advertisement

Intenselynews.com – Pesatnya perkembangan zaman diiringi dengan meningkatnya kreativitas. Kreativitas dapat pula timbul karena adanya dorongan atau motivasi. Motivasi bisa datang dari mana saja, seperti dari orang-orang terdekat, buku yang dibaca, bahkan dari karya sastra puisi. Lantas, bagaimana puisi dapa mengubah hidup Anda?

Puisi merupakan ungkapan perasaan seseorang yang ditulis untuk tujuan tertentu dengan gaya bahasa yang indah. Tujuan itu salah satunya agar dapat memengaruhi seseorang menjadi lebih baik. Jenis puisi sehubungan dengan tujuan itu adalah puisi motivasi. Puisi motivasi di era milenial ini terkadang dibutuhkan untuk membuat Anda lebih bersemangat menjalani hidup secara mental, terutama bila sedang dalam kesulitan.

Bagaimana Puisi dapat Mengubah Hidup?

1. Menulis puisi bisa menjadi sumber penghasilan

Selain sebagai penikmat puisi motivasi, jika Anda punya hobi menulis, puisi juga bisa menjadi tambahan penghasilan yang lumayan. Beberapa media online yang dapat menerima karya puisi Anda dan memberikan Anda imbalan jika puisi tersebut dimuat, yaitu Basabasi dan IDNtimes.

2. Puisi dapat membuat Anda terkenal

Tak bisa dimungkiri bahwa banyak karya sastra puisi yang cukup berpengaruh terhadap kesusasteraan di Indonesia. Nama-nama berikut ini adalah sastrawan penulis puisi legendaris yang karyanya melekat di ingatan penikmat puisi. Di antaranya adalah Sapardi Djoko Damono dengan “Hujan Bulan Juni”, Chairil Anwar dengan “Aku”, Joko Pinurbo dengan Kesedihan, dll.

3. Puisi bisa menjadi media berdakwah

Lewat kata-kata indah dan penuh makna yang mengalir dalam puisi, dapat dengan mudah menyentuh perasaan banyak orang. Dengan demikian, puisi bisa menjadi media untuk berdakwah yang menyeru kepada kebaikan atau perubahan hidup seseorang yang lebih baik. Sebagai contoh adalah penjelasan tekait rukun Islam berbentuk puisi kemungkinan akan memiliki kesan berbeda jika disajikan dalam uraian lisan, seperti dilansir dari republika.co.id.

4. Menulis puisi sebagai terapi jiwa

Dilansir dari Goodtherapy.org, menulis puisi dapat pula dijadikan media untuk terapi jiwa dengan cara meminta pasien menulis puisi untuk mengungkapkan keluh kesah mereka sambil melihat cara mana yang paling aman dan berhasil menyembuhkan pasien serta melegakan hati mereka.

Dilansir dari merdeka.com, penggunaan terapi puisi sudah mulai dikenal sejak awal 1800-an hingga terdapat asosiasi resmi di Amerika Serikat mengenai terapi puisi ini pada 1969. Saat ini terapi puisi telah dilakukan secara internasional oleh ratusan profesional, termasuk psikologis, psikiater, konselor, pekerja sosial, pendidik, dan pustakawan.

Bagi Anda yang ingin melakukan terapi untuk diri sendiri, misalnya ketika kesal atau sedih, Anda bisa menulis beberapa bait puisi guna mengungkapkan dan melegakan perasaan Anda. Terdapat pula beberapa aplikasi menulis puisi yang mudah digunakan di era milenial ini, Anda dapat membaca selengkapnya di sini. Tertarik mencoba?

Baca:

-Sintha Rosse-

 

 

 

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here