28.4 C
Jakarta

Kamera Paling Ikonik dalam Sejarah Perfilman Dunia

Intenselynews.com – Kamera merupakan alat yang paling penting dalam perkembangan industri perfilman dunia. Gambar yang dihasilkan oleh para filmmaker dari tahun ke tahun terus mengalami perubahan. Tidak hanya karena kelihaian pengambilan gambar saja tapi juga teknologi alat itu yang semakin canggih. Lantas, apakah kamera paling ikonik dalam Sejarah Perfilman Dunia?

Ada setidaknya 7 macam kamera yang dianggap paling ikonik dalam sejarah industri film dunia. Bagaimana perkembangan dan jenisnya? Mari simak bersama!

Kamera Paling Ikonik dalam Sejarah Perfilman Dunia

1. Bell & Howell 2709 Standar 35MM

Pada awal abad ke-20, salah satu kesalahan terbesar dalam teknologi kamera adalah kurangnya standarisasi. Produsen belum membuat ukuran film universal yang dapat diputar ulang di teater mana pun, tetapi Bell & Howell mengubahnya ketika mereka memutuskan untuk hanya memproduksi berbagai kamera dan teknologi proyeksi sesuai dengan format lebar film 35mm. Dengan menstandarkan peralatan mereka yang sudah populer, mereka menstandarkan seluruh industri film.

2. Bolex H16

Meskipun Bolex H16 tidak cukup memberikan tingkat kualitas gambar yang sebanding dengan kamera lain yang masuk di daftar ini, namun Bolex H16 sangat penting dalam sejarah film. Bolex memilih untuk mengambil langkah maju dalam industri konsumen dengan memberi lebih banyak orang kesempatan untuk bereksperimen dengan medium.

Baca: Samsung Tingkatkan Investasi AI dan 5G : Landasan Inovasi

3. Sistem Super Panavision 70 / Ultra Panavision 70

Super Panavision 70 adalah salah satu nama yang paling dikenal dalam daftar ini, setelah memberikan beberapa pengalaman sinematik yang pasti dalam sejarah film. Salah satu sistem 70mm klasik, sistem kamera berbasis lensa bulat ini membawakan Anda karya klasik seperti West Side Story, Lawrence of Arabia, dan 2001: A Space Odyssey.

4. Sony HDW-F900

Format digital standar industri saat ini tidak setua kelihatannya; pada pergantian abad, Sony HDW-F900 mengantar era digital dengan all-digital production lewat film berjudul Once Upon a Time in Mexico.

5. Red One

Jika Sony HDW-F900 menyoroti kelemahan pembuatan film digital, RED ONE menyoroti kelebihannya. Pemilik Oakley Jim Jannard mendirikan RED Cinema pada tahun 2005, dan menyelesaikan kamera pertama perusahaan, RED ONE, pada tahun 2007.

RED ONE dirancang untuk merevolusi sinema digital, dan menjadi kamera berkemampuan 4K pertama. Kamera ini juga menawarkan frame rate yang tinggi dan kinerja cahaya rendah yang mengesankan, RED ONE membuat platform digital ini terlihat layak untuk pertama kalinya. Sejak itu, RED oNE telah unggul dengan banyak model baru yang terus-menerus menjadi jawaban bagi para pembuat film dengan anggaran terbatas.

6. Imax

Imax pertama kali diluncurkan untuk para audiens pada awal 1970-an, dengan pertunjukan Tiger Child di Osaka, Jepang, dan kemudian, instalasi permanen pertama di Toronto, Kanada. Menghasilkan ukuran film yang tidak terduga tiga kali lebih besar dari standar 70mm, IMAX kira-kira setara dengan digital dari gambar 12K. Sayangnya, ukuran stok film membatasi waktu tayang fitur IMAX, dan karena itu sebagian besar digunakan untuk menampilkan film dokumenter di museum dan sejenisnya.

7. Arri Alexa

ARRI ALEXA telah senjata pamungkas dalam industri film. Ketika ARRI, nama yang mapan dan pelopor film Hollywood, membuat transisi ke sinematografi digital, ini bisa dibilang menandai awal sejati era digital. Hingga 2010, film digital menjadi semakin lazim, tetapi masih tidak mendominasi semua aspek industri. Sony dan RED sama-sama unggul dalam sinema digital, tetapi ALEXA segera mengalahkan mereka berdua untuk menjadi platform paling umum untuk pemotretan digital.

Baca :

Kecerdasan Buatan, Bisakah “Berpikir” Seperti Manusia?

Peluang Usaha Menjanjikan Lewat Internet Menjelang Tahun 2020

Image by Gerd Altmann from Pixabay

 

 

 

-Dita Safitri-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Kompetisi Trading Aset Kripto Diluncurkan bitFlyer dan Quazard

Intenselynews.com – Luxembourg – bitFlyer, perusahaan cryptocurrency exchange dikabarkan bermitra dengan Quazard, pengembang game crypto-trading. Kemitraan itu untuk membawa kompetisi trading aset kripto terverifikasi...

Pengusaha Properti Paling Sukses dan Terkaya di Dunia

Intenselynews.com – Bukan rahasia lagi jika properti adalah salah satu industri yang paling menjanjikan di dunia. Pertumbuhannya juga meningkat pesat sepanjang tahun. Tak heran...

Buka Usaha E-Commerce Baru? Beberapa Hal Ini Penting Diketahui!

Intenselynews.com – Sebagai pemula di dunia bisnis e-commerce, berbagai kisah sukses para pengusaha yang lebih dulu terjun ke industri tersebut mungkin membuat Anda berpikir...

Amazon Patenkan Sistem Blockchain untuk Pelacakan Rantai Pasokan

Intenselynews.com – Tertanggal 26 Mei lalu perusahaan e-commerce terkemuka dunia, Amazon, mengajukan paten untuk sistem Blockchain pelacakan barang mereka di rantai pasokan. Amazon patenkan...

Pemerintah Venezuela Tuntut Inggris atas Emas Mereka

Intenselynews.com – Seperti yang kita ketahui, pemerintah Venezuela mengalami krisis ekonomi berkepanjangan selama beberapa tahun ke belakang. Negara tersebut mengalami penurunan nilai mata uang...
Translate »