26 C
Jakarta

Melindungi Kartu Kredit Anda dari Tindakan Kriminal, Ini Caranya!

Intenselynews.com – Penggunaan kartu kredit telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Namun dalam pemakaiannya, memahami keamanan kartu kredit merupakan hal yang penting. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melindungi kartu kredit Anda dari tindakan kriminal, berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa Anda pelajari:

Cara Melindungi Kartu Kredit Anda:

1. Tidak Menggunakan Pin/Password yang Mudah Ditebak

Pin adalah keamanan dasar dari kartu kredit Anda. Dewasa ini banyak lembaga keuangan yang menyarankan Anda untuk tidak menggunakan pin yang mudah untuk diterka, misalnya saja tanggal kelahiran Anda. Selain itu jangan menyimpan pin Anda di buku catatan yang mudah dibaca orang. Apabila Anda baru menerima surat yang berisi pin kartu kredit tersebut, sebaiknya segera musnahkan surat tersebut setelah Anda membaca dan mengubah pin kartu kredit Anda.

Password/Pin yang rumit dengan kombinasi huruf dan angka, banyak disarankan oleh lembaga keuangan untuk digunakan dalam melindungi kartu kredit Anda.

2. Menandatangani Kartu Kredit

Selain pin, tanda tangan juga termasuk keamanan fundamental untuk kartu kredit. Segera tandatangani kartu kredit Anda sesuai dengan kartu identitas. Dengan demikian Anda telah menutup akses bagi orang lain yang ingin menyalahgunakan kartu kredit Anda dengan tanda tangan palsu.

3. Simpan dengan Baik Kerahasiaan Nomor Kartu Kredit Anda

Dilansir dari bettermoneyhabits.bankofamerica.com, nomor kartu kredit dapat pula disalahgunakan oleh pelaku kriminal. Untuk melindunginya Anda bisa melakukan cara-cara sebagai berikut:

  • Jangan memberikan informasi kartu Anda melalui telepon kecuali Anda melakukan panggilan dan Anda sedang berbicara dengan bank atau pedagang yang Anda percayai.
  • Jangan pernah menjawab email yang menanyakan nomor akun atau informasi pribadi Anda, meskipun itu sepertinya berasal dari bank Anda atau perusahaan atau organisasi yang memiliki reputasi baik.
  • Simpan kartu Anda tetap pribadi. Jangan biarkan siapa pun melihatnya saat Anda keluar di tempat umum.

4. Melakukan Update Jika Terjadi Perubahan Data

Sebagai pemegang kartu kredit, tentu data Anda terdapat di bank yang menerbitkan kartu kredit Anda. Terkait hal itu, jika terjadi perubahan data, seperti alamat korespondensi, email, dan nomor telepon, misalnya, segeralah melakukan update kepada lembaga keuangan tersebut. Dengan demikian Anda tahu pasti bahwa data Anda tetap benar dan sesuai dengan kondisi terbaru Anda.

5. Simpan Struk Belanja Anda

Jika Anda berbelanja menggunakan kartu kredit, simpanlah selalu struk belanja Anda tersebut, hingga datang tagihan kartu kredit Anda. Fungsinya adalah, Anda bisa mengecek kesesuaian tagihan dengan struk belanja yang ada dengan cepat dan mudah. Jika terjadi perbedaan transaksi, Anda bisa mengetahuinya dengan segera, dan menghubungi help center atau layanan pelanggan kartu kredit Anda.

Baca: Cara Melindungi Diri Sendiri dari Hacker Whatsapp!

6. Memeriksa Akun Kartu Kredit Secara Berkala

Melakukan peninjauan atas aktivitas akun kartu kredit Anda secara berkala, satu minggu sekali, misalnya, juga sangat penting untuk keamanan kartu kredit. Anda bisa melakukannya secara online atau melalui telepon. Jika penerbit kartu kredit Anda menawarkan layanan email atau peringatan teks tentang aktivitas yang tidak biasa, Anda dapat mempertimbangkannya untuk segera mendaftar.

7. Melaporkan Kartu Kredit yang Hilang dengan Segera

Jika Anda kehilangan kartu kredit atau mencurigai aktivitas penipuan, segera hubungi bank atau penerbit kartu kredit Anda. Penerbit kartu kredit Anda dapat membantu Anda dengan cara memblokir kartu dan nomor akun Anda sehingga tidak ada orang lain yang dapat menggunakannya, kemudian memberi Anda kartu dan nomor akun yang baru.

Baca:

Image by Steve Buissinne from Pixabay

-Kamlet Rosse-

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Andrew Ballingal: Emas Aset Terbaik saat Kondisi Dunia “Berbahaya”

Intenselynews.com – Andrew Ballingal, penasehat investasi berkata "Emas adalah Aset Terbaik dalam Kondisi Dunia yang ‘Berbahaya’". Harga emas telah mencapai tonggak penting, menguji resistensi...

Inggris Rilis Pedoman Baru AI Guna Atasi Masalah Big Data Lebih Cepat

Intenselynews.com – Artificial Intelligence telah lama dipercaya sebagai alat penting yang dapat digunakan sebagai solusi teknologi untuk menangani beberapa masalah besar yang dihadapi dunia....

India Adakan Festival Fintech Global Secara Virtual Selama Dua Hari

Intenselynews.com – Asosiasi Internet dan Ponsel India (Internet and Mobile Association of India/IAMAI), dan organisasi sejenisnya, Dewan Pembayaran India, (Payments Council of India/PCI) dan...

Kisah Baru Mak Iwa Ini Menggugah Senyum Anda Sejenak!

Intenselynews.com – Wah, tidak terasa bulan Juni telah berlalu. Selamat datang Juli! Di awal bulan ini sudah punya rencana apa saja? Apapun rencananya, semoga...

Platform Digital Berbasis Blockchain Dirilis VeChain di Rumah Sakit Cyprus

Intenselynews.com – Wabah COVID-19 masih menjadi musibah yang mengguncang dunia hingga saat ini. Sehubungan dengan hal itu, berbagai upaya dilakukan banyak pihak untuk menekan...
Translate »