More
    Beranda Blockchain Bagaimana Teknologi Mengubah Gaya Hidup Kita?

    Bagaimana Teknologi Mengubah Gaya Hidup Kita?

    Intenselynews.com – Manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah hidupnya. kemampuan teknologi ini mengatasi masalah keseharian ini mau tidak mau berdampak secara positif sekaligus negatif. Lantas, bagaimana teknologi mengubah gaya hidup kita?

    Selama bertahun-tahun, dunia kita berevolusi. anak-anak kelahiran tahun 80-an dan 90-an mungkin menjadi saksi dari berkembangnya beragam terknologi canggih. Sebut saja laptop, telepon genggam hingga ponsel pintar. Selama bertahun-tahun juga, beragam pergantian terus terjadi. Salah satunya adalah peralihan dari CD ke DVD yang saat ini juga sudah nyaris tak bersisa. Teknologi modern semakin berkuasa dan seiap tahunnya selalu ada penemuan baru yang unik dan selalu menarik untuk dicoba.

    Bagaimana teknologi memberi dampak dalam keseharian kita

    Hal yang pertama kali terasa dari kemajuan era adalah kecepatan kita dalam melakukan berbagai hal. Pesan lewat surat yang tadinya baru bisa sampai setelah berhari-hari bahkan berminggu, kini dapat langsung diterima dalam beberapa detik saja. Ada banyak contoh lain bagaimana waktu bisa dipersingkat dengan adanya teknologi.

    Hingga saat ini, rasanya sulit menghitung berapa persen jumlah teknologi yang kita gunakan. Mulai dari memasak dengan microwave, berkirim pesan dengan ponsel sampai adanya internet, pintu otomatis dan kecerdasan buatan.

    Meski memudahkan, efek negatif yang timbul adalah kita menjadi manusia menjadi sosok ‘tukang perintah’. Karena hampir semua sudah ada alatnya, kita jadi enggan melakukan sesuatu secara manual. Contoh mudahnya adalah penggunaan kalkulator meskipun angka yang dihitung masih tergolong kecil.

    Perubahan Gaya Hidup

    Secara keseluruhan, teknologi telah mengubah gaya hidup kita. Di masa lalu, manusia lebih produktif dan lebih punya banyak waktu untuk sesama. Tidak hanya sibuk bekerja dan menghabiskan waktu sendirian. Mereka punya banyak waktu untuk mengungkapkan perasaan dan emosinya.

    Hari ini, di tengah kemajuan dunia, kita lebih suka menghabiskan waktu di media sosial, menggunakan internet, menonton televisi hingga bermain games dibandung bersantai dengan keluarga atau beraktivitas bersama teman-teman. Yang diperlukan oleh manusia masa kini kebanyakan hanyalah gaya hidup yang lebih baik dengan perangkat yang lebih canggih guna memudahkan kegiatan harian. Ini menciptakan sebuah bentuk ketergantungan yang tidak disadari. Pada akhirnya, kita malah akan sibuk sendiri dengan sesuatu yang tidak jelas produktivitasnya.

    Baca juga:

    Teknologi tentu saja tidak hanya tentang dampak negatif saja. Ada banyak keuntungan yang kita dapatkan dari sana. Namun agar tetap menjadi manusia yang manusiawi, menggunakan teknologi dengan penuh kebijaksanaan adalah hal yang paling krusial saat ini.

    Image by Pexels from Pixabay

    -Dita Safitri-

    1 KOMENTAR

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Boleh Dibaca

    Bagaimana Menginvestasikan Uang Anda dengan Bijak?

    Intenselynews.com – Sebagai pemula, berinvestasi pada mulanya mungkin tampak menakutkan. Terutama ketika Anda membayangkan risiko kerugian. Namun, jika Anda memulainya dengan melalukan penelitian terlebih...

    Cara Memilih Bisnis Franchise yang Tepat untuk Anda!

    Intenselynews.com – Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, memilih jenis usaha yang akan dijalankan kadang menjadi sesuatu yang membingungkan. Belum lagi harus memikirkan produk,...

    Kenaikan Bitcoin, Investor Ethereum dan Ripple Ikut ‘Kecipratan’ Rezeki

    Intenselynews.com – Hampir semua investor aset kripto pasti tahu bahwa kenaikan harga Bitcoin dan meningkatnya popularitas aset kripto nomor satu dunia ini pasti akan...

    Wabah Virus Corona dan Pengaruhnya di Ruang Kripto Terkini

    Intenselynews.com – Wabah virus Corona (Covid-19) masih menjadi perhatian utama dunia saat ini. Mulai mewabah sekitar 17 November 2019 lalu di Wuhan, tidak sampai...

    Momentum Terbaik untuk Membeli Emas, Kapan Saja?

    Intenselynews.com – Sebagai salah satu jenis investasi tertua yang pernah ada, harga emas terus mengalami fluktuasi sepanjang tahun. Di tengah pandemi dan kondisi ekonomi...
    Translate »