More
    Beranda Investasi Cerdas Finansial Jenis-jenis Financial Market dan Pengertiannya yang Harus Anda Ketahui

    Jenis-jenis Financial Market dan Pengertiannya yang Harus Anda Ketahui

    Intenselynews.com – Dalam dunia investasi, ada satu istilah yang mungkin sudah tidak asing bagi Anda. Istilah tersebut adalah financial market atau pasar keuangan. Apa sebenarnya financial market ini dan apa saja jenis-jenis financial market?

    Jenis-jenis Financial Market 

    Seperti namanya, financial market merupakan salah satu jenis pasar yang menjadi tempat jual beli aset seperti obligasi, saham, valuta asing, dan turunannya. Seringkali, orang memiliki sebutan yang berbeda untuk financial market termasuk “Wall Street” dan “pasar modal,” tetapi semuanya tetap memiliki arti yang satu dan sama. Sederhananya, para pelaku bisnis dan investor dapat pergi ke pasar keuangan untuk mengumpulkan uang untuk mengembangkan bisnis mereka dan menghasilkan lebih banyak uang.

    Ada begitu banyak pasar keuangan, dan setiap negara memiliki setidaknya satu pasar, meskipun ukurannya berbeda-beda. Beberapa financial market memiliki nilai pedagangan yang kecil sementara beberapa lainnya dikenal secara internasional, seperti Bursa Efek New York (NYSE) yang memperdagangkan triliunan dolar setiap hari. Berikut beberapa jenis pasar keuangan yang harus Anda ketahui!

    1. Pasar Saham

    Pasar saham memperdagangkan saham kepemilikan perusahaan publik. Setiap saham memiliki harga, dan investor menghasilkan uang dengan saham tersebut ketika mereka berkinerja baik di pasar. Membeli dan memiliki saham adalah hal yang mudah. Tantangan sebenarnya adalah memilih saham yang tepat yang akan menghasilkan uang bagi investor. Ada berbagai indeks yang dapat digunakan investor untuk memantau kinerja pasar saham, seperti Dow Jones Industrial Average (DJIA) dan S&P 500. Di Indonesia sendiri, indeks yang digunakan di pasar saham adalah Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG.

    2. Pasar Obligasi

    Pasar obligasi menawarkan peluang bagi perusahaan dan pemerintah untuk mendapatkan uang guna mendanai proyek atau investasi. Di pasar obligasi, investor membeli obligasi dari perusahaan, dan perusahaan mengembalikan jumlah obligasi dalam jangka waktu yang disepakati, ditambah bunga.

    3. Pasar Komoditas

    Pasar komoditas adalah tempat pedagang dan investor membeli dan menjual sumber daya alam atau komoditas seperti jagung, minyak, daging, dan emas. Pasar khusus diciptakan untuk sumber daya tersebut karena harganya tidak dapat diprediksi. Ada pasar komoditas berjangka di mana harga barang yang akan dikirim pada waktu tertentu sudah diidentifikasi dan disegel hari ini.

    4. Pasar Derivatif

    Pasar derivatif adalah pasar yang melibatkan derivatif atau kontrak yang nilainya didasarkan pada nilai pasar dari aset yang diperdagangkan. Futures yang disebutkan di atas (di pasar komoditas) adalah contoh dari derivatif.

    Itulah jenis-jenis financial market yang harus Anda ketahui beserta jenis-jenisnya. Mana jenis pasar keuangan yang paling familiar bagi Anda?

    Baca Juga:

    Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

    -Dita Safitri-

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Boleh Dibaca

    Bagaimana Menginvestasikan Uang Anda dengan Bijak?

    Intenselynews.com – Sebagai pemula, berinvestasi pada mulanya mungkin tampak menakutkan. Terutama ketika Anda membayangkan risiko kerugian. Namun, jika Anda memulainya dengan melalukan penelitian terlebih...

    Cara Memilih Bisnis Franchise yang Tepat untuk Anda!

    Intenselynews.com – Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, memilih jenis usaha yang akan dijalankan kadang menjadi sesuatu yang membingungkan. Belum lagi harus memikirkan produk,...

    Kenaikan Bitcoin, Investor Ethereum dan Ripple Ikut ‘Kecipratan’ Rezeki

    Intenselynews.com – Hampir semua investor aset kripto pasti tahu bahwa kenaikan harga Bitcoin dan meningkatnya popularitas aset kripto nomor satu dunia ini pasti akan...

    Wabah Virus Corona dan Pengaruhnya di Ruang Kripto Terkini

    Intenselynews.com – Wabah virus Corona (Covid-19) masih menjadi perhatian utama dunia saat ini. Mulai mewabah sekitar 17 November 2019 lalu di Wuhan, tidak sampai...

    Momentum Terbaik untuk Membeli Emas, Kapan Saja?

    Intenselynews.com – Sebagai salah satu jenis investasi tertua yang pernah ada, harga emas terus mengalami fluktuasi sepanjang tahun. Di tengah pandemi dan kondisi ekonomi...
    Translate »