25.2 C
Jakarta

Beberapa Jenis Blockchain Ini Penting untuk Diketahui!

Intenselynews.com – Sebelum membahas apa saja jenis-jenis Blockchain, kita perlu mengenal terlebih dulu apa itu teknologi Blockchain. Dalam artikel ini kita akan menemukan beberapa jenis Blockchain dan manfaatnya masing-masing yang mungkin belum Anda ketahui. Yuk, simak lebih lanjut!

Mengenal Apa Itu Blockchain

Blockchain populer dikenal sebagai teknologi yang menjalankan pergerakan transaksi cryptocurrency seperti Bitcoin. Blockchain merupakan buku besar teknologi terdistribusi yang dapat memroses transaksi secara online dengan jaringan peer-to-peer, dan bersifat terdesentralisasi, immutable, dan transparan (terbuka). Sifat immutable Blockchain memungkinkan data tidak dapat diubah/diedit dan hanya dapat ditambahkan.

Istilah “buku besar terdistribusi” mengacu pada karakteristik buku besar Blockchain, yang merupakan tempat transaksi dicatat yang dibagi oleh sejumlah jaringan nodes (komputer) yang berpartisipasi di dalam Blockchain. Dengan demikian, Blockchain tidak dimiliki atau dikendalikan sepenuhnya oleh satu entitas yang disebut dengan desentralisasi (tidak terpusat), kebalikan dari sentralisasi (terpusat).

Sistem teknologi Blockchain menghilangkan kebutuhan akan pihak ketiga/perantara dalam bertransaksi. Setiap kali transaksi terjadi, hanya melibatkan antara dua pihak (tanpa perantara/pihak ketiga), yang secara otomatis membuat transaksi terjadi lebih efisien dan berbiaya lebih rendah. Transaksi disetujui oleh para peserta di Blockchain ketika dimasukkan ke dalam buku besar. Kriptografi di balik Blockchain memungkinkan transaksi diverifikasi secara tepat dan akurat .

Untuk melakukan konfirmasi transaksi, setiap node (komputer) dalam jaringan tidak hanya membantu memverifikasi pergerakan transaksi, tetapi semua node juga menjaga keamanan jaringan.

Sudahkah Anda Membaca:

Beberapa Jenis Blockchain

Terdapat tiga jenis Blockchain, yakni Publick (Publik) Blockchain, Private (Pribadi) Blockchain, dan Hybrid Blockchain .

Publick Blockchain adalah teknologi Blockchain open source yang mengizinkan siapa saja buat berpartisipasi sebagai pengguna, penambang, pengembang, atau anggota komunitas. Semua transaksi yang terjadi pada Blockchain publik sepenuhnya transparan, artinya siapa pun dapat memeriksa rincian transaksi. Contoh dari publick blockchain adalah Bitcoin dan Ethereum.

Private Blockchain memiliki sejumlah perbedaan penting dari Publick Blockchain. Di mana peserta membutuhkan persetujuan untuk bergabung dengan jaringan. Transaksi bersifat pribadi dan hanya tersedia untuk peserta ekosistem yang telah diberikan izin untuk bergabung dengan jaringan. Private Blockchain biasanya digunakan untuk perusahaan yang ingin berkolaborasi dan berbagi data, tetapi tidak ingin data bisnis sensitif mereka terlihat di Publick Blockchain publik. Contoh dari Private Blockchain adalah Hyperledger.

Hybrid Blockchain dapat dikatakan Blockchain yang menggabungkan manfaat dari Private Blockchain yang diizinkan dan manfaat keamanan dan transparansi dari Blockchain Publik. Blockchain ini memberikan bisnis fleksibilitas yang signifikan untuk memilih data apa yang mereka ingin bagi untuk publik dan transparan, dan data apa saja yang ingin mereka jaga kerahasiaannya. Sehingga memudahkan bisnis untuk beroperasi dengan transparansi yang dibutuhkan, sekaligus menjaga keamanan dan privasi.

Sudahkah Anda Membaca:

Image by Lee Ashby from Pixabay

-Sintha Rosse-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Fintech Bantu Pemerintah dan Bank Tingkatkan Layanan Publik Covid-19

Intenselynews.com – Perusahaan teknologi keuangan (fintech) bekerja sama dengan bank dan perusahaan lain untuk menyediakan layanan publik, termasuk dengan membantu mencairkan paket bantuan COVID-19...

Mengenal Airdrop Lebih Jauh dalam Dunia Kripto Aset

Intenselynews.com – Bagi Anda yang gemar berburu token atau kripto aset gratis, Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah airdrop. Airdrop merupakan salah satu...

Crypto Dash Berkembang Menjadi Cryptocurrency Cloud Terdesentralisasi

Intenselynews.com – Dunia cryptocurrency menunjukkan pertumbuhannya dari waktu ke waktu. Tidak hanya semakin banyaknya crypto asset baru yang muncul, pergerakan industri crypto juga ditandai...

Apa yang Terjadi ketika Komputer dapat Memprediksi Pikiran Anda?

Intenselynews.com – Para peneliti di Universitas Helsinki telah mengembangkan teknik. Teknik itu menunjukkan komputer memodelkan persepsi visual dengan memantau sinyal otak manusia.  Komputer seolah-olah...

Mengenal 3 Jenis Kategori Sekuritas dalam Investasi

Intenselynews.com – Selama ini Anda mungkin hanya mendengar istilah sekuritas saja. Padahal sekuritas ini banyak jenisnya. Apakah Anda sudah mengenal 3 jenis kategori sekuritas...
Translate »