25.9 C
Jakarta

5 Industri Paling Top yang Terdisrupsi Kehadiran Blockchain

SinthaRosse.com – Teknologi buku besar terdesentralisasi alias Blockchain muncul bersamaan dengan kemunculan Bitcoin. Di saat yang bersamaan, orang-orang mulai berusaha memanfaatkannya untuk berbagai tujuan lain. Tingkat keamananan dan kemudahan yang lebih tinggi yang dijanjikan Blockchain adalah salah satu alasan kenapa banyak industri mulai meliriknya. Hingga saat ini tak terhitung sudah puluhan sektor yang terdisrupsi oleh kehadiran Blockchain.

Simak 5 Industri Paling Top yang Terdisrupsi Kehadiran Blockchain berikut ini!

Baca juga: Para Investor Paling Top di Dunia, Sudah Tahukah Anda?

1. Kehadiran Blockchain dalam Perbankan

Industri finansial merupakan sektor yang secara masif mengadopsi Blockchain. Keberadaan aset digital dan kebutuhan akan transfer uang cepat adalah pemantik yang paling besar. Dalam industri finansial, Blockchain telah melahirkan ribuan token. Teknologi finansial juga sudah mengubah cara manusia dalam membuat pendanaan, mengajukan dan memberikan pinjaman hingga menerima pembayaran.

2. Real Estate

Bukti utama Blockchain telah menciptakan peluang baru di sektor real estate adalah di mana catatan dibuat mudah diakses. Melalui blockchain, pengguna menikmati catatan untuk menyimpan judul dan detail properti. Ini akan menghemat waktu yang signifikan dan memberikan sistem pengarsipan terbuka untuk mengurangi biaya pemrosesan. Diperkirakan bahwa perusahaan real estate di AS menghemat $ 550 juta hanya dengan meminimalkan kesalahan dan menerapkan metode otomatis untuk mengelola dan mengendalikan informasi lewat teknologi Blockchain.

Baca juga: Cerpen Kejutan Ulang Tahun, Sintha Rosse. Terbit di Majalah Gadis

3. Healthcare

Sektor healthcare atau kesehatan juga menjadi salah satu industri yang berhasil memanfaatkan Blockchain. Dengan Menggunakan sistem Blockchain, rumah sakit dan dokter akan dapat mengakses file pasien tanpa berurusan dengan kerepotan dokumen dan metode verifikasi yang tidak efisien. Rekaman digital pasien akan tersedia melalui jaringan cloud yang dapat diakses dari mana saja di seluruh dunia untuk memberikan perawatan yang cepat dan terinformasi dengan baik.

4. Voting

Identitas pemilih telah menjadi prioritas teratas dalam proses voting atau pemungutan suara selama beberapa tahun terakhir. Untuk menghindari duplikat suara dan penipuan, pengembangan Blockchain telah mengambil peran dalam proses pemilihan atau pemungutan suara. Jejak audit khusus dapat digunakan untuk mengesahkan setiap pemilih. DAO atau Organisasi Otonomi Terdesentralisasi memastikan sistem manajemen otomatis untuk memilih pemilih dan memastikan bahwa setiap pemilih dapat memberikan satu suara secara tepat.

5. Manajemen Rantai Pasokan

Manajemen rantai pasokan menjadi dasar dari setiap industri berbasis produk. Namun, transfer membutuhkan banyak perantara. Ini mengakibatkan banyaknya biaya dan sumber daya yang dibutuhkan, baik moneter dan waktu.

Dalam situasi seperti itu, penting untuk mengidentifikasi alternatif yang mempercepat transportasi tanpa mengurangi ketepatan pengiriman.

Implementasi Blockchain akan menciptakan transportasi otomatis yang lebih baik di mana para pihak menerapkan sistem kontrak pintar untuk memeriksa keaslian persediaan mereka. Sistem kontrak pintar akan meminimalkan perantara dan mengimplementasikan layanan Internet of Things (IoT) akan mempermudah otentikasi dan validasi.

Image by Pete Linforth from Pixabay

-Dita Safitri-

6 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Investasi Deposito, Kenali Pengertian, Jenis, dan Perbedaannya

Intenselynews.com – Di antara sekian banyak pilihan instrument investasi, deposito merupakan produk yang paling populer. Investasi deposito sendiri merupakan bentuk simpanan berjangka yang dibuat...

7 Alasan Kenapa Banyak Orang Memilih Berinvestasi Emas

Intenselynews.com – Menurut Warren Buffet, investor yang baik adalah mereka yang melakukan diversifikasi pada aset-asetnya. Di antara sekian banyak pilihan instrumen investasi, emas masih...

Ingin Membeli Rumah? Ketahui Perbedaan AJB, PJB, dan PPJB

Intenselynews.com – Memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang. Selain membangunnya sendiri, membeli rumah adalah opsi yang paling mudah untuk dipilih. Ada banyak sekali...

Rekomendasi Film Inspiratif untuk Anda Menjelang Akhir Pekan

Intenselynews.com – Sepanjang tahun 2020 ini, sudah tak terhitung rasanya lelah yang tertumpuk di pundak. Namun, jangan biarkan semua beban itu membuat Anda jadi...

Pengertian Reksadana Secara Luas, Mengenal Jenis dan Perbedaannya

Intenselynews.com – Di antara sekian banyak jenis instrumen investasi, Anda tentu sudah tidak asing dengan reksadana. Investasi satu ini banyak dipilih karena mudah, dapat...
Translate »