ingin berinvestasi picture
Top Advertisement

Intenselynews.com – Hingga hari ini properti masih menjadi salah satu investasi yang banyak diandalkan orang. Dengan keuntungan yang terbilang besar, investasi properti juga bisa dilakukan tanpa harus memiliki keahlian khusus. Sehingga banyak orang ingin berinvestasi di ranah tersebut. 

Tapi ternyata investasi properti tidaklah semudah itu. Ada banyak hal yang harus menjadi pertimbangan. Salah perhitungan sedikit saja, Anda mungkin bisa kehilangan uang Anda. Sebelum mulai menanamkan uang dalam investasi ini, ada 5 kesalahan yang sebaiknya Anda hindari. Apa saja?

Baca juga: Binance Charity Terima Sumbangan Crypto untuk Korban Badai

Hindari 5 Kesalahan Ketika Berinvestasi Properti

1. Memasang Target yang Salah

Banyak orang yang tergoda berinvestasi properti karena mereka berpikir bisa mendapatkan banyak uang dalam waktu cepat. Padahal sejak awal, konsep ini sudah salah. Properti memang menguntungkan, tapi kalau Anda mau cukup sabar dan bekerja keras untuk menunggu hasilnya. Meski ada yang berhasil meraih keuntungan dalam setahun dua tahun, tidak sedikit yang menunggu bertahun-tahun untuk mendapatkan hasilnya.

2. Membeli Properti di Waktu yang Salah

Saat properti sedang dalam masa kejayaannya, sebenarnya ini bukanlah waktu yang tepat untuk membeli properti. Selain harganya tinggi, harga di masa ini sulit bersaing dengan permintaan pasar dan kemungkinan pembeli juga akan berpikir dua kali sebelum membeli. Saat harga cenderung turun, di saat itulah Anda memanfaatkan momen untuk membeli properti yang diinginkan.

3. Kurang Persiapan

Berinvestasi properti tidak sama dengan membeli rumah dan berharap suatu saat harganya bisa naik. Ada beberapa taktik dan strategi yang harus Anda pahami. Mulai dari mengetahui kondisi demografis dan bagaimana prospek bangunan yang akan dibeli ke depannya.

Anda juga harus membuat estimasi biaya tentang seberapa banyak modal yang dibutuhkan dan kapan kira-kira Anda bisa mendapatkan modal itu kembali. Jangan lupa juga untuk menghitung biaya perawatan termasuk listrik dan lain sebagainya.

Baca juga: Sendra Wong, Menginspirasi Kaum Muda Lewat Bizcom

4. Tidak Pandai Membangun Koneksi

Saat Anda membuat investasi properti, Anda akan berhubungan dengan banyak orang. Mulai dari agen perumahan, bank, tukang kebun hingga tukang listrik. Bangunlah relasi sebaik mungkin dengan mereka semua agar Anda mendapatkan kepuasan dan kemudahan dalam semua urusan Anda.

5. Menomorduakan Kualitas

Meskipun Anda membeli properti untuk dijual lagi nantinya, bukan berarti Anda bisa mengabaikan kualitas bangunan yang dibuat. Sama seperti prinsip dagang pada umumnya, “Jangan menjual sesuatu yang tidak mau Anda beli” harus Anda terapkan. Artinya, jika Anda menginginkan hasil yang baik, maka lakukanlah yang terbaik.

Image by Free-Photos from Pixabay

-Dita Safitri-

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here