More
    Beranda Investasi Cerdas Finansial Investasi Deposito, Kenali Pengertian, Jenis, dan Perbedaannya

    Investasi Deposito, Kenali Pengertian, Jenis, dan Perbedaannya

    Intenselynews.com – Di antara sekian banyak pilihan instrument investasi, deposito produk yang terbilang populer. Investasi deposito sendiri merupakan produk perbankan dalam bentuk simpanan berjangka. Investasi itu bisa menjadi pilihan bagi nasabah yang mau mendapatkan untung dari bunga yang lebih tinggi ketimbang bunga tabungan biasa. Hanya saja, tak seperti tabungan di rekening, setelah penyetoran, Anda tidak bisa mengambilnya sesuka hati. Nasabah bisa melakukan pencairan dana berdasarkan waktu jatuh tempo.

    Mendapatkan Keuntugan Tinggi dari Investasi Deposito

    Selain waktu penarikan, deposito juga berbeda dari segi besarannya. Di mana dengan tabungan biasa Anda bisa menyetor sesuai dengan keinginan. Sementara, sejak awal pihak bank telah menentukan nilai minimal setoran deposito.

    Terdapat 4 jenis deposito, antara lain:

    1. Deposito Berjangka

    Banyak orang memilih deposito ini karena menawarkan rentang variasi waktu penarikan beragam. Adapun waktu penarikan itu mulai dari 1 sampai 24 bulan.

    Penerbitan deposito berjangka umumnya atas nama perorangan maupun instansi. Pemberian bunga deposito ini bisa secara tunai atau lewat proses pindah buku. Terdapat pengenaan pajak. Besaran pajak tergantung nilai bunga yang diterima investor.

    2. Sertifikat Deposito

    Sertifikat deposito mirip dengan deposito berjangka. Perbedaannya adalah pemilik dapat memindah tangankan atau menjual kepada orang lain dengan adanya surat keterangan deposito. Selain itu, bunga sertifikat deposito juga bisa dibayarkan di muka.

    3. Deposito Automatic Roll Over

    Investasi Deposito Automatic Roll Over sebenarnya merupakan‘perpanjangan’ dari deposito berjangka. Deposito jenis ini adalah investasi nasabah yang telah jatuh tempo, tapi belum dicairkan pemiliknya. Karena itu, pihak bank akan melakukan perpanjangan otomatis tanpa menunggu persetujuan dari pemilik deposito.

    4. Deposito On Call

    Deposito on call bisa menjadi pilihan investasi jika Anda ingin menginvestasikan dana besar dalam waktu singkat. Anda cukup menyetorkan dana untuk mengambilnya lagi dalam jangka waktu 7-30 hari. Surat deposito on call tak bisa diperjual belikan karena tertera nama pemilik di dalamnya.

    Penawaran besaran bunga biasanya dihitung per bulan, dan ditentukan terlebih dulu. Jika pemilik dana ingin mencairkan depositonya, mereka wajib mengabari bank mengenai proses pencairan.

    Baca juga: 

    Itulah pengenalan 4 macam deposito. Tertarik mencoba salah satunya sebagai portofolio investasi Anda?

    Gambar oleh Pexels dari Pixabay

    -Dita Safitri-

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Boleh Dibaca

    Bagaimana Menginvestasikan Uang Anda dengan Bijak?

    Intenselynews.com – Sebagai pemula, berinvestasi pada mulanya mungkin tampak menakutkan. Terutama ketika Anda membayangkan risiko kerugian. Namun, jika Anda memulainya dengan melalukan penelitian terlebih...

    Cara Memilih Bisnis Franchise yang Tepat untuk Anda!

    Intenselynews.com – Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, memilih jenis usaha yang akan dijalankan kadang menjadi sesuatu yang membingungkan. Belum lagi harus memikirkan produk,...

    Kenaikan Bitcoin, Investor Ethereum dan Ripple Ikut ‘Kecipratan’ Rezeki

    Intenselynews.com – Hampir semua investor aset kripto pasti tahu bahwa kenaikan harga Bitcoin dan meningkatnya popularitas aset kripto nomor satu dunia ini pasti akan...

    Wabah Virus Corona dan Pengaruhnya di Ruang Kripto Terkini

    Intenselynews.com – Wabah virus Corona (Covid-19) masih menjadi perhatian utama dunia saat ini. Mulai mewabah sekitar 17 November 2019 lalu di Wuhan, tidak sampai...

    Momentum Terbaik untuk Membeli Emas, Kapan Saja?

    Intenselynews.com – Sebagai salah satu jenis investasi tertua yang pernah ada, harga emas terus mengalami fluktuasi sepanjang tahun. Di tengah pandemi dan kondisi ekonomi...
    Translate »