Ide Bisnis Picture
Top Advertisement

Intenselynews.com – Banyak orang menyangka kalau untuk punya bisnis, seseorang harus punya uang yang banyak. Tapi, manusia dianugerahi kemampuan berpikir kreatif. Karena itu semakin banyak orang-orang yang berhasil mendirikan usaha meski hanya dengan modal kecil. Tak terkecuali para wanita. ide bisnis di masa kini sangat banyak sekali yang tidak menggunakan modal besar, lalu seperti apa ide bisnis terbaik yang menjanjikan untuk wanita masa kini ?

Bicara sosok pengusaha, wanita memang jarang terekspos. Kaum pria dianggap lebih jago dalam urusan bisnis. Padahal, banyak juga wanita yang punya kemampuan yang mumpuni dalam berbisnis. Walaupun sering dianggap sebagai individu yang konsumtif, wanita punya banyak kelebihan tak terkecuali soal bisnis.

Ada beberapa alasan kenapa wanita dianggap lebih pintar soal bisnis ketimbang pria:

  • Wanita punya kemampuan multitasking. Di saat pria hanya bisa fokus dengan 1 pekerjaan saja, wanita bisa melakukan beberapa hal sekaligus. Kemampuan ini sangat berguna bagi seseorang saat menjalankan bisnis. Seorang pebisnis dituntut untuk lincah, cekatan dan jeli. Wanita punya modal untuk itu.
  • Wanita selalu hati-hati dalam mengambil keputusan. Ini bisa dilihat dari kebiasaan wanita yang kerap berlama-lama saat memilih baju di toko. Mereka mempertimbangkan banyak hal, alih-alih melakukan pembelian secara impulsif. Kemampuan ini juga akan sangat penting ketika wanita dihadapkan pada pengambilan keputusan saat berbisnis.
  • Wanita itu pintar berbicara. Wanita kebanyakan pintar memuji dan bicara. Tidak heran kalau soal relasi bisnis, wanita lebih gampang menjalinnya. Kemampuan ini juga berguna ketika wanita harus mempromosikan produk yang mereka jual. Dengan kemampuannya ini, orang akan berbondong-bondong membeli apa yang mereka jual.
  • Mampu mengatasi stress. Dibanding pria, wanita lebih banyak mengeluarkan hormon oksitosin. Hormon inilah yang bekerja untuk mencegah stress. Karena kelebihan ini, wanita lebih mampu mengatasi stress ketimbang pria.

Ide Bisnis yang Cocok Dijalankan oleh Wanita

Di antara sekian banyak pilihan bisnis yang ada, bisnis apakah yang cocok dijalankan oleh wanita masa kini? Berikut beberapa pilihannya!

1. Social Media Management

Jika Anda termasuk seorang penggila teknologi dan internet serta paham perkembangan media sosial, profesi ini sangat cocok untuk Anda. Hanya dengan bermodalkan ponsel dan komputer, Anda bisa mencari klien di internet. Tugas Anda adalah untuk membantu mereka melakukan promosi di media sosial termasuk mencari materi, menyusun hingga menjadwalkan postingan di media sosial mereka. Beberapa di antara social media manager bahkan diminta merangkap sekaligus sebagai admin. Bisnis ini selain mudah juga banyak dilakoni para wanita.

2. Bisnis Makanan dan Minuman

Bisnis makana merupakan bisnis yang memiliki peluang sekaligus tingkat persaingan yang tinggi. Untuk bisa bertahan, Anda harus memiliki ide yang berbeda dari yang lain. Anda bisa saja mengikuti tren yang ada, misalnya tren menjual minuman. Tapi alih-alih mengikuti tren itu mentah-mentah, berikan sentuhan kreativitas di dalam dagangan Anda. Dengan begitu, orang akan menemukan sesuatu yang menonjol dalam produk Anda dan bersedia membelinya.

3. Usaha Laundry

Untuk Anda yang tinggal di kawasan padat penduduk terutama di kota besar, bisnis laundry merupakan pilihan usaha yang menjanjikan. Saat ini, semua orang melakukan aktivitas dengan cepat. Mereka kadang tidak punya waktu untuk mencuci pakaian sendiri. Hanya dengan bermodalkan mesin cuci, Anda bisa membuka usaha laundry di rumah. Modalnya cukup sederhana. Selain listrik, Anda perlu deterjen dan pewangi pakaian.

4. Personal Chef

Kalau Anda punya passion memasak, jangan sia-siakan kesempatan itu untuk membuka bisnis. Kalau bisnis restoran dan katering memerlukan modal yang terlalu besar, maka Anda bisa menjadi personal chef atau koki pribadi. Berbeda dengan pembantu rumah tangga yang juga memasak, seorang personal chef biasanya akan diminta secara khusus untuk memasak di acara-acara tertentu.

5. Menulis dan Editing

Penulis merupakan salah satu profesi yang banyak dijalani wanita. Bisa dibilang, lebih banyak penulis perempuan ketimbang laki-laki di dunia ini. Ini bisa menjadi peluang yang cukup menjanjikan jika Anda pintar mem-branding diri. Anda bisa menawarkan jasa jadi penulis lepas kepada perusahaan-perusahaan besar, bisa juga dengan menjadi contributor di situs-situs tertentu hingga bergabung dengan agensi kepenulisan untuk mendapatkan klien.

Usaha menjadi penulis dan editor ini tidak memerlukan banyak modal namun banyak yang mencari jasa Anda. Hanya dengan bermodalkan komputer dan jaringan internet, semua pekerjaan dapat dilakukan dari rumah.

Baca juga:

Itulah beberapa ide bisnis masa kini yang cocok dilakoni oleh para wanita. Tertarik mencoba salah satunya?

Image by Gerd Altmann from Pixabay

-Dita Safitri-

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here