Glossarium Terkait Traveling picture
Top Advertisement

Intenselynews.com – Dalam industri traveling atau perjalanan terdapat banyak istilah. Istilah-istilah tersebut mungkin saja belum pernah Anda dengar selama ini. Oleh karena itu, berikut ini disajikan glossarium terkait traveling yang berguna untuk Anda. Dirangkum dari travelwta.com, yuk, pelajari satu persatu istilah itu agar Anda tidak bingung ketika melakukan perjalanan wisata!

Glossarium Terkait Traveling A

A la carte : Istilah yang mengacu pada makanan. Indikasinya adalah setiap hidangan dihargai secara terpisah; juga bahwa pilihan makanan mungkin tersedia, seperti pada tur.

A la Carte Bar : Istilah ini dikenal juga dengan “Cash Bar,” sebuah bar yang terletak di dalam kamar hotel yang dipenuhi dengan berbagai macam makanan ringan dan minuman.

ABC : Istilah untuk referensi ke pulau-pulau Karibia Aruba, Bonaire, dan Curacao, di Antilles Belanda, tak jauh dari pantai utara Amerika Selatan (Venezuela). Daerah yang luar biasa untuk menyelam, snorkeling, dan segala macam olahraga air.

Abeam : Istilah arah, digunakan pada kapal dan pesawat terbang, yang menggambarkan sesuatu di sisi kapal, seperti sayap.

Accessible Tourism : Perjalanan yang memastikan ketersediaan tinggi di destinasi, akomodasi, objek wisata, produk, dan layanan untuk semua orang.

Actual Time of Arrival : Secara harfiah istilah ini adalah waktu kedatangan yang sebenarnya. Berbeda dengan ETA (Estimasi Waktu Kedatangan).

Add-on :  Pilihan tambahan yang ditawarkan, biasanya dengan biaya tambahan.

Adjoining rooms : Istilah untuk dua kamar hotel atau akomodasi yang memiliki pintu yang menghubungkan mereka dari dalam, memungkinkan para tamu untuk menggabungkan dua kamar menjadi satu kamar yang lebih besar.

Adoption Rate : Istilah untuk perbedaan persentase tiket yang dikeluarkan melalui sistem pemesanan online dibandingkan dengan saluran pemesanan tradisional yang dibantu oleh agen.

ADT : Atlantic Daylight Time; Alaska Daylight Time – Waktu Siang Atlantik; Waktu Siang Alaska.

Advance Purchase Fare : Istilah untuk pembelian tiket pesawat yang mengharuskan pelancong untuk membeli tiket minimum hari sebelum keberangkatan.

Advance Purchase Requirement (APR) :  Persyaratan Pembelian Di Muka adalah persyaratan bahwa tiket harus dibeli dalam jumlah minimum hari sebelum penerbangan berangkat.

Adventure tour : Tur yang dirancang untuk kegiatan petualangan seperti arung jeram, hiking, atau mendaki gunung.

Adventure travel : Kategori perjalanan yang melibatkan eksplorasi atau perjalanan dengan risiko yang dirasakan (dan mungkin aktual), dan berpotensi membutuhkan keterampilan khusus dan aktivitas fisik.

Adventure Traveler : Istilah bagi traveler yang melakukan perjalanan ke suatu tempat dengan tujuan khusus yang menggunakan partisipasi fisik aktif dan melakukan eksplorasi pengalaman baru.

Affinity Card : Istilah untuk kartu kredit atau debit yang dikeluarkan oleh lembaga perbankan dalam kemitraan dan co-branded dengan frequent program traveler.

Affinity group : Sekelompok orang yang memiliki hobi, minat, atau aktivitas yang sama, atau yang disatukan melalui partisipasi reguler dalam acara bersama.

Aft : Menuju bagian belakang kapal.

After departure charge : Biaya yang tidak muncul pada tagihan tamu saat checkout seperti biaya telepon atau makan.

Agent : Seseorang yang memiliki kekuatan untuk bertindak sebagai perwakilan untuk orang lain, seperti traveling agent.

AIO variables : Kegiatan, minat, dan pendapat – digunakan untuk mengukur dan mengkategorikan gaya hidup pelanggan.

Air mile : Jarak sekitar. 6076 kaki.

Air Traffic Control : Biasanya mengacu pada menara kontrol di bandara, tetapi juga dapat menjadi pusat kendali di tempat lain yang bertugas mengendalikan area langit yang luas.

Air Travel Card : Kartu kredit yang disponsori oleh maskapai penerbangan, hanya untuk pembelian perjalanan udara.

Air Travel : Tindakan atau proses melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Air/Sea : Istilah yang merujuk pada tiket, perjalanan, tarif, dll. Di mana mencakup pengaturan perjalanan udara dan darat, seperti paket pelayaran dengan udara yang disertakan.

Aircraft : Secara umum, mesin apa pun yang mampu terbang. Namun, dalam industri perjalanan, ini sering berarti pesawat terbang.

Airline Alliance : Perjanjian kerja sama antara kelompok maskapai. Aliansi menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan jaringan lebih besar kepada maskapai.

Airline fire : Harga yang dikenakan untuk tiket pesawat. Beberapa jenis tarif ada dan dapat berubah sesuai dengan kondisi pasar.

Airlines Reporting Corporation (ARC) : Sebuah organisasi yang menyediakan metode persetujuan lokasi agen resmi untuk penjualan transportasi dan prosedur yang hemat biaya untuk memproses catatan dan dana penjualan tersebut bagi pelanggan operator.

Airport access fee : Biaya yang dibayarkan oleh perusahaan penyewaan mobil kepada otoritas bandara, untuk penggunaan kendaraan antar-jemput, dll.

Airport transfer : Layanan transportasi ke/dari bandara ke hotel, dll., Biasanya dibayar di muka sebagai bagian dari paket tur, tetapi juga tersedia secara terpisah.

Air-Sea : Paket pelayaran atau perjalanan di mana satu atau lebih elemen transportasi disediakan melalui udara dan satu atau lebih melalui laut. Paket ini biasanya dipadukan dengan penginapan lokal.

All-inclusive package : Paket wisata di mana sebagian besar elemen wisata dibeli dengan harga yang ditentukan. Disebut juga paket semua biaya.

Alumni tour : Tur yang dibuat untuk pelanggan yang sebelumnya bepergian dengan operator tur. Disebut juga tur reuni.

Ambassador (Duta Besar) : Kepala misi diplomatik suatu negara bagian di negara bagian lain, biasanya dengan kantor di dalam kedutaan utama.

Amenity : Fasilitas dan fitur properti, biasanya kapal pesiar, maskapai penerbangan, atau akomodasi tujuan.

Amenity package : Sekelompok fitur khusus, seperti wisata pantai gratis, kredit bar atau butik, atau wine saat makan malam yang ditawarkan kepada klien dengan tur atau pelayaran tertentu, biasanya sebagai bonus atau fitur tambahan.

Amidships : Menuju tengah kapal – biasanya bagian paling stabil dari kapal.

Anniversary travel : Jenis perjalanan untuk suatu hal pada tanggal yang diingat karena peristiwa khusus atau penting terjadi pada tanggal tersebut di tahun sebelumnya, seperti ulang tahun pernikahan.

Antebellum : Menggambarkan bangunan dan/atau periode waktu sebelum Perang Sipil, seperti rumah antebellum di perkebunan kapas di AS selatan.

APEX : Istilah maskapai penerbangan yang berarti “ongkos tamasya pembelian di muka” – biasanya tarif termurah.

Apron : Area di sekitar area gerbang terminal, umumnya digunakan untuk parkir dan perawatan pesawat.

ARC : Airline Reporting Corporation: Agensi yang mengatur penjualan tiket dan laporan ke maskapai penerbangan untuk agen perjalanan.

Archipelago : Pada dasarnya adalah sekelompok pulau. Indonesia dan Jepang sama-sama negara kepulauan.

ARTA : Association of Retail Travel Agents : Grup perdagangan profesional agen perjalanan.

ASC Fee – Administrative Service Charge (Biaya Layanan Administrasi). Biasanya biaya perubahan, atau biaya penukaran tiket untuk perjalanan di masa depan.

AST : Atlantik (atau Alaska) Waktu Standar.

ATO : Airline Ticket Office (Kantor Tiket Maskapai Penerbangan).

Attractions : Istilah untuk suatu item atau minat khusus bagi pelancong, seperti keajaiban alam, fasilitas dan struktur buatan manusia, hiburan, dan kegiatan menarik lainnya.

Availability : Jumlah total kursi yang diizinkan untuk dijual dengan harga tertentu.

Glossarium terkait traveling selanjutnya akan dibahas pada waktu dan kesempatan selanjutnya!

Baca:

Image by Lorri Lang from Pixabay

-IN-

 

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here