26 C
Jakarta

Investasi Emas Antam atau UBS? Kenali Perbedaannya!

Intenselynews.com – Bagi Anda yang sudah sering melakukan investasi emas antam, nama emas Antam dan UBS tentu sudah tidak asing lagi. Meski ada banyak produsen emas batangan di Indonesia, Antam dan UBS merupakan yang paling populer. Lantas, apa saja yang membedakan keduanya?

Investasi Emas Antam atau UBS ?

Perusahaan yang Menerbitkannya

Emas Antam diproduksi oleh PT Antam Tbk yang merupakan perusahan milik negara. Sementara emas UBS merupakan hasil produksi dari PT Untung Bersama Sejahtera atau UBS di Surabaya. UBS merupakan emas yang diproduksi oleh perusahaan swasta.

Ukuran Gramasi yang Tersedia di Pasaran

Dari segi ukuran, emas Antam menyediakan lebih banyak pilihan gramasi. Ukurannya antara lain adalah 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram dan yang paling berat yakni 1 kilogram. Sementara itu UBS hanya menyediakan variasi ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2, gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram dan 100 gram.

Sertifikat yang Dikeluarkan

Sertifikat merupakan dokumen penting yang wajib disertakan saat membeli emas dan logam mulia lainnya. Dari segi sertifikat yang berlaku, emas Antam dan UBS memiliki beberapa perbedaan. Emas Antam memiliki sertifikat LBMA atau London Bullion Market Association yang membuatnya berlaku secara internasional. Karena itu, Antam lebih mudah dijual di pasar di berbagai belahan dunua.

Sementara itu emas UBS memiliki sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Sertifikat emas UBS hanya berlaku secara nasional.

Dimensi dan Stoknya

Dari segi dimensi, emas UBS memiliki ukuran yang lebih besar. Meski sama-sama memiliki bobot 1 gram, ukuran emas batangan versi UBS lebih besar sehingga mantap saat digenggam. Bagi kolektor emas, ini akan memberikan kepuasan tersendiri saat memilikinya.

Dari segi stok, emas Antam dapat dibeli langsung di Unit Bisnis Antam yang ada di Pulogadung. Anda yang ingin membeli emas Antam juga bisa datang ke Pegadaian, toko emas atau marketplace.

Baca juga:

Sementara itu, emas UBS tidak memiliki tempat penjualan khusus. Untuk beberapa ukuran, jumlahnya terbatas. Baik emas Antam maupun UBS, kadang Anda harus melakukan pemesanan untuk membelinya.

Image by Linda Hamilton from Pixabay

-Dita Safitri-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Andrew Ballingal: Emas Aset Terbaik saat Kondisi Dunia “Berbahaya”

Intenselynews.com – Andrew Ballingal, penasehat investasi berkata "Emas adalah Aset Terbaik dalam Kondisi Dunia yang ‘Berbahaya’". Harga emas telah mencapai tonggak penting, menguji resistensi...

Inggris Rilis Pedoman Baru AI Guna Atasi Masalah Big Data Lebih Cepat

Intenselynews.com – Artificial Intelligence telah lama dipercaya sebagai alat penting yang dapat digunakan sebagai solusi teknologi untuk menangani beberapa masalah besar yang dihadapi dunia....

India Adakan Festival Fintech Global Secara Virtual Selama Dua Hari

Intenselynews.com – Asosiasi Internet dan Ponsel India (Internet and Mobile Association of India/IAMAI), dan organisasi sejenisnya, Dewan Pembayaran India, (Payments Council of India/PCI) dan...

Kisah Baru Mak Iwa Ini Menggugah Senyum Anda Sejenak!

Intenselynews.com – Wah, tidak terasa bulan Juni telah berlalu. Selamat datang Juli! Di awal bulan ini sudah punya rencana apa saja? Apapun rencananya, semoga...

Platform Digital Berbasis Blockchain Dirilis VeChain di Rumah Sakit Cyprus

Intenselynews.com – Wabah COVID-19 masih menjadi musibah yang mengguncang dunia hingga saat ini. Sehubungan dengan hal itu, berbagai upaya dilakukan banyak pihak untuk menekan...
Translate »