26.6 C
Jakarta

Mengenal 3 Jenis Kategori Sekuritas dalam Investasi

Intenselynews.com – Selama ini Anda mungkin hanya mendengar istilah sekuritas saja. Padahal sekuritas ini banyak jenisnya. Apakah Anda sudah mengenal 3 jenis kategori sekuritas dalam investasi? Mari simak berikut ini.

Mengenal 3 Jenis Kategori Sekuritas

Sebelum era elektronik, jika Anda melakukan investasi, Anda diberikan sertifikat kertas atau sejenisnya, yang berfungsi sebagai dokumentasi investasi Anda dan menguraikan persyaratan investasi. Sertifikat kertas ini disebut sekuritas, dan itu adalah bukti investasi Anda. Efek kertas dapat diperjualbelikan, sama seperti kita membeli dan menjual saham atau obligasi atau saham reksa dana hari ini.

Saat ini, istilah sekuritas mengacu pada hampir semua instrumen keuangan yang dapat dinegosiasikan, seperti saham, obligasi, kontrak opsi, atau saham reksa dana. Sekuritas terbagi dalam tiga kategori besar: utang, ekuitas dan derivatif. Simak selengkapnya dalam uraian berikut!

1. Sekuritas Utang

Ketika sebuah bisnis meminjam uang untuk pengembangan, pertama-tama mereka akan meminjam dengan cara tradisional: lewat bank. Bank tidak ingin mengambil terlalu banyak risiko, sehingga mereka hanya akan meminjamkan sebanyak yang mereka atur kepada bisnis tersebut.

Setelah opsi itu habis, perusahaan itu harus masuk ke pasar modal dan menerbitkan sekuritas hutang yang disebut obligasi. Saat Anda membeli obligasi, Anda meminjamkan uang Anda ke perusahaan dan mereka harus membayarnya kembali dengan bunga. Pembayaran bunga ini disebut pembayaran kupon dan biasanya diterbitkan enam bulanan.

2. Sekuritas Efek

Ketika suatu bisnis ingin mengajak pemilik tambahan untuk mengembangkan bisnisnya, mereka dapat menemukan investor swasta atau masuk ke pasar modal dan menerbitkan sekuritas dalam bentuk saham yang diperdagangkan secara publik. Ekuitas mewakili kepemilikan. Artinya, ketika Anda membeli saham, Anda membeli kepemilikan di sebuah perusahaan, dan ketika perusahaan memperoleh keuntungan, Anda juga akan mendapat bagian dalam keuntungan tersebut dengan salah satu dari dua cara. Salah satu dari dua cara tersebut adalah perusahaan akan membayar dividen (yang akan Anda terima setiap tiga bulan) atau mereka akan menggunakan keuntungan mereka untuk mengembangkan bisnis lebih lanjut. Jika bisnis terus berkembang, nilai saham yang Anda miliki akan naik.

3. Sekuritas Derivatif

Dengan sekuritas derivatif, alih-alih memiliki sesuatu secara langsung seperti saham, Anda memiliki hak untuk memperdagangkan sekuritas keuangan lainnya dengan persyaratan yang telah disepakati sebelumnya. Kontrak opsi adalah jenis sekuritas derivatif. Sekuritas derivatif memberi Anda hak untuk membeli atau menjual saham sekuritas yang ada dengan harga tertentu pada tanggal tertentu di masa depan.

Baca juga:

Itulah 3 jenis sekuritas yang saat ini diperdagangkan dan dimiliki oleh para investor di berbagai belahan dunia. Jadi, sekuritas mana yang Anda sudah punya?

-Dita Safitri-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Ingin Membeli Rumah? Ketahui Perbedaan AJB, PJB, dan PPJB

Intenselynews.com – Memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang. Selain membangunnya sendiri, membeli rumah adalah opsi yang paling mudah untuk dipilih. Ada banyak sekali...

Rekomendasi Film Inspiratif untuk Anda Menjelang Akhir Pekan

Intenselynews.com – Sepanjang tahun 2020 ini, sudah tak terhitung rasanya lelah yang tertumpuk di pundak. Namun, jangan biarkan semua beban itu membuat Anda jadi...

Pengertian Reksadana Secara Luas, Mengenal Jenis dan Perbedaannya

Intenselynews.com – Di antara sekian banyak jenis instrumen investasi, Anda tentu sudah tidak asing dengan reksadana. Investasi satu ini banyak dipilih karena mudah, dapat...

Gaji 5 Juta Bisa Beli Rumah, Bagaimana Caranya?

Intenselynews.com – Siapa yang tidak ingin punya rumah sendiri? Selain jadi tempat berlindung dan berkumpul bersama keluarga, rumah bisa menjadi aset yang berharga untuk...

Apa Kata Pakar Emas Saat Harganya Sedang Turun? Saatnya Belikah?

Intenselynews.com – Emas merupakan salah satu instrumen investasi tertua yang pernah digunakan oleh manusia. Emas pernah dijadikan sebagai alat tukar dan menjadi simbol kekayaan...
Translate »