26 C
Jakarta

Buka Usaha E-Commerce Baru? Beberapa Hal Ini Penting Diketahui!

Intenselynews.com – Sebagai pemula di dunia bisnis e-commerce, berbagai kisah sukses para pengusaha yang lebih dulu terjun ke industri tersebut mungkin membuat Anda berpikir betapa mudahnya menjalankan bisnis itu. Namun, membuka bisnis apa pun, termasuk buka usaha e-commerce¸ tetap memerlukan komitmen kuat dan perjuangan keras buat menjadikan bisnis itu sukses di masa depan, dan terus bertahan.

Seiring pertumbuhan e-commerce, sektor tersebut memang menjadi ranah menjanjikan bagi para pelaku bisnis. Setiap tahunnya, berbagai bisnis online baru bermunculan yang tentunya membuat persaingan di industri itu kian ketat.

Penjualan e-commerce diprediksi akan bertumbuh 85 persen pada tahun 2022. Dengan peluang yang besar tersebut, jika Anda ingin membuka bisnis e-commerce, seorang wirausahawan online pemula perlu mempersenjatai diri dengan banyak pengetahuan agar dapat berhasil di pasar ini.

Untuk memulai suatu bisnis, tidak hanya memerlukan ide yang bagus, tapi juga penting didukung oleh perencanaan matang, hingga akhirnya keuntungan bisa Anda dapatkan. Mari kita simak bersama-sama tips membuka usaha e-commerce untuk pemula berikut ini!

Sudahkah Anda Membaca:

Hal Penting  Buka Usaha E-Commerce untuk Pemula

1. Nama yang Berdiri Sendiri

Dewasa ini banyak sekali alat promosi berbiaya rendah atau bahkan gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun platform Anda sendiri. Membuka bisnis online Anda di lapak yang sudah memiliki nama besar mungkin ide yang baik, tapi tetap Anda yang harus melakukan pemasaran produk Anda sendiri, dan terkadang terdapat biaya administrasi untuk produk yang terjual. Oleh karenanya, membangun e-commerce dengan nama yang berdiri sendiri, selain lebih memotivasi Anda untuk terus mengembangkan lalu lintas produk, juga akan menjaga keuntungan penjualan.

2. Diferensiasi Produk

 Menentukan produk yang akan dijual merupakan hal penting untuk dipertimbangkan. Jika Anda menjual sepatu, misalnya, tentu banyak pelaku bisnis yang juga menjual sepatu. Lantas, apa yang membuat produk sepatu Anda berbeda dari pesaing? Apakah lebih nyaman digunakan? Atau mungkin tidak membuat kaki pengguna cepat lelah mengenakannya? Jangan takut untuk membuat klaim berani tentang keunggulan produk yang Anda jual selama itu 100 persen benar dan tidak mengecewakan pelanggan.

3. Membangun Pemasaran yang Baik

Pemasaran merupakan hal utama dalam menjual produk. Tanpa adanya pemasaran yang benar, produk Anda dengan kualitas terbaik sekalipun tidak akan diketahui oleh masyarakat. Apabila terlalu sibuk untuk melakukan pemasaran sendiri, mempekerjakan seorang ahli pemasaran adalah keputusan yang tepat, dan pastikan bahwa ia melakukan tugasnya. Membangun secara alami kepuasan pelanggan, biasanya secara otomatis akan membuat mereka senang merekomendasikan produk Anda kepada teman-teman mereka. Jika dapat membuat pelanggan melakukan hal itu, Anda dapat menjangkau peningkatan pelanggan secara eksponensial tanpa harus mengeluarkan biaya pemasaran dalam jumlah besar.

4. Bekerjasama dengan Pemasok Unggul

Pertimbangkan masa depan dalam setiap aspek rencana bisnis Anda. Ketersediaan barang yang Anda jual perlu diketahui sebelum Anda memasarkannya. Jika Anda menciptakan produk sendiri, pastikan bahwa bagian produksi menyelesaikan pekerjaan mereka tepat waktu. Atau bila Anda menggunakan sistem dropship, Anda memerlukan pemasok yang dapat diandalkan dan dapat menangani volume pesanan meski dalam jumlah besar tanpa kehilangan kecepatan waktu. Setiap produk yang dijual, Anda perlu melakukan kualitas kontrol sebelum sampai ke tangan pembeli.

Sudahkah Anda membaca:

5. Ciptakan Kemasan yang Baik

Mungkin sebagian orang mengira bahwa kemasan bukanlah hal penting, tapi hanyalah sejenis kantong belanja untuk membawa barang belanjaan. Namun, pengusaha e-commerce sukses akan mencari ide pengemasan yang lebih dari sekadar fungsional. Kemasan Anda harus menciptakan pengalaman membanggakan buat pembeli. Sekarang ini tren kemasan dengan karton beraroma khas dan motif yang unik sedang booming, di mana pelanggan akan terus menyimpannya atau sekali waktu memamerkannya kepada teman-teman mereka.

6. Pantang Menyerah

Membangun bisnis mungkin tidak semudah yang Anda bayangkan. Peluncuran produk yang tidak sesuai ekspektasi bisa saja membuat Anda frustrasi. Namun, jangan pernah menyerah. Jika satu ide tidak berjalan dengan baik, mungkin sudah waktunya Anda merealisasikan ide hebat yang lain. Sebisa mungkin bekali diri dengan berkonsultasi pada orang yang dapat memberikan masukan tepat buat Anda. Selain itu, melakukan survei terhadap pelanggan juga dapat membantu Anda membangun hasil positif.

Apakah artikel tips buka usaha e-commerce untuk pemula ini membantu? Atau Anda memiliki pengalaman menarik dalam berbisnis online? Jangan ragu tuliskan pemikiran positif Anda di kolom komentar!

Sudahkah Anda Membaca:

Image by Mudassar Iqbal from Pixabay

-Kamlet Rosse-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Andrew Ballingal: Emas Aset Terbaik saat Kondisi Dunia “Berbahaya”

Intenselynews.com – Andrew Ballingal, penasehat investasi berkata "Emas adalah Aset Terbaik dalam Kondisi Dunia yang ‘Berbahaya’". Harga emas telah mencapai tonggak penting, menguji resistensi...

Inggris Rilis Pedoman Baru AI Guna Atasi Masalah Big Data Lebih Cepat

Intenselynews.com – Artificial Intelligence telah lama dipercaya sebagai alat penting yang dapat digunakan sebagai solusi teknologi untuk menangani beberapa masalah besar yang dihadapi dunia....

India Adakan Festival Fintech Global Secara Virtual Selama Dua Hari

Intenselynews.com – Asosiasi Internet dan Ponsel India (Internet and Mobile Association of India/IAMAI), dan organisasi sejenisnya, Dewan Pembayaran India, (Payments Council of India/PCI) dan...

Kisah Baru Mak Iwa Ini Menggugah Senyum Anda Sejenak!

Intenselynews.com – Wah, tidak terasa bulan Juni telah berlalu. Selamat datang Juli! Di awal bulan ini sudah punya rencana apa saja? Apapun rencananya, semoga...

Platform Digital Berbasis Blockchain Dirilis VeChain di Rumah Sakit Cyprus

Intenselynews.com – Wabah COVID-19 masih menjadi musibah yang mengguncang dunia hingga saat ini. Sehubungan dengan hal itu, berbagai upaya dilakukan banyak pihak untuk menekan...
Translate »