25.9 C
Jakarta

IBM Mematenkan Browser Baru Berbasis Blockchain

Intenselynews.com – IBM, salah satu raksasa komputer dunia baru saja mengajukan hak paten untuk salah satu produk terbarunya. Produk ini dideskripsikan sebagai peramban internet berbasis Blockchain.

Diterbitkan pada 6 Agustus oleh database Amerika Serikat Patent dan Trademark Office, paten IBM ini adalah untuk browser web yang didukung oleh jaringan peer-to-peer. Aplikasi paten ini pertama kali diterbitkan pada September 2018 untuk USPTO, meskipun tidak menggunakan basis data mereka sendiri.

Baca juga: Dewan Kesenian Jakarta : Empat Puluh Lima Tahun Sayembara Novel

Sistem Browser Baru IBM

Browser ini nantinya akan mengumpulkan informasi yang telah ditentukan sebelumnya dari sesi penelusuran web, sesuai dengan paten. Informasi tersebut kemudian ditransfer ke jaringan node peer-to-peer untuk pengumpulan dan penyimpanan. Pengumpulan informasi tergantung pada jenis pengalaman penelusuran yang dipilih. Misalnya saja, browsing di komputer kantor versus browser pribadi akan menuntut pengaturan yang berbeda.

Jenis-jenis informasi sesi yang berpotensi untuk disimpan termasuk situs web apa yang dikunjungi, bookmark, kinerja tugas, geolokasi, instalasi plugin, dan patch keamanan.

Seperti yang dijelaskan oleh perusahaan, peramban berbasis Blockchain ini akan memberi sistem untuk menyimpan informasi penjelajahan sedemikian rupa sehingga privasi terjaga dan menempatkan privasi di tangan pengguna, alih-alih di tangan pihak ketiga.

Satu kasus penggunaan potensial yang termasuk dalam dokumen ini antara lain adalah serangan pada browser komputer. Jika diamankan dengan teknologi Blockchain, tersedia cadangan semua informasi pengguna yang bisa diakses kembali nantinya.

Baca juga: Lomba 17 Agustusan Kocak yang Pernah Viral, Yuk Kita Intip!

Menariknya, IBM akan memasukkan token dalam model mereka. IBM mengatakan token akan memverifikasi aktivitas sesi browser pengguna karena dikemas dalam blok untuk jaringan peer-to-peer.

Namun, konsep peramban web Blockchain IBM bukan satu-satunya yang pernah dibuat. Perusahaan browser web asal Norwegia, Opera baru-baru ini meluncurkan browser iOS Opera Touch pada bulan Juni. Dibangun untuk Web 3.0, Opera Touch memiliki dompet cryptocurrency terintegrasi dan terhubung dengan mudah ke aplikasi Web 3.0 termasuk token ERC-20. Ini merupakan produk yang menarik untuk para pengguna internet sekaligus kripto aset.

 

Image by Tumisu from Pixabay

-Dita Safitri-

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Investasi Deposito, Kenali Pengertian, Jenis, dan Perbedaannya

Intenselynews.com – Di antara sekian banyak pilihan instrument investasi, deposito merupakan produk yang paling populer. Investasi deposito sendiri merupakan bentuk simpanan berjangka yang dibuat...

7 Alasan Kenapa Banyak Orang Memilih Berinvestasi Emas

Intenselynews.com – Menurut Warren Buffet, investor yang baik adalah mereka yang melakukan diversifikasi pada aset-asetnya. Di antara sekian banyak pilihan instrumen investasi, emas masih...

Ingin Membeli Rumah? Ketahui Perbedaan AJB, PJB, dan PPJB

Intenselynews.com – Memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang. Selain membangunnya sendiri, membeli rumah adalah opsi yang paling mudah untuk dipilih. Ada banyak sekali...

Rekomendasi Film Inspiratif untuk Anda Menjelang Akhir Pekan

Intenselynews.com – Sepanjang tahun 2020 ini, sudah tak terhitung rasanya lelah yang tertumpuk di pundak. Namun, jangan biarkan semua beban itu membuat Anda jadi...

Pengertian Reksadana Secara Luas, Mengenal Jenis dan Perbedaannya

Intenselynews.com – Di antara sekian banyak jenis instrumen investasi, Anda tentu sudah tidak asing dengan reksadana. Investasi satu ini banyak dipilih karena mudah, dapat...
Translate »