More
    Beranda Profil Edward Widjonarko Dukung Keuangan Mahasiswa di Cicil.co.id

    Edward Widjonarko Dukung Keuangan Mahasiswa di Cicil.co.id

    Intenselynews.com – Sektor teknologi keuangan sedang berkembang di tanah air. Di antara sekian banyak bidang, fintech yang bergerak di bidang cicilan juga bertumbuh pesat. Salah satunya adalah Cicil.co.id yang hadir menyediakan akses cicilan mudah bagi mahasiswa. Nah, profil minggu ini, intenselynews.com akan menampilkan sosok Edward Widjonarko, sebagai salah satu pendiri Cicil.co.id.

    Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi keuangan, Cicil.co.id memiliki target mewujudkan sistem keuangan yang lebih mudah bagi para mahasiswa di Indonesia. Ini merupakan salah satu gebrakan yang menarik. Dimana mengingat banyak lembaga peminjaman menuntut kredit bagus dan pendapatan minimum untuk para calon nasabahnya.

    Wawancara Intenselynews.com dengan Edward Widjonarko 

    Intenselynews berkesempatan melakukan bincang-bincang ringan dan berbagi insight dengan Edward Widjonarko selaku salah satu co-founder Cicil.co.id. Simak petikannya berikut ini!

    Intenselynews (IN): Apa yang menjadi alasan terbesar Anda saat mendirikan Cicil.co.id?

    Edward Widjonarko (EW): Awal berdirinya CICIL didasari pengalaman pribadi saya ketika berkuliah di ITB dahulu di tahun 2008. Saya sedang dalam tahap mengerjakan skripsi dan memerlukan laptop untuk memperlancar skripsi saya.

    Tentunya membeli laptop sendiri secara tunai sangatlah berat untuk mahasiswa. Sayangnya Perbankan Konvensional tidak memberikan akses pembiayaan kepada mahasiswa. Sehingga saya harus menabung berbulan-bulan sebelum bisa membeli laptop saya secara mandiri. 

    Hal ini yang kemudian saya validasi kembali setelah saya lulus berkuliah bersama Leslie Lim, co-founder saya di MBA di INSEAD Business School. Ternyata 8 tahun setelah saya lulus di ITB, 79% mahasiswa dari mahasiswa yang saya interview masih mengalami kesulitan dalam memenuhi biaya Kuliah dan perlengkapan Kuliah mereka, 95% juga tertarik bila dapat mendapatkan akses pembiayaan ringan yang dapat membantu menunjang kegiatan perkuliahan mereka. 

    Selain itu kami menemukan bahwa hanya 1 dari 4 pemuda-pemudi Indonesia yang melanjutkan ke jenjang pendidikan perguruan tinggi karena kendala biaya (ada 18 juta penduduk Indonesia yang belum dapat berkuliah, setiap tahunnya).

    Oleh karenanya kami mencoba mengeksplorasi pemberdayaan teknologi untuk dapat menghadirkan layanan pembiayaan kepada mahasiswa secara bertanggung jawab.

    IN: Banyak platform peminjaman mengincar konsumen yang memiliki kondisi keuangan yang stabil. Kenapa Cicil.co.id justru menargetkan mahasiswa yang kondisi finansialnya kebanyakan masih bergantung pada orang tua?

    EW: Kami percaya, layanan yang baik adalah layanan yang  hadir untuk menjadi solusi sebuah masalah. Oleh karenanya kami hadir untuk dapat melayani mahasiswa yang sebelumnya non bankable untuk dapat lebih mandiri. Jadi kami di sini tidak men-disrupt ceruk pasar yang dilayani perbankan konvensional, justru kami hadir di sini untuk dapat berkolaborasi dengan incumbent players dalam melayani masyarakat secara lebih inklusif.

    Misi di CICIL juga tidak berhenti hanya melayani pembiayaan mahasiswa dalam memenuhi biaya kuliah dan perlengkapan kuliah mereka. Bersama affiliasinya kami meluncurkan CICIL.jobs, sebuah platform yang memungkinkan mahasiswa untuk mencari pekerjaan sampingan yang dapat membantu mereka untuk melunasi Pembiayaan Kuliah mereka secara mandiri. Pekerjaan ini disediakan oleh Project Sponsor yang bekerjasama dengan CICIL. Dimana pekerjaanya bersifat fleksibel sehingga tidak menyita waktu kuliah dan beragam. 

    Mahasiswa contohnya dapat berpartisipasi mengajak kemitraan warung untuk sebuah startup nasional, atau mahasiswa dapat berpartisipasi di Online Survey, mahasiswa yang memiliki followers media sosial banyak juga dapat menjadi Buzzer Social Media bagi brand-brand yang menjadi Project Sponsor di CICIL.jobs. Harapannya selain mahasiswa dapat menjadi lebih mandiri, mahasiswa juga dapat menambah pengalaman kerja sekaligus mempersiapkan diri mereka ke dunia kerja. 

    IN: Selama 3 tahunan mengelola Cicil.co.id, apa pengalaman paling mengesankan yang pernah Anda alami bersama tim? Bagaimana dengan pencapaian paling membanggakan yang pernah Anda raih bersama Cicil.co.id?

    EW: Membangun startup adalah seperti menaiki roller coaster dan banyak pengalaman up maupun down-nya, tentunya saya secara pribadi berkembang baik secara profesional dan personal. Dalam 3 tahun, bermula hanya dari 2 co-founders yang bekerja bersama di kamar apartemen, sekarang CICIL, sebagai salah satu penyelenggara terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK),  telah melayani lebih dari 47.000 pembiayaan bagi mahasiswa di lebih dari 200 universitas yang tersebar di Jawa Bali Sumatera dan Sulawesi. 

    Kami berhasil mendapatkan kepercayaan terpilih sebagai salah satu startup yang mewakili Indonesia dalam program inkubator Google. Program itu berlangsung di San Fransisco pada tahun 2017. Di tahun yang sama CICIL terpilih untuk penghargaan Ricebowl Startup Award. Penghargaan itu di kategori Startup of the Year dan Best Fintech Startup. Di tahun 2019 , kami juga terpilih memenangkan VISA Everywhere Initiative 2019.

    Namun lebih dari beberapa penghargaan itu,  pengalaman lebih berharga bagi kami adalah setiap mendapatkan email dari mahasiswa. Email itu berupa ucapan terima kasih dari mereka yang telah kami bantu pembiayaannya. Hal ini menjadi pemacu semangat kami untuk dapat terus berinovasi dalam mengembangkan layanan kami dalam menjangkau lebih banyak mahasiswa Indonesia.

    Baca: Afuk Chandra Hartanto, Dari Jojonomic Hingga ke Bisnis Kuliner

    IN: Cicil.co.id merupakan salah satu startup peminjaman yang terbilang sukses. Apa menurut Anda yang menjadi kelebihan Cicil.co.id dibanding platform lain yang sejenis?

    EW: Fokus dalam melayani pangsa pasar mahasiswa memungkinkan kami untuk meluncurkan inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan target pasar kami, contohnya CICIL.jobs menjadikan platform kami sebuah ekosistem yang dapat  membantu mahasiswa lebih mandiri baik dari sisi pembiayaan maupun dari sisi pelunasan pembiayaan. 

    Segmen yang spesifik ini juga memungkinkan kami untuk menyesuaikan teknologi credit scoring kami  untuk dapat mengenal calon nasabah kami dengan lebih mendalam. Hal ini memungkinkan kami menekan biaya margin pembiayaan dan memperpanjang jangka waktu pelunasan cicilan. Dengan demikian dapat meringankan beban bulanan mahasiswa pengguna layanan kami.

    Selain itu kami juga menggunakan pendekatan komunitas. Kami membangun komunitas Student Ambassador, dimana Student Ambassador kami berperan aktif tidak hanya dalam meningkatkan brand awareness layanan CICIL tapi juga berperan dalam mendorong edukasi literasi kalangan di kalangan kampus. 

    IN: Inovasi besar apa yang sedang Anda rencanakan bersama tim dalam waktu dekat? Apakah ada bocoran?

    EW: Selain menambah layanan vertikal kami bagi mahasiswa (sekarang ini kami hanya fokus membiayai biaya kuliah dan perlengkapan kuliah), kami juga sedang dalam tahap penjajakan untuk turut membantu pembiayaan bagi pengembangan kampus baik universitas maupun Sekolan Menengah Kejuruan. Harapannya melalui lini layanan baru ini, kita dapat memberikan impact positif yang lebih besar dalam mendorong tingkat pendidikan di Indonesia.

    Baca: Sendra Wong, Menginspirasi Kaum Muda Lewat Bizcom

    -Dita Safitri-

    1 KOMENTAR

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Boleh Dibaca

    Bagaimana Menginvestasikan Uang Anda dengan Bijak?

    Intenselynews.com – Sebagai pemula, berinvestasi pada mulanya mungkin tampak menakutkan. Terutama ketika Anda membayangkan risiko kerugian. Namun, jika Anda memulainya dengan melalukan penelitian terlebih...

    Cara Memilih Bisnis Franchise yang Tepat untuk Anda!

    Intenselynews.com – Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, memilih jenis usaha yang akan dijalankan kadang menjadi sesuatu yang membingungkan. Belum lagi harus memikirkan produk,...

    Kenaikan Bitcoin, Investor Ethereum dan Ripple Ikut ‘Kecipratan’ Rezeki

    Intenselynews.com – Hampir semua investor aset kripto pasti tahu bahwa kenaikan harga Bitcoin dan meningkatnya popularitas aset kripto nomor satu dunia ini pasti akan...

    Wabah Virus Corona dan Pengaruhnya di Ruang Kripto Terkini

    Intenselynews.com – Wabah virus Corona (Covid-19) masih menjadi perhatian utama dunia saat ini. Mulai mewabah sekitar 17 November 2019 lalu di Wuhan, tidak sampai...

    Momentum Terbaik untuk Membeli Emas, Kapan Saja?

    Intenselynews.com – Sebagai salah satu jenis investasi tertua yang pernah ada, harga emas terus mengalami fluktuasi sepanjang tahun. Di tengah pandemi dan kondisi ekonomi...
    Translate »