28.4 C
Jakarta

Keuntungan Bergabung dengan Komunitas, Apa Saja?

Intenselynews.com – Berdasarkan definisi, komunitas merupakan kumpulan dari beberapa organism atau individu yang memiliki ketertarikan dan lingkungan yang sama. Saat ini, komunitas manusia terus berkembang dengan berbagai maksud, kebutuhan dan kondisi lainnya. Dari maksud dan tujuan itu, apa sajakah keuntungan bergabung dengan komunitas?

Kalau melihat ke sekeliling, Anda pasti akan dengan mudah menemukan komunitas-komunitas tertentu. Sebut saja komunitas pencinta film, komunitas sepeda motor, komunitas mobil dan lain sebagainya. Para anggotanya biasanya akan rela saling berbagi dan membantu. Keuntungan yang bisa didapatkan pun beragam, simak uraiannya berikut ini:

Keuntungan Bergabung dengan Komunitas:

1. Mendapatkan Kesempatan Belajar

Dalam setiap komunitas, pasti ada anggota atau pengurus yang memiliki pengalaman dan pengetahuan lebih. Dari sinilah para anggota komunitas yang masih baru bisa mendapatkan ilmu baru dari mereka yang lebih senior.

2. Membangun Jaringan

Anda mungkin awalnya hanya bertemu dengan anggota komunitas untuk membahas hal-hal yang berhubungan dengan objek di dalamnya. Namun tidak sedikit orang-orang yang berhasil memperluas koneksinya di luar hal tersebut menjadi hubungan bisnis bahkan hubungan keluarga.

3. Berbagi Pengalaman

Komunitas adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk berbagi dan menimba pengalaman dari sesama anggota. Dengan begitu, Anda akan semakin kaya. Jangan sia-siakan keanggotaan komunitas Anda hanya untuk menjadi peserta pasif. Koreklah ilmu sebanyak-banyaknya karena Anda tidak tahu bagaimana hal tersebut akan bermanfaat untuk pribadi Anda kelak.

4. Kesempatan Berbisnis dan Memperoleh Pekerjaan

Komunitas biasanya diisi oleh orang-orang yang memiliki beragam latar belakang. Misalnya saja dalam komunitas sepeda motor. Anda bisa bertemu dengan pengusaha, pedagang, penulis hingga banker. Dari beragam latar belakang ini aka nada seribu kesempatan terbuka lebar untuk Anda. Baik sekadar mencari pekerjaan hingga menjalin kerja sama bisnis dengan sesama anggota komunitas.

5. Memecahkan Masalah

Komunitas tidak hanya terbentuk karena para anggotanya berbagi kesukaan atau hobi yang sama. Kadang kelompok bisa terbentuk karena orang-orang di dalamnya memiliki concern yang sama. Misalnya saja komunitas lingkungan hidup. Mereka mencoba mencari cara bagaimana agar lingkungan di sekitar komunitas bisa jadi lebih baik. Bersama-sama, seluruh anggota komunitas akan bekerja sama mencari solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada. 

Pemecahan masalah tentu tidak terbatas pada tujuan komunitas itu saja. Sesama anggota pun bisa saling membantu dalam memecahkan masalah pribadi masing-masing.

Baca juga: 

Punya komunitas pribadi yang ingin Anda perkenalkan pada publik? Yuk, bagi-bagi di kolom komentar!

Image by Reimund Bertrams from Pixabay

-Dita Safitri-

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Kompetisi Trading Aset Kripto Diluncurkan bitFlyer dan Quazard

Intenselynews.com – Luxembourg – bitFlyer, perusahaan cryptocurrency exchange dikabarkan bermitra dengan Quazard, pengembang game crypto-trading. Kemitraan itu untuk membawa kompetisi trading aset kripto terverifikasi...

Pengusaha Properti Paling Sukses dan Terkaya di Dunia

Intenselynews.com – Bukan rahasia lagi jika properti adalah salah satu industri yang paling menjanjikan di dunia. Pertumbuhannya juga meningkat pesat sepanjang tahun. Tak heran...

Buka Usaha E-Commerce Baru? Beberapa Hal Ini Penting Diketahui!

Intenselynews.com – Sebagai pemula di dunia bisnis e-commerce, berbagai kisah sukses para pengusaha yang lebih dulu terjun ke industri tersebut mungkin membuat Anda berpikir...

Amazon Patenkan Sistem Blockchain untuk Pelacakan Rantai Pasokan

Intenselynews.com – Tertanggal 26 Mei lalu perusahaan e-commerce terkemuka dunia, Amazon, mengajukan paten untuk sistem Blockchain pelacakan barang mereka di rantai pasokan. Amazon patenkan...

Pemerintah Venezuela Tuntut Inggris atas Emas Mereka

Intenselynews.com – Seperti yang kita ketahui, pemerintah Venezuela mengalami krisis ekonomi berkepanjangan selama beberapa tahun ke belakang. Negara tersebut mengalami penurunan nilai mata uang...
Translate »