More
    Beranda Investasi Bisnis Kredit Emas, Bagaimana Karakteristik dan Risikonya?

    Kredit Emas, Bagaimana Karakteristik dan Risikonya?

    Intenselynews.com – Sebagai salah satu alat penyimpan nilai, emas memang masih dipercaya banyak orang sebagai instrumen investasi. Harganya yang cenderung naik dari tahun ke tahun serta cara investasinya yang mudah membuat siapapun bisa menjadi investor emas. Mari kita mengenal apa itu kredit emas dan bagaimana karakteristik hingga resikonya.

    Meski begitu, ada satu masalah yang pasti akan dihadapi oleh semua investor yakni kendala biaya atau modal. Selain ada program tabungan emas yang disediakan beberapa lembaga, salah satu cara menabung emas dengan modal kecil adalah dengan sistem cicil atau kredit.

    Kredit emas sendiri merupakan cara investasi yang dipilih orang yang ingin menabung emas namun memiliki dana terbatas. Sama dengan saat Anda melakukan kredit untuk pembelian mobil atau rumah, kredit emas merupakan solusi yang cukup masuk akal bagi Anda yang mengalami kesulitan keuangan namun tetap ingin berinvestasi.

    Kenapa Kredit Emas?

    Selain kredit, menabung emas juga merupakan cara yang banyak dipilih oleh investor yang memiliki keterbatasan dana. Lantas, apa sebenarnya yang membedakan keduanya.

    Menabung emas artinya Anda bisa membeli emas dengan berapapun uang yang Anda punya. Adapun jumlah emas yang Anda dapat saat membeli, harganya tergantung pada harga emas dunia atau harga pasaran saat itu. Anda bisa beruntung menambah tabungan saat emas sedang turun, namun bisa juga rugi kalau menabung di saat harga emas sedang melonjak.

    Nah, di sinilah kredit emas hadir sebagai solusi untuk ‘menahan’ harga emas agar tetap berada di posisi yang sama ketika Anda akan membelinya. Jadi misalnya saat Anda membeli emas 1 gram dengan harga Rp700 ribu dengan masa cicilan 12 bulan, jumlah yang Anda bayar setiap bulannya akan selalu sama (ditambah dengan bunga dan biaya tambahan lain). Artinya, kalaupun di bulan ketiga cicilan harga emas naik, nilai yang harus Anda tetap akan membayar dengan nilai yang sama ketika Anda membeli emas tersebut.

    Untuk bisa kredit, Anda memerlukan jasa pihak ketiga yang menjadi pemberi dana talangan. Pihak ketiga ini bisa berupa bank, bisa juga lembaga atau platform jual beli emas. Jadi, Anda akan diberi dana oleh pihak ketiga untuk membeli sejumlah emas yang Anda inginkan. Nantinya pihak pemberi dana talangan yang akan mengatur bagaimana Anda mencicilnya, berapa bunga dan margin yang ditetapkan.

    Karakteristik 

    Ada beberapa karakteristik kredit emas yang harus Anda ketahui antara lain:

    1. Emas yang bisa dibeli dengan cara kredit adalah emas batangan produksi PT Aneka Tambang atau Antam. Beberapa platform online juga menyediakan program kredit emas dengan produk emas batangan dari UBS. Anda tinggal memilih yang menurut Anda lebih baik
    2. Saat kredit sudah diajukan, emas akan dibeli oleh pemberi dana talangan dan akan disimpan sampai masa cicilan emas selesai. Sertifikat emas yang disertakan saat pembelian juga biasanya akan ditahan oleh pihak pemberi dana talangan
    3. Saat emas disimpan oleh pemberi dana, emas berperan sebagai objek jaminan dari kredit Anda. Sama seperti jaminan saat Anda mengajukan pinjaman, ketika terjadi gagal bayar maka emas akan menjadi milik penyedia dana talangan. Artinya, mereka berhak melelangnya jika setelah batas waktu yang sudah disepakati Anda belum bisa membayar cicilannya
    4. Maksimal dana yang disediakan oleh pihak penyedia dana talangan biasanya hanya 80% dari total harga emas yang akan dibeli. Jadi, Anda harus menyiapkan dana setidaknya 25% dari total harga
    5. Pihak penyedia dana talangan biasanya akan menentukan margin kepada Anda sesuai dengan jumlah emas yang dibeli. Harga cicilan biasanya termasuk dengan presentase margin sebagai keuntungan bagi penyedia dana talangan
    6. Setiap lembaga berhak menentukan siapa yang bisa mengambil kredit dan syarat-syaratnya mungkin akan berbeda antara satu lembaga dengan lembaga lainnya. Pastikan Anda memilih lembaga yang terpercaya seperti bank atau Pegadaian untuk kredit emas.

    Risiko 

    Sama seperti kredit barang-barang lain, kredit emas juga memiliki risiko yang harus dijadikan pertimbangan antara lain:

    1. Harga Emas Mungkin Akan Turun

    Meski ada kemungkinan harga emas naik, tapi bukan berarti tidak ada risiko turun. Perlu diingat bahwa meskipun nanti harga emas anjlok hingga jadi setengah dari harga pembelian Anda, itu tidak akan memegaruhi nilai cicilan yang harus Anda bayarkan.

    2. Emas Anda Ditahan

    Berbeda dengan saat Anda kredit sepeda motor atau mobil, kredit emas tidak memungkinkan Anda memiliki emas fisik sebelum kreditnya lunas. Karena itu, Anda mungkin akan merasa kurang tenang dan yakin.

    Baca juga:

    Menjadi cara mudah bagi Anda yang memiliki dana terbatas namun ingin punya tabungan emas. Sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit, pastikan Anda memahami setiap aturan yang ditetapkan oleh lembaga pemberi kredit. Pilihlah lembaga terpercaya yang sudah memiliki izin untuk meminimalisir risiko penipuan.

    Image by Linda Hamilton from Pixabay

    -Dita Safitri-

    1 KOMENTAR

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Boleh Dibaca

    Translate »