More
    Beranda Kegiatan Kegiatan Pengembangan Diri untuk Meraih Resolusi Anda di Tahun 2021

    Kegiatan Pengembangan Diri untuk Meraih Resolusi Anda di Tahun 2021

    Intenselynews.com – Tahun baru telah terlewati tiga hari yang lalu. Namun, semangat keseruannya menghadapi pergantian tahun masih terasa hingga kini. Banyak orang biasanya menetapkan berbagai resolusi dan catatan perbaikan diri dengan harapan tahun ini akan berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya. Oleh karenanya beberapa kegiatan pengembangan diri juga penting kita terapkan guna mendukung pencapaian resolusi tersebut.

    Nah, berikut ini beberapa tips kegiatan pengembangan diri yang bisa kita jalani selama proses pencapaian resolusi agar pikiran selalu positif, badan tetap bugar, dan kreativitas selalu terasah. Yuk, simak uraiannya berikut ini!

    Kegiatan Pengembangan Diri Menyambut Tahun 2021

    1. Olah Raga Harian

    Jika tahun sebelumnya mungkin Anda tidak punya banyak waktu untuk berolahraga, tahun ini saatnya menambah olah raga sebagai aktivitas harian. Olah raga ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda selama 30 menit di alam terbuka, dapat membantu merangsang kesehatan pikiran. Jika Anda ingin melakukannya sebelum bekerja, usahakan untuk tidur lebih awal di malam hari, dan bangun lebih awal di pagi hari. Tidur lebih awal akan membuat mata Anda lebih segar dan otak lebih jernih menerima berbagai peluang.

    2. Membuat Daftar Aktivitas Harian

    Aktivitas harian yang padat kadang kala membuat kita bingung untuk memulai pekerjaan yang mana terlebih dulu harus terselesaikan hingga memicu stress. Untuk itu, membuat daftar aktivitas harian dapat membantu kita memilah antara pekerjaan yang bersifat prioritas dan pekerjaan yang bisa kita lakukan saat waktu senggang. Selain itu daftar aktivitas yang kita buat juga akan menghindari terjadinya lupa, dan menjauhkan Anda dari hilangnya kesempatan.

    3. Luangkan Waktu Membaca Buku

    Pengetahuan dan wawasan yang mapan dapat mendorong kemajuan hidup kita. Masukkan membaca buku pilihan, misalnya buku tentang pengembangan diri, cara berbisnis, manajemen keuangan, dll, ke dalam keranjang pikiran Anda. Dan jadikan kebiasaan membaca buku setidaknya 30 menit sebagai rutinitas harian yang akan menambah ilmu dan semangat Anda dalam mencapai resolusi.

    Baca juga: 

    4. Belajar Mengatur Keuangan

    Ketika Anda mendapatkan penghasilan bulanan atau pemasukan Anda bertambah, jangan terburu-buru membelanjakannya. Tutup sekejap mata Anda, tarik napas dalam-dalam, lalu sediakan waktu untuk duduk di tempat yang memberi Anda ketenangan buat membuat perencanaan keuangan yang matang. Sebelum menghabiskan pundi-pundi kekayaan buat membeli barang yang sebetulnya tidak Anda butuhkan, sisihkan terlebih dulu untuk titik-titik penting kebutuhan premier dan rencana masa depan Anda. Pertama, hitung pengeluaran utama bulanan (seperti makan & minum, transportasi, biaya listrik, dll). Kedua, sisikan pendapatan Anda untuk investasi secara berkala, misalnya bulanan. Di era serba digital ini, kemudahan berinvestasi secara online dapat Anda pertimbangkan, seperti menabung saham dan emas yang dapat Anda cicil pembeliannya. Ketiga, usahakan untuk tetap memiliki dana tunai sebagai tabungan bulanan, yang sewaktu-waktu bisa Anda gunakan ketika dalam keadaan darurat, seperti sakit. Mengatur keuangan Anda agar tidak besar pasak daripada tiang cukup penting untuk menghindari Anda dari masalah finansial di masa depan.

    5. Membina Hubungan Baik 

    Sebagai makhluk sosial, membina hubungan baik akan menambah kebijaksanaan kita dalam menjalani kehidupan. Baik itu hubungan dengan keluarga, teman, atasan, rekan kerja, karyawan, dll. Seorang bijak mengatakan bahwa, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, mungkin saja salah satu di antara orang yang kita jaga hubungan baiknya akan menjadi penolong sewaktu Anda kesulitan atau dapat membantu merealisasikan resolusi Anda lebih baik.

    6. Menjaga Pola Makan

    Untuk tetap dapat beraktivitas, kesehatan adalah hal paling penting. Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan menjaga pola makan sehat. Makan sehat tidak perlu mahal, Anda bisa mengolahnya di rumah dengan kreativitas Anda, dengan memilih berbagai bahan makanan yang memiliki kandungan nutrisi baik untuk tubuh. Selain itu, waktu makan yang teratur (sarapan, makan siang & malam), juga dapat menjaga kesehatan pencernaan Anda.

    7. Bersyukur

    Apa pun resolusinya, tetaplah bersyukur atas setiap kebaikan dalam hidup Anda. Baik itu kebahagiaan kecil maupun besar. Hargai apa pun yang Anda raih. Dan bersabar jika mendapat kendala, serta mencari jalan keluarnya dengan pikiran jernih.

    Baca juga:

    Itulah beberapa tips kegiatan yang dapat kita lakukan untuk melatih pengembangan diri. Selain berusaha, teruslah berkarya, mencoba hal-hal baru dalam hidup Anda, dan jangan lupa berdoa! Apakah Anda punya kegiatan menarik lainnya? Jangan ragu ungkapkan pemikiran Anda di kolom komentar.

    Image by Gerd Altmann from Pixabay

    -Sintha Rosse –

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Boleh Dibaca

    Translate »