Manajer Picture
Top Advertisement

Intenselynews.com – Tempat kerja adalah salah satu tempat yang kerap mendatangkan tekanan tersendiri bagi para penghuninya. Stress karena pekerjaan hingga rekan kerja dan atasan adalah hal yang lumrah terjadi. Namun sebagai seorang pemimpin, manajer seharusnya tahu membangun hubungan baik dengan pekerja agar hasil yang diinginkan perusahaan bisa tercapai.

Dilansir dari laman Entrepreneur, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seorang manajer untuk meningkatkan kesehatan mental para karyawannya, dalam hal ini dengan mengurangi tingkat stress mereka. Bagaimana?

1. Menciptakan Suasana Kerja Fleksibel

Seorang pekerja yang loyal merupakan aset berharga bagi perusahaan. Dengan memiliki pegawai yang mampu bekerja dengan baik dalam waktu lama akan menyingkirkan pengeluaran lebih banyak dalam pelatihan karyawan baru. Sayangnya tidak sedikit pekerja yang memilih hengkang karena tidak nyaman dengan pimpinannya.

Sebagai seorang manajer, cobalah ciptakan lingkungan kerja fleksibel yang nyaman. Dengan begitu, mereka akan merasa betah dan mau bekerja dalam waktu lama dengan Anda.

2. Transparan tentang Tujuan yang Ingin Dicapai

Hal lain yang tak kalah penting mengenai hubungan manajer dengan bawahan adalah keterbukaan tentang tujuan yang ingin dicapai. Dengan mengetahui target apa yang ingin dicapai, mereka bisa merasa tenang dan fokus dalam menjalankan tugas demi mencapainya.

Seorang pemimpin baiknya menetapkan 3 sampai 5 tujuan bisnis di awal tahun. Libatkan karyawan dalam proses pengembangan sehingga mereka merasa memiliki sumbangsih ide untuk perusahaan. Dengan mengetahui tujuan, karyawan dapat mengukur sendiri apakah pekerjaan yang mereka lakukan sudah memenuhi target atau belum.

3. Berikan Apresiasi atas Keberhasilan Mereka

Kesuksesan perusahaan tidak akan terjadi tanpa adanya karyawan yang berdedikasi. Sayangnya, banyak pimpinan  perusahaan yang justru melupakan karyawan saat bisnis sedang untung besar. Berikanlah apresiasi atas apa yang mereka capai. Bisa dengan memberikan tambahan bonus atau kenaikan gaji. Dengan apresiasi semacam ini, karyawan akan merasa dihargai dan semakin bersemangat menjalankan tugas di masa depan.

4. Jangan Berikan Banyak Tugas Sekaligus

Salah satu penyebab seorang karyawan merasa tertekan adalah karena mereka diminta mengerjakan tugas-tugas lain di luar pekerjaan mereka. Aktivitas multitasking ini tidak hanya akan membuat stress tapi juga menguras cadangan energi di dalam otak. Akibatnya, apa yang menjadi tugas mereka sebenarnya jadi terabaikan. Berikanlah pekerjaan dan tugas dengan adil sesuai porsi dan jabatan masing-masing karyawan.

Baca juga:

Keberhasilan sebuah bisnis tidak akan lepas dari bagaimana kinerja karyawannya. Namun kinerja karyawan pada akhirnya tetap bergantung pada bagaimana sang manajer memperlakukan mereka. Dengan 4 langkah di atas, mari ciptakan lingkungan kerja yang sehat bagi bisnis dan seluruh komponen yang ada di dalamnya.

Image by StockSnap from Pixabay

-Dita Safitri-

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here