Komunitas Sastra picture
Top Advertisement

SinthaRosse.com – Bagi Anda yang hobi membaca dan menulis sastra, memiliki komunitas  sastra untuk bertukar pikiran adalah hal yang tak kalah penting. Melalui komunitas-komunitas ini, Anda bisa berkenalan dengan sesama pembaca buku hingga penulis. Tidak hanya komunitas yang melakukan pertemuan langsung, komunitas yang muncul dari media sosial pun tidak terhitung jumlahnya.

Untuk Anda yang masih bingung ingin bergabung ke komunitas mana, yuk simak beberapa komunitas sastra berikut ini!

1. KSI (Komunitas Sastra Indonesia)

KSI atau Komunitas Sastra Indonesia merupakan komunitas terbesar di Indonesia. Didirikan pertama kali pada tahun 1996, organisasi kesenian nirlaba ini ini telah membantu pertumbuhan literasi dan sastra di Indonesia dengan berbagai kegiatan pendukung. Sosok-sosok penting di balik berdirinya Komunitas Sastra Indonesia ini adalah nama-nama populer di bidang kepenulisan. Sebut saja Ahmadun Yosi Herfanda, Ayid Suyitno, Azwina Aziz Miraza, Dian Hadaning hingga Hasan Bisri BFC.

2. Forum Lingkar Pena

Setahun setelah KSI, muncul Forum Lingkar Pena yang diinisiasi oleh sastrawan Helvy Tiana Rosa. Komunitas ini telah menjadi rumah bagi lahirnya ribuan penulis di tanah air dengan karya tak hanya fiksi tapi juga non fiksi. Sampai sekarang FLP masih terus aktif dengan ribuan anggota yang tersebar di berbagai provinsi hingga mancanegara.

3. Komunitas Penulis Kreatif

Komunitas yang lebih dikenal dengan nama KPKers ini berusaha mengumpulkan calon penulis dan penulis profesional di Indonesia. Berpusat di Bandung, komunitas ini menerima berbagai penulis dengan berbagai jenis karya mulai dari fiksi, non fiksi, inspirasi hingga foto dan gambar multimedia.

4. Rumpun Nektar

Bagi Anda yang bermimpi jadi penulis fiksi seperti Dee Lestari atau Mira W, Rumpun Nektar merupakan komunitas yang tepat untuk Anda. Para penulis fiksi sastra dari berbagai profesi dan penjuru daerah di Indonesia berkumpul untuk belajar bersama. Tujuannya tentu saja untuk mencetak penulis-penulis yang mampu menghasilkan tulisan berkualitas guna memperkaya khazanah bacaan bagi masyarakat Indonesia.

Tertarik untuk bergabung dengan salah satu komunitas di atas?

Baca

Image by Bruno Glätsch from Pixabay

-Dita Safitri-

4 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here