Kenali Jenis Picture
Top Advertisement

Intenselynews.com – Jenis kulit wajah dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yakni jenis kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit sensitif. Sebagian orang juga memiliki jenis kulit kombinasi di area yang berbeda. Apakah anda sudah kenali jenis kulit wajah? Mari kenali jenis kulit wajah dan cara merawatnya.

Jenis kulit wajah bergantung kepada beberapa faktor, yakni kandungan air pada kulit yang akan memengaruhi keelastisitas kulit, kandungan minyak yang memengaruhi kelembutan dan nutrisi kulit, serta tingkat kepekaan kulit terhadap zat tertentu. Meskipun terdengar sepele, mengenali jenis kulit sangatlah penting. Karena hal ini dapat menjadi pertimbangan dalam memilih produk skin care serta menentukan perawatan kulit yang tepat. Oleh karena itu untuk memahami dan meyakinkan kembali jenis kulit Anda serta bagaimana cara merawatnya, yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga : 5 Pelembab Wajah Terbaik untuk Setiap Jenis Kulit

1. Kulit Normal

Cara kenali jenis kulit wajah normal adalah warna kulit yang cenderung merata, tidak memiliki komedo, memiliki tekstur lembut dan halus, pori-pori pada wajah tidak terlihat besar, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Beruntung bagi Anda yang miliki jenis kulit wajah normal, karena jenis kulit ini cenderung memiliki keseimbangan sebum dan hidrasi yang seimbang sehingga kulit tidak mudah kering atau terlalu berminyak.

Perawatan kulit kering cenderung cukup mudah, yang harus dilakukan pada jenis kulit wajah normal yaitu :

  • Membersihkan wajah secara teratur
  • Berikan pelembap yang sesuai jenis kulit wajah normal
  • Menggunakan tabir surya pada saat keluar ruangan
  • Memilih moisturizerberbahan dasar air yang terasa ringan dan tidak lengket

2. Kulit Kering

Cara kenali jenis kulit wajah kering yaitu kulit Anda akan merasa tidak nyaman setelah dibersihkan. Hal ini diakibatkan karena adanya retakan pada permukaan kulit, karena sejumlah sebum pada kulit kering lebih sedikit, sehingga pertahanan kulit juga lebih sedikit itu lah yan menyebabkan kulit menjadi kering

Pada saat setelah mandi kulit akan terasa kencang, pecah-pecah, dan bersisik. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada solusi cara perawatan untuk kulit wajah kering yaitu

  • Rutin menggunakan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan pelembap intensif
  • pakailah sabun pembersih wajah dengan bahan yang melembapkan, seperti emolien atau colloidal oatmeal
  • hindari mandi dan mencuci muka dengan air hangat terlalu lama
  • Sebaiknya hindari penggunaan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan detergen dan alkohol karena akan membuat kulit kering teriritasi dan jaringan epidermis kulit Anda rusak
  • Hindari melakukan scrub atau gerakan menggosok saat mandi.
  • Usahakan agar suhu dalam ruangan tidak terlalu panas.
  • Menggunakan produk berbahan dasar petroleum

3. Kulit Berminyak

Cara kenali jenis kulit berminyak yaitu terlihatnya minyak berlebih pada wajah sehingga wajah berkilau, biasanya karena produksi sebum dari kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) yang berlebih. Sebum merupakan zat minyak yang berasal dari lemak. Sedangkan kelenjar sebaceous adalah kelenjar yang terdapat di bawah permukaan kulit. Kendati sebum berfungsi membantu melindungi dan melembapkan kulit, namun kelebihan sebum akan menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak, pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat.

Adapun faktor yang memengaruhi tingginya produksi sebum pada kulit seseorang adalah faktor genetik, perubahan hormon, atau pun stres. Jenis kulit wajah berminyak cenderung memiliki pori-pori yang besar, terlihat berkilau namun kusam, dan biasanya disertai komedo, jerawat, serta noda hitam.

Cara perawatan jenis kulit wajah berminyak yaitu :

  • rajin mencuci muka setiap hari, cobalah produk yang mengandung asam, seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta-hidroksi.
  • menggunakan masker madu, telur + lemon, lidah buaya, tomat dll.
  • Hindari makanan yang tidak sehat seperti makanan yang digoreng, makanan tinggi gula, dan makanan olahan.
  • Kurangi penggunaan makeup berlebih.
  • Gunakan produk tabir surya serta pelembap yang bebas minyak.

Baca Juga : Perawatan Kulit dengan Teknologi Masa Kini di Era Digital

4. Kulit Sensitif

Cara kenali jenis kulit wajah sensitif ditandai dengan bagaimana ia bereaksi terhadap paparan sinar UV. Memiliki kepekaan yang rendah terhadap beberapa hal. Jenis kulit ini mudah sekali mengalami alergi atau iritasi, serta ruam sebagai reaksi terhadap faktor tertentu, seperti lingkungan, tanaman, makanan, dan bahkan produk kosmetik. Kulit wajah sensitif akan mudah mengalami kemerahan, gatal, kering, pengelupasan, serta terbakar ketika terjadi kontak dengan pemicunya.

Cara merawat kulit sensitif yaitu :

  • Hindari produk yang mengandung Oxychloride Bismuth, Sodium Lauryl Sulphate, benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat dan retinoid.
  • Menambahkan penggunaan produk perawatan kulit yang memiliki tekstur lembut.
  • Menggunakan tabir surya dengan tingkat perlindungan sinar UVB (SPF 50+) dan UVA (PA++++).
  • Menggunakan produk dengan kandungan bahan alami seperti lidah buaya, kamomil, atau teh hijau dapat menjadi pilihan aman.

5. Kulit Kombinasi

Cara kenali jenis kulit wajah kombinasi biasanya berminyak di bagian T-zone namun kering di area pipi. berbagai produk perawatan kulit wajah dibutuhkan untuk merawat kulit jenis ini. Perlakuan terhadap bagian wajah pun agak sedikit berbeda.

Dan ini lah cara merawat kulit kombinasi yaitu :

  • Rajin mencuci wajah Anda setiap hari dan menggunakan pelembap setelahnya, gunakan pembersih ringan dan pelembap mungkin diperlukan di pipi, sementara produk anti-jerawat dengan benzoyl peroxide mungkin diperlukan di zona-T.
  • Disarankan untuk menambahkan minyak dan membuatnya kering di saat yang bersamaan, Misalnya Anda dapat menggunakan minyak jojoba yang akan membuat area berminyak lebih kering dan area kering lebih lembap.
  • Menggunakan produk yang mengandung ceramide untuk melembapkan area wajah yang kering.
  • Tetap gunakan tabir surya untuk perlindungan dari radiasi ultraviolet, dan hindari paparan sinar matahari langsung
  • Hindari merokok dan jaga asupan cairan anda setiap hari.
  • Hindari pula tidur dengan wajah masih memakai make-up.

Baca Juga : Perawatan Wajah Secara Alami Agar Kulit Tetap Sehat

Itulah beberapa tips cara merawat jenis kulit wajah. Apakah Anda punya pengalaman cara perawatan jenis kulit wajah lainnya? Jangan ragu bagikan pengalaman Anda itu di kolom komentar!

Image by Diamantino Santos from Pixabay

– Siti Wulandari –

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here