Semangat Baca picture
Top Advertisement

SinthaRosse.com – Sampai saat ini, semangat baca di tanah air memang masih cenderung rendah. Apalagi dengan adanya teknologi yang semakin canggih. Anak-anak muda lebih memilih main HP ketimbang mencari buku untuk dibaca.

Meski begitu, bukan berarti kita tidak punya orang-orang yang terus bergiat menularkan semangat baca di tanah air. Beberapa komunitas literasi berikut ini adalah contohnya!

1. 1001 Buku

Komunitas ini merupakan sebuah organisai nirlaba yang berisi para relawan dan pengelola taman bacaan anak. Didirikan di Jakarta pada bulan Mei tahun 2002, 1001 Buku bergerak dari rasa keprihatinan terhadap kurangnya akses terhadap bacaan bagi anak-anak di seluruh Indonesia. 1001 Buku bekerja mengumpulkan buku-buku dari para donator, mendiristribusikan hingga membuat taman-taman bacaan anak. Luar biasa sekali, ya?

Baca

2. Buku Berkaki

Dengan motto When a book walks, a dream works, komunitas ini terbentuk atas dasar panggilan jiwa untuk membuta akses bacaan bagi anak-anak yang kurang beruntung. Sesuai dengan namanya, komunitas ini berkeliling dari satu tempat ke tempat lain. Memulai langkah dari Jabodetabek, sekarang Buku Berkaki juga sudah berjalan-jalan sampai ke Pontianak, Bandung, Balikpapan dan kota-kota lainnya.

Baca

3. Buku Bagi NTT

Seperti namanya, komunitas sosial ini mengumpulkan buku-buku dan peralatan sekolah di Nusa Tenggara Barat. Dengan impian bisa mewujudkan pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia, Buku Bagi NTT yang berawal di Jakarta ini kini sudah menyebar ke beberapa daerah bahkan hingga ke Hongkong.

4. Indoreadgram

Dipelopori oleh Intan Siagian, Indoreadgram berusaha meningkatkan minat baca, mengurangi buta huruf sekaligus menjadi pemersatu dan penggiat literasi di tanah air. Indoreadgram secara aktif mengajak orang-orang untuk membaca. Dengan menggunakan media sosial, beberapa program yang konsisten dilakukan antara lain adalah kampanye lewat tagar #SeninPUISI, #SelasaNOVEL #RabuKOMIK #KamisCeritaAnak. Langkah ini dilakukan untuk mengajak semua orang berbagi tentang buku yang mereka baca setiap hari.

5. Taman Baca Inovator

Kurangnya minat baca serta aksesibilitas anak-anak Indonesia terhadap bahan bacaan menjadi perhatian tersendiri bagi komunitas ini. TBI diketahui sering melakukan berbagai program untuk menarik minat baca pada anak, salah satunya adalah melakukan kolaborasi dengan komunitas-komunitas lainnya. Hingga saat ini TBI sudah memiliki 3 taman bacaan di kawasan Tangerang dan Bekasi.

Ingin ikut menularkan semangat baca pada orang-orang di sekitar Anda? Yuk gabung dengan komunitas literasi di kotamu!

Baca

picture: pixabay.com

-Dita Safitri-

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here