28.4 C
Jakarta

Meskipun Lockdown, Harga Emas di India Sentuh Harga Tertinggi

Intenselynews.com – India merupakan salah satu pasar emas terbesar di dunia. Emas memegang peranan penting dalam berbagai aspek kebudayaan penduduk setempat. Di India, selain dianggap sebagai penyimpan nilai, emas juga merupakan simbol kekayaan dan strata seseorang. Emas juga kerap menjadi bagian yang penting dalam berbagai ritual. Meskipun lockdown, emas di India sentuh harga tertinggi. Simak ulasannya dibawah ini.

Meskipun Lockdown, Emas di India Sentuh Harga Tertinggi

Dengan kondisi ekonomi yang ambruk karena Covid-19, pasar emas di India tampaknya masih belum mati. Hal ini terbukti dengan naiknya harga emas setempat ke level tertinggi.

Harga emas di India naik lebih dari satu persen pada hari Senin untuk mencapai nilai tertinggi sepanjang masa Rs 47.929 per 10 gram di MCX di tengah aksi jual aset berisiko dan mata uang India yang lemah. Harga emas batangan domestik melonjak mengikuti kenaikan harga logam kuning internasional yang diperdagangkan pada level tertinggi dalam lebih dari tujuh tahun. Perak berjangka di India juga menguat 4 persen atau lebih dari Rs 1.900 menjadi lebih dari 48.600 per kg.

Meskipun permintaan fisik untuk emas mendekati nol di tengah lockdown nasional yang berhubungan dengan Covid-19, harga logam kuning tersebut telah melihat lonjakan tajam dalam beberapa bulan terakhir. Pekan lalu, harga emas dan perak melejit dengan logam kuning naik sekitar 2,50 persen sementara perak menguat lebih dari 8 persen di pasar internasional. Harga emas telah mengalami rally lebih dari 16 persen sepanjang tahun ini.

Karena ketidakpastian terus membayangi pertumbuhan ekonomi global di tengah serangkaian peristiwa sejak awal tahun ini, daya tarik safe-haven untuk emas telah meroket dan analis memperkirakan harga dapat melonjak mendekati Rs 52.000 per 10 gram dalam 12 bulan ke depan.

Mengapa Ini Bisa Terjadi?

Ada beberapa alasan mengapa harga emas terus mengalami lonjakan di berbagai belahan dunia yakni:

1. Daya Tariknya Sebagai Penyimpan Nilai

Di saat-saat seperti ini, investor memilih untuk beralih dari investasi berisiko ke instrumen yang dinilai jauh lebih aman yakni emas. Karena itu, mereka kebanyakan mulau menjual aset-aset mereka untuk diubah menjadi emas. Hal ini menyebabkan demand terhadap emas semakin tinggi yang kemudian merembet pada kelangkaan dan kenaikan harga.

2. Ketegangan Hubungan Antara Cina dengan Amerika Serikat

Konflik dagang antara AS dan Cina kembali memanas setelah Cina dengan tegas menentang peraturan terbaru Amerika Serikat terhadap Huawei yang mengatakan bahwa Huawei akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi hak dan kepentingan perusahaan Cina. Hubungan yang memburuk antara kedua negara juga tersirat semakin buruk setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa dia tidak “senang” dengan ‘Fase 1’ dari perjanjian perdagangan antara kedua negara.

3. Stimulus Besar-besaran dari Berbagai Bank Sentral Dunia

Untuk mendukung pertumbuhan, penurunan suku bunga oleh sebagian besar bank sentral di dunia bersama dengan langkah-langkah stimulus moneter telah memompa likuiditas besar di pasar dan ekonomi. Easy money di pasar selalu positif untuk logam kuning, kata para analis.

4. Kurs

India adalah importir utama emas. Setiap perubahan nilai tukar mempengaruhi harga emas. Di pasar domestik, rupee telah jatuh tajam. Pada hari Senin, rupee anjlok hampir 33 paise menjadi ditutup pada 75,91 (sementara) terhadap dolar AS pada hari Senin, menyebabkan ekuitas domestik yang lemah dan arus keluar dana asing yang tinggi.

Baca juga:

Harga emas diprediksi masih akan berfluktuasi selama beberapa waktu ke depan. Terlebih kondisi Covid-19 masih belum menunjukkan perbaikan yang signifikan. Beberapa negara yang sudah cukup baik dalam penanganan seperti Korea Selatan bahkan kini mengalami serangan kedua. Bagaimana harga emas nantinya, itu tergantung pada kondisi pasar secara menyeluruh saat ini.

Image by Christian_DuB from Pixabay

-Dita Safitri-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Kompetisi Trading Aset Kripto Diluncurkan bitFlyer dan Quazard

Intenselynews.com – Luxembourg – bitFlyer, perusahaan cryptocurrency exchange dikabarkan bermitra dengan Quazard, pengembang game crypto-trading. Kemitraan itu untuk membawa kompetisi trading aset kripto terverifikasi...

Pengusaha Properti Paling Sukses dan Terkaya di Dunia

Intenselynews.com – Bukan rahasia lagi jika properti adalah salah satu industri yang paling menjanjikan di dunia. Pertumbuhannya juga meningkat pesat sepanjang tahun. Tak heran...

Buka Usaha E-Commerce Baru? Beberapa Hal Ini Penting Diketahui!

Intenselynews.com – Sebagai pemula di dunia bisnis e-commerce, berbagai kisah sukses para pengusaha yang lebih dulu terjun ke industri tersebut mungkin membuat Anda berpikir...

Amazon Patenkan Sistem Blockchain untuk Pelacakan Rantai Pasokan

Intenselynews.com – Tertanggal 26 Mei lalu perusahaan e-commerce terkemuka dunia, Amazon, mengajukan paten untuk sistem Blockchain pelacakan barang mereka di rantai pasokan. Amazon patenkan...

Pemerintah Venezuela Tuntut Inggris atas Emas Mereka

Intenselynews.com – Seperti yang kita ketahui, pemerintah Venezuela mengalami krisis ekonomi berkepanjangan selama beberapa tahun ke belakang. Negara tersebut mengalami penurunan nilai mata uang...
Translate »