joker picture
Top Advertisement

Intenselynews.com – Banyak orang mengenal Joker sebagai seorang penjahat yang keji dengan gaya nyentriknya. Tokoh dari DC Comics ini memang merupakan musuh Batman yang paling kejam. Selama ini hanya jadi tokoh sampingan, Joker akhirnya dibuatkan kisah sendiri dalam sebuah film bergenre drama thriller dengan tajuk Joker.

Sebelumnya, Joker sudah pernah tampil di beberapa film. Sebut saja The Dark Knight (diperankan oleh mendiang Hedge Ledger) atau Suicide Squad (diperankan oleh Jared Leto). Di antara banyak kisah yang pernah diangkat, cerita terbarunya ini tampaknya yang paling membekas di benak penonton.

Baca juga: Games dengan Storyline Terbaik yang Bisa Jadi Inspirasi Menulis Novel

Bercerita tentang Masa Lalu sang Antihero

Semua orang punya latar belakang masing-masing. Tidak terkecuali Arthur (Joker). Dalam film besutan sutradara Todd Phillips (sebelumnya pernah menggarap trilogi komedi The Hangover), kisahnya dimulai saat Arthur Fleck yang bekerja sebagai badut dilecehkan oleh anak-anak yang iseng. Dia dipukuli hingga membuatnya nyaris dipecat.

Setelah itu, perjalanan emosional Arthur pun dimulai. Di saat dia harus berjuang merawat sang ibu, Arthur harus bisa berpura-pura bahagia. Dia selalu tertawa yang kemudian penonton akhirnya tahu bahwa tawa itu bukanlah karena dia bahagia. Tapi karena penyakit kejiwaan yang dialaminya.

Masalah lalu datang bertubi-tubi. Arthur dijebak oleh temannya sendiri hingga dipecat dari pekerjaannya. Ibu yang selama ini sangat dicintainya ternyata menyimpan sebuah kebohongan yang membuat luka hati Arthur semakin menganga. Di saat yang sama, pengobatan kejiwaan yang dialaminya harus berhenti karena pemerintah memutuskan subsidi.

Arthur berjuang, di antara rasa bencinya pada kehidupan dengan sakit yang dideritanya.

Baca juga: Menilik Gaya Hidup Orang Sukses Memulai Pagi Hari!

Membuat Banyak Orang Memahami Joker

Performa Joaquin Phoenix memang menjadi kunci penting dalam film ini. Kritikus dan penonton menilai bahwa aktor kelahiran 1974 itu adalah pemeran Joker terbaik dari film-film lain yang menampilkan sang antihero. Lewat aktingnya juga, penonton bisa merasakan bagaimana perang batin yang dialami oleh Arthur hingga kejahatan-kejahatan yang kemudian dilakukannya.

Tindakan kriminal Arthur Fleck sebagai Joker memang tidak bisa dimaafkan. Tapi film yang berhasil masuk jajaran box office ini memang berhasil memberikan pandangan baru pada penontonnya. Bukan hanya pandangan terhadap tokoh utama, tapi juga pandangan pada kehidupan sosial: betapa masyarakat dan sistem bisa menghancurkan jiwa seseorang. 

Sebelum turun layar, sudahkah Anda nonton film Joker? 

-Dita Safitri-

Image by Gerd Altmann from Pixabay

3 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here