Manfaat Picture
Top Advertisement

Intenselynews.com – Selama beberapa tahun terakhir, popularitas saffron naik pesat. Ada banyak sekali toko-toko online yang menawarkan produk ini dengan harga yang cukup mahal. Sebenarnya, apa itu saffron dan apa saja manfaat mengonsumsi bunga saffron bagi kesehatan?

Saffron merupakan bagian dari bunga yang banyak hidup di daerah Timur Tengah yakni bunga Crocus sativus. Setelah dipetik dan dipisahkan dari tangkainya, saffron kemudian dikeringkan untuk dijual. Helai-helai saffron yang sudah dikeringkan biasanya diseduh dengan air hangat untuk kemudian diminum. Lalu, apa yang sebenarnya membuat harga saffron begitu mahal?

Sebagai salah satu bunga termahal di dunia, proses panen saffron masih cukup sulit karena harus dilakukan secara manual tanpa bantuan mesin. Inilah alasan terbesar kenapa harganya cenderung tinggi. Untuk setial 0,5 kilogramnya, saffron ditawarkan dengan harga antara Rp7 sampai Rp10 juta, tergantung kualitas bunganya.

Manfaat Saffron untuk Kesehatan

Walaupun harga jualnya cukup mahal, saffron masih menjadi favorit banyak orang. Ini karena manfaatnya yang luar biasa. Apa saja?

1. Mencegah Masalah Otak

Seiring berjalannya waktu, kemampuan otak manusia secara normal akan mengalami penurunan. Kandungan antioksidan di dalam bunga saffron konon bisa mempertahankan bahkan meningkatkan kemampuan otak orang dewasa. Efeknya dalam jangka panjang adalah untuk mencegah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi otak seperti demensia maupun Alzheimer.

2. Baik untuk Perawatan Diabetes

Bagi penderita diabetes, menurunkan kadar gula darah dengan cepat biasanya hanya dapat dilakukan dengan suntik insulin. Anda dapat menggantinya dengan konsumsi the saffron agar kadar gula darah tetap terjaga dan insulin di dalam tubuh dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

3. Meningkatkan Imunitas

Dua jenis antioksidan di dalam saffron yakni croci dan crocetin ternyata memiliki sifat antidepresan. Zat ini dapat melindungi sel-sel otak dari penyebab kerusakan, anti peradangan dan dapat mengontrol nafsu makan berlebih.

Selain itu, konsumsi saffron juga dapat membantu memperbaiki suasana hati, meningkatkan daya ingat serta kemampuan berpikir Anda.

4. Mencegah Depresi

Depresi saat ini menjadi penyakit yang semakin banyak menyerang terutama di kalangan Milenial. Karena kemampuannya dalam memperbaiki mood atau suasana hati, saffron dapat membantu Anda yang mengalami depresi ringan hingga sedang. Agar mudah dikonsumsi, Anda dapat memilih saffron dalam bentuk kapsul.

5. Mampu Mencegah Kanker

Karena kandungan antioksidan di dalam saffron mampu menangkal radikal bebas, berbagai jenis sel asing pembentuk kanker dapat dihadang agar tidak masuk ke tubuh. Komponen ini akan menghindarkan anda dari beragam jenis kanker mulai dari kanker kulit, prostat hingga serviks.

Baca juga: 

Itulah beberapa manfaat saffron bagi kesehatan. Apakah anda sudah pernah coba mengonsumsinya? jika sudah, jangan ragu untuk bagikan pengalaman anda manfaat apa saja yang anda rasakan setelah mengonsumsi bunga saffron dikolom komentar!

Image by Johan Puisais from Pixabay

-Dita Safitri-

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here