Gaya Hidup Lebih Sehat picture
Top Advertisement

Intenselynews.com – Kesehatan merupakan harta yang paling berharga dalam kehidupan. Jika kita sehat, maka kegiatan apa pun dapat dilakukan dengan mudah. Namun untuk menjaga kesehatan terkadang susah-susah gampang, apalagi jika telah disibukkan dengan pekerjaan. Berikut ini gaya hidup lebih sehat yang bisa Anda terapkan untuk kehidupan jangka panjang yang lebih baik.

Cara Sederhana Gaya Hidup Lebih Sehat

1. Mengelola Stress 

Jadwal yang padat, pekerjaan yang menuntut serba cepat, kemacetan di jalan, dan segudang permasalahan lainnya, jika tidak Anda kelola dengan baik dapat menimbulkan stress. Oleh karena itu, Anda perlu mengontrol emosi agar stress tidak menjadi berkepanjangan. Salah satu cara mudah mengelola stress yakni dengan tidur tepat waktu dan berkualitas. Apa pun masalah Anda, tidur yang cukup dapat membuat Anda berpikir lebih jernih, pikiran segar, dan tenang.

2. Berani Menerima Tantangan Mematikan Televisi dan Komputer

Sekali seminggu, usahakan matikan televisi dan komputer Anda, dan lakukan kegiatan yang lebih fisik bersama keluarga, orang terdekat, atau hewan peliharaan kesayangan Anda, misalnya bermain game fisik di alam, berjalan-jalan di taman, dll. Lakukan hampir semua hal yang membuat Anda lebih aktif ketimbang hanya duduk di sofa.

3. Tidak Terlalu Banyak Duduk

Berlama-lama duduk di depan komputer lambat laun akan menganggu kesehatan Anda. Masalah kesehatan itu bisa terletak di otak, leher, bahu, gangguan kaki, dll. Bersumber dari hellosehat.com, duduk dalam waktu lama akan memperlambat aliran oksigen dan darah ke otak, dan membatasi kemampuan untuk berpikir jernih.

Selain otak, badan agak condong ke depan sewaktu bekerja di depan komputer memberikan ketegangan pada leher. Terkait punggung, postur duduk yang buruk sangat berkontribusi terhadap nyeri punggung, tulang belakang yang tidak fleksibel, dan kerusakan disk. Sementara untuk gangguan kaki, duduk terlalu lama akan menghambat sirkulasi di kaki, membuat darah berkumpul di sekitar pergelangan kaki, sehingga menyebabkan pergelangan kaki bengkak, varises, hingga gumpalan darah berbahaya.

Untuk menghindari permasalahan di atas, usahakan untuk mengatur waktu duduk Anda dengan diselingi kegiatan fisik.

4. Olahraga Ringan  

Di sela-sela kesibukan Anda di hari kerja, tidak ada salahnya menyisihkan waktu berjalan di treadmill 5 menit saja sebelum bekerja, atau 30-60 menit setiap akhir pekan untuk berolahraga. Pada dasarnya olah raga adalah sebuah gerakan. Di Sabtu atau Minggu pagi, berlari-lari kecil atau berjalan kaki sambil menghirup udara segar hingga Anda berkeringat bisa menjadi pilihan gaya hidup sehat sederhana yang bisa Anda terapkan. Berolah raga juga membantu menurunkan berat badan Anda sehingga terhindar dari penyakit obesitas.

Baca juga:

5. Kegiatan Bersih-Bersih Rumah 

Melakukan kegiatan pekerjaan rumah tangga sendiri juga bisa jadi jalan mudah Anda untuk hidup lebih sehat. Contohnya saja membersihkan halaman atau taman di rumah Anda, menyapu lantai, mengelap perkakas, dll. Kegiatan ini cukup membantu kita tetap bergerak guna meringankan otot yang kaku.

Sudahkah menerapkan gaya hidup sehat? Bagikan pengalaman cara hidup sehat Anda di kolom komentar yang menginspirasi banyak orang!

Image from Pixabay

-Sintha Rosse-

 

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here