25.9 C
Jakarta

Berbagai Jenis Teknik dan Gaya Lukisan serta Perbedaannya

Intenselynews.com – Lukisan adalah karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan cat dengan bantuan kuas dengan cara tertentu untuk menciptakan seni. Melukis tidak hanya bisa dilakukan di kertas, kanvas, atau dinding, tapi juga di media digital. Ada berbagai jenis teknik dan gaya lukisan seiring dengan perkembangan seni lukis di dunia.

Bersumber dari webneel, berikut ini disajikan berbagai jenis teknik dan gaya lukisan serta perbedaannya yang dapat Anda simak!

Berbagai Jenis Teknik dan Gaya Lukisan

1. Oil Painting / Lukisan Minyak

Lukisan minyak pertama kali digunakan oleh seniman India dan Cina pada abad ke-5, dan populer pada abad ke-15. Lukisan cat minyak cocok untuk berbagai jenis gaya. Anda dapat menggunakan tekstur cat yang halus dan beraroma indah. Cat minyak menggunakan minyak pengeringan sebagai pengikat pigmen. Beberapa minyak pengeringan yang umumnya digunakan sebagai pengikat adalah minyak kenari, minyak biji rami, minyak biji poppy, dll.

2. Watercolor painting / Lukisan Cat Air

Albrecht Dürer membuat lukisan cat air pada abad 15. Sekolah lukisan cat air pertama dibuka oleh Hans Bol dan sangat dipengaruhi oleh karya-karya Dürer. Lukisan cat air atau populer juga dengan sebutan aquarel adalah proses melukis dengan pigmen yang dicampur atau dilarutkan dengan air dan bersifat transparan. Lukisan cat air biasanya dibuat di atas kertas. Keahlian pencampuran warna sangat penting, karena semua hal tentang jenis lukisan ini adalah mengubah-ubah warna untuk menghasilkan keindahan lukisan.

3. Pastel Painting / Lukisan Pastel

Lukisan pastel adalah lukisan yang dikerjakan dengan menggunakan butiran pigmen warna yang sudah dipadatkan seperti batang kapur. Pastel telah digunakan oleh seniman sejak era Renaissans, dan memperoleh popularitas pada abad ke-18 ketika sejumlah seniman ternama menjadikan pastel sebagai medium primer mereka. Lukisan pastel dapat dilakukan di atas kanvas, sehingga Anda dapat melakukan layering warna yang indah dengan pastel.

4. Acrylic painting / Lukisan Akrilik

Jika Anda mencari lukisan yang lebih cepat kering, maka lukisan akrilik adalah yang terbaik. Lukisan Akrilik adalah cat yang larut dalam air, namun begitu lukisannya selesai, menjadi tahan air. Lukisan jenis akrilik menggunakan bahan yang disebut acrylic, menghasilkan warna-warna cerah dan kenyal. Lukisan teknik ini sering digunakan untuk berbagai eksperimen, di sepatu, tas, atau berbagai bahan kain lainnya. Cat akrilik diciptakan pada tahun 1963. Ahli kimia Henry Levinson menemukan cat yang dapat diencerkan dengan air ini agar bisa lebih berguna untuk seni.

5.Digital Painting / Lukisan Digital

Lukisan digital adalah seni menciptakan karya seni di komputer, yang membuatnya menyerupai lukisan cat air, lukisan minyak atau bahkan lukisan akrilik. Lukisan cat minyak yang disiapkan secara digital dan lukisan cat minyak yang dilakukan secara manual akan memiliki banyak perbedaan, karena Anda memiliki akses ke banyak tekstur dan instrumen lain yang mudah tersedia di sistem.

6. Sand Painting / Lukisan Pasir

Lukisan pasir adalah seni rupa dari pasir berwarna, pigmen berbentuk bubuk dari mineral atau kristal, dan pigmen-pigmen dari sumber alam atau sintesis lainnya. Lukisan di atas pasir merupakan temporary art, namun dapat divideo dengan gerakan cepat guna memahami bagaimana pelukis bekerja. Hal ini biasanya dilakukan dengan cahaya minimal, tapi memiliki cahaya fokus di bawah meja tempat lukisan pasir sedang dibuat. Lukisan pasir dipraktikkan di banyak negara dan dikenal dengan beberapa nama. Di India misalnya dikenal sebagai kolam atau rangoli.

7. Texture painting / Lukisan Tekstur

Tekstur ialah nilai kualitas dari bidang permukaan yang timbul karena disebabkan oleh tiga dimensi. Di dalam seni rupa, tekstur berfungsi dalam pemilihan permukaan bidang wajah. Bentuk dari karya seni ini bisa semu atau juga nyata. Di dalam tekstur juga terdapat corak atau pattern. Lukisan tekstur sebagian besar digunakan dengan cat minyak, karena saat bekerja dengan cat akrilik, efeknya hilang ketika akrilik mengering. Tapi cat minyak cenderung mahal, jadi sebagai gantinya orang bisa menggunakan akrilik impasto yang bekerja luar biasa pada tekstur. Terlepas dari kuas cat biasa, pisau datar, benda tumpul digunakan untuk membuat lukisan tekstur.

8. Matte Painting / Lukisan Matte

Pemandangan indah biasanya dibuat dengan bantuan lukisan matte. Lukisan matte banyak digunakan dalam industri film dan video game. Dalam industri film, set besar dibuat setelah lukisan matte lokasi diselesaikan. Terkadang lingkungan seperti dongeng atau sci-fi sangat mahal untuk dibangun, dalam kasus seperti itu lukisan matte digunakan sebagai layar latar belakang dan digabung dengan rekaman lain.

9. Spray Painting / Lukisan Semprot

Lukisan semprot adalah teknik melukis di mana perangkat menyemprotkan lapisan (cat, tinta, pernis, dll.) melalui udara ke permukaan. Sebagian besar cat semprot digunakan di jalanan (seni jalanan), grafiti, kanvas, kayu, logam, kaca, keramik, dll. Pada 1887, Joseph Binks, supervisor perawatan di Chicago’s Marshall Field’s Wholesale Store mengembangkan mesin penyemprot cat air dingin yang dipompa tangan untuk mengaplikasikan kapur pada dinding toko.

Baca: Teknologi Keren Hasil Karya Anak Bangsa Indonesia

10. Graffiti Art / Seni Grafiti

Seni grafiti banyak dilakukan di gedung-gedung publik. Graffiti tidak dimaksudkan untuk dipahami oleh masyarakat umum, itu adalah gaya penulisan atau gambar / coretan yang tidak memiliki makna absolut. Seniman grafiti pertama adalah seorang siswa sekolah menengah pada tahun 1967, yang biasa menulis di dinding untuk mendapatkan perhatian kekasih wanita itu. Graffiti menjadi teknik melukis penuh yang dikenal pada tahun 1980, banyak seniman menggunakan dinding publik untuk menunjukkan bakat mereka.

11. lukisan Literati / Tinta Hitam Cina

Lukisan Tinta Cuci juga dikenal sebagai Lukisan Literati. Tinta hitam Cina digunakan untuk membuat karya seni ini. Tinta hitam Cina cukup populer di negara Asia karena kebanyakan digunakan untuk kaligrafi. Berbagai nuansa hitam dibuat dengan mencampur air ke tinta hitam untuk menciptakan konsistensi yang diinginkan.

12. Lukisan Lilin Panas / lukisan Encaustic

Hot Wax Painting juga dikenal sebagai lukisan Encaustic. Teknik melukis ini menggunakan lilin lebah yang dilelehkan dan ditambahkan ke pigmen warna. Lilin dingin dan lilin lebah panas digunakan dalam teknik ini. Lukisan Encaustic biasanya dibuat di atas kanvas kayu.

13. Fresco Secco Saintings – Teknik Melukis Dinding

Lukisan Fresco Secco biasanya dibuat pada plester kapur yang baru dibuat. Pigmen warna adalah larutan air campuran dan langsung diterapkan pada kapur, sehingga menciptakan lukisan permanen. Lukisan Fresco Secco telah ada sejak masa renaisans, orang dapat melihat lukisan-lukisan ini di dinding dan langit-langit vatikan.

Baca: Buku Bitcoin Trading For Z Generation – Tahun 2017

14. Gouache – Medium Cat Air Buram

Gouache adalah media cat air buram yang digunakan dengan zat pengikat lainnya untuk membuat karya seni. Kapur putih atau warna putih ditambahkan ke campuran warna air untuk mengatur transparansi pada layer dalam teknik Gouache. Gouache tidak dapat diterapkan langsung ke kanvas, karena tidak mengikat dengan baik. Jika Anda ingin menggunakannya pada kanvas, maka pigmen akrilik harus dicampur.

15. Lukisan Tempera 

Lukisan Tempera dikenal sebagai seni tempera telur. Mereka cepat kering dan cat lebih tahan lama daripada yang lain. Kuning telur digunakan sebagai media pengikat dengan cat karena sangat gluten, mereka cenderung lebih cepat kering. Ini adalah salah satu teknik melukis tertua yang diketahui. Alih-alih telur, kadang-kadang, permen karet, gliserin, kasein digunakan sebagai zat pengikat untuk campuran air dan warna.

16. Lukisan Enamel 

Lukisan Enamel adalah lukisan yang menggunakan cat keras dan mengilap yang mengandung pigment pewarna, Cat enamel memberikan tampilan mengkilap atau mengkilap setelah dikeringkan sepenuhnya.

17. Drip Painting – Lukisan Tetes

Seperti namanya, lukisan tetes merupakan cat menetes di kanvas untuk membuat lukisan tetesan. Bersumber dari Wikipedia, lukisan tetes adalah bentuk seni abstrak di mana cat menetes atau dituangkan ke kanvas. Gaya lukisan aksi ini dicoba pada paruh pertama abad ke-20 oleh seniman seperti Francis Picabia, André Masson, dan Max Ernst, yang menggunakan lukisan tetes dalam karya-karyanya The Bewildered Planet, dan Young Man yang tertarik dengan Flight of a Non -Euclidean Fly (1942). Ernst menggunakan cara baru untuk melukis figur-figur Lissajous dengan mengayunkan ember cat yang tertusuk di atas kanvas horizontal.

18. Underpainting – Layer Painting

Underpainting. Underpainting adalah teknik melukis yang memulai melukis hanya menggunakan warna monokrom terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan dengan teknik Glazing atau mewarnai lukisan menggunakan cat warna sebenarnya yang transparan. Kemudian diselesaikan dengan teknik Scumbling pada bagian highlight. Teknik lukisan ini yakni cat dasar ditambahkan ke kanvas dan lebih banyak lapisan warna ditambahkan untuk membuat underpainting yang indah.

19. Panel Painting – Multiple Parts Painting

Lukisan panel adalah lukisan yang dibuat di atas panel datar yang terbuat dari kayu, baik potongan tunggal, atau sejumlah potongan yang digabungkan menjadi satu.

20. Lukisan Velvet – Lukisan Beludru

Lukisan beludru adalah jenis lukisan yang biasanya menggunakan kain beludru (biasanya beludru hitam) sebagai penopang, yang merupakan pengganti kanvas, kertas, atau bahan sejenis.

21. Lukisan Daun – Seni di / dengan daun

Lukisan Daun adalah karya seni lukis dengan media daun, yang dibuat pada daun atau membuat bentuk daun.

22. Lukisan Kaca Terbalik – Lukisan Kaca

Lukisan kaca terbalik menerapkan cat pada kaca dan gambar terlihat ketika Anda melihat melalui kaca.

23. Lukisan Miniatur – Lukisan Kecil

Menurut Wikipedia, lukisan miniatur menjadi genre Persia signifikan pada abad ke-13. Ini merupakan sebuah lukisan kecil di atas kertas, yang menjadi sebuah ilustrasi buku atau karya seni lepas yang disimpan dalam sebuah album yang berisi karya-karya semacam itu yang disebut muraqqa.

24. Lukisan Aksi

Action Painting adalah lukisan spontan yang cepat dengan sapuan kuas langsung di kanvas. Tetesan cat menyebabkan efek yang indah. Lukisan aksi kadang-kadang disebut “abstraksi gestural” merupakan gaya lukisan di mana cat secara spontan mengalir, terciprat atau dioleskan ke kanvas, bukannya diaplikasikan secara hati-hati.

25. Anamorphosis – Lukisan Perspektif

Anamorphosis adalah lukisan perspektif. Pengertian perspektif dalam seni rupa adalah gambar hasil karya seni rupa dua dimensi sebagai upaya memberi kesan ruang pada sebuah lukisan. Di mana tujuannya adalah agar benda yang dilukis dalam kanvas ataupun media lain tampak benar-benar memiliki dimensi ruang.

Baca: Museum Bern Jual lukisan Manet Seharga $ 4 Juta dari Toko Seni Gurlitt

Itulah berbagai jenis lukisan yang mungkin bisa Anda pelajari dan geluti untuk menjadi seorang pelukis profesional.

Image by Mircea Iancu from Pixabay

-Kamlet Rosse –

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Investasi Deposito, Kenali Pengertian, Jenis, dan Perbedaannya

Intenselynews.com – Di antara sekian banyak pilihan instrument investasi, deposito merupakan produk yang paling populer. Investasi deposito sendiri merupakan bentuk simpanan berjangka yang dibuat...

7 Alasan Kenapa Banyak Orang Memilih Berinvestasi Emas

Intenselynews.com – Menurut Warren Buffet, investor yang baik adalah mereka yang melakukan diversifikasi pada aset-asetnya. Di antara sekian banyak pilihan instrumen investasi, emas masih...

Ingin Membeli Rumah? Ketahui Perbedaan AJB, PJB, dan PPJB

Intenselynews.com – Memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang. Selain membangunnya sendiri, membeli rumah adalah opsi yang paling mudah untuk dipilih. Ada banyak sekali...

Rekomendasi Film Inspiratif untuk Anda Menjelang Akhir Pekan

Intenselynews.com – Sepanjang tahun 2020 ini, sudah tak terhitung rasanya lelah yang tertumpuk di pundak. Namun, jangan biarkan semua beban itu membuat Anda jadi...

Pengertian Reksadana Secara Luas, Mengenal Jenis dan Perbedaannya

Intenselynews.com – Di antara sekian banyak jenis instrumen investasi, Anda tentu sudah tidak asing dengan reksadana. Investasi satu ini banyak dipilih karena mudah, dapat...
Translate »