24.7 C
Jakarta

Cara Menulis Novel dengan 9 Tips Jitu dan Sederhana Berikut Ini!

Intenselynews.com – Kegiatan menulis novel itu susah-susah gampang. Bagi pemula, menulis novel bahkan seperti mendapatkan tugas menakutkan yang tak tahu harus dimulai dari mana. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara menulis novel agar lebih mudah. Berikut ini 10 tips jitu dalam penulisan novel yang akan membantu Anda  untuk tetap fokus, termotivasi, dan terorganisir sepanjang proses penulisan. Simak uraiannya berikut ini:

9 Tips Cara Menulis Novel:

 1. Menentukan Tema/Topik

Menentukan tema/topik sebelum menulis novel akan membantu penulisan novel Anda lebih terarah. Jika Anda memilih topik seputar persahabatan, maka alur cerita Anda akan menguraikan kisah yang tak lepas dari topik itu. Setelah menentukan topik, Anda dapat mulai untuk membuat mind mapping yang berisi: judul, tokoh dan penokohan, latar belakang munculnya masalah, dan cara penyelesaian masalah, serta makna dari kisah yang diangkat baik tersirat maupun tersurat.

2.   Menetapkan Deadline

Biasanya novel berkisar minimal 100 halaman. Apabila Anda telah menetapkan sasaran jumlah halaman sebanyak 200, dan Anda ingin menyelesaikannya dalam waktu tiga bulan, pikirkan tentang berapa banyak halaman yang harus dapat Anda tulis dalam sehari. Dalam contoh 200 halaman, artinya Anda harus menulis sekitar 2 hingga 3 halaman perharinya.

Menetapkan tenggat waktu atau deadline juga akan mendorong Anda untuk berdisiplin terus menulis setiap hari, terutama ketika Anda sedang tidak termotivasi untuk menulis. Jika Anda tidak punya batas waktu, bukan tidak mungkin proyek penulisan novel itu tidak akan pernah terselesaikan.

3. Punya Tujuan Menulis

Tujuan yang jelas dalam menulis novel akan mengarahkan Anda pada sasaran yang ingin dituju. Misalnya jika Anda ingin mengangkat soal permasalahan rumah tangga, maka pangsa pasar Anda adalah orang-orang berusia dewasa atau yang telah menikah, yang membutuhkan Anda dalam menyelesaikan masalah yang mereka alami melalui novel yang Anda tulis.

4. Menyusun Persiapan Lebih Matang

Untuk mempermudah Anda membuat cerita tetap berjalan dari awal hingga akhir, dan menghindari pemikiran yang buntu di tengah-tengah penulisan, lakukanlah penyusunan untuk mempersiapkan penulisan novel lebih matang. Caranya adalah dengan menyiapkan sinopsis (1-2 halaman) dan kerangka karangan (garis besar) ide-ide Anda untuk setiap bab dalam novel. Dengan demikian Anda memiliki bahan rujukan agar cerita novel Anda tidak mentok bahkan lari dari alur cerita.

5. Mengembangkan Karakter Kuat Setiap Tokoh dalam Novel 

Dalam mind mapping yang Anda buat pada point 1, Anda telah diminta untuk menuliskan kerangka tokoh dan penokohan. Tiga garis besar penokohan dalam novel adalah protagonis, antagonis, dan tritagonis. Gambarkan dengan kuat karakter masing-masing tokoh tersebut agar novel Anda lebih hidup dan tidak membingungkan pembaca dalam menilai siapa tokoh novel yang bersifat positif, negatif, dan siapa yang bertindak sebagai penengah.

6. Gunakan Media yang Tepat untuk Menulis Novel

Microsoft Office untuk menulis novel banyak digunakan penulis, namun terkadang bisa membuat Anda jengkel ketika program tersebut error. Oleh karenanya kebanyakan penulis profesional menggunakan perangkat lunak yang khusus dibuat untuk penulis. Dimana perangkat tersebut dapat membuat Anda lebih produktif dan efisien. Posisi menulis yang tepat juga membantu kenyamanan Anda dalam menulis novel, jadikan kegiatan menulis Anda lebih santai dengan menggunakan jenis kursi kantor yang menopang punggung Anda dengan sempurna.

7. Menulis Terlebih Dahulu, Mengedit Kemudian

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan penulis pemula adalah mengedit saat menulis. Sebaiknya fokuslah menulis terlebih dulu ketimbang melakukan editing saat proses menulis sedang berlangsung. Itu akan membuang waktu Anda, dan penyelesaian novel bisa tertunda. Upayakan menghindari membaca apa yang baru saja Anda tulis dan teruslah maju menuliskan semua yang ada dalam benak Anda.

Ingatlah bahwa tulisan pertama Anda merupakan konsep awal, dimana Anda akan punya waktu banyak untuk melakukan revisi setelah konsep awal tersebut selesai dari awal hingga akhir cerita.

8. Bergabung dengan Komunitas Penulis

Menulis bisa membuat Anda kesepian. Untuk menghindari kebosanan Anda bisa bergabung dengan komunitas penulis. Selain memiliki teman baru Anda juga memiliki wadah untuk menambah pengetahuan seputar dunia penulisan! Komunitas dapat menjadi tempat untuk bertanya dan saling berbagi kiat agar Anda tetap bersemangat.

9. Manfaatkan Waktu Break dan Tidak Menyerah

Menulis adalah proses kreatif yang membutuhkan konsentrasi dimana Anda duduk di satu tempat sepanjang waktu menatap layar komputer Anda. Jangan pernah menyepelekan waktu break (istirahat) Anda yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan kreativitas lainnya yang lebih mendorong gerakan motorik Anda tetap aktif, misalnya berlari pagi ringan atau berjalan-jalan ke taman untuk menghirup udara segar.

Jika Anda memerlukan amunisi lain untuk memberikan Anda energi baru dalam menulis, Anda dapat pergi ke coffee shop kesayangan sambil membawa buku catatan Anda.

Itulah sembilan tips jitu dan sederhana cara menulis novel, apakah Anda punya tips menarik lainnya? Jangan ragu tuangkan pemikiran Anda di kolom komentar. Selamat berkarya!

Baca:

Image by mohamed Hassan from Pixabay

-Sintha Rosse-

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Trustonic, Meningkatkan Pengalaman Keamanan Mobile Banking

Intenselynews.com - Cambridge, England - (Business Wire) - Trustonic, pemimpin cybersecurity mobile, mengumumkan keberhasilan implementasinya atas Trustonic Application Protection (TAP ™) yang digunakan oleh...

Geliat E-Commerce Dunia Selama Pandemi Covid-19

Intenselynews.com – Pandemi COVID-19 memiliki dampak signifikan pada setiap aspek kehidupan, termasuk bagaimana orang berbelanja untuk kebutuhan-kebutuhan penting mereka dan kebutuhan lain yang dianggap...

Arrow&Square Offers COVID 19 Advice for iGaming B2B Comms  

Intenselynews.com - Arrow&Square, a B2B comms and content consultancy with a footprint in Malta and London, is offering free advice for iGaming companies whose...

Sektor-sektor yang Paling Besar Terdampak Wabah Covid-19

Intenselynews.com – Wabah Covid-19 yang masih belum juga mereda hingga detik ini tidak hanya mengganggu kesehatan umat manusia saja. Ekonomi pun ikut bergejolak karenanya....

SiGMA Group / AIBC Manila Announced Postponed Until May 2021

Intenselynews.com - SiGMA Group has announced that, due to the COVID-19 global crisis, both the SiGMA Manila and AIBC Manila expos, planned for June...
Translate »