26 C
Jakarta

Model Bisnis E-Commerce yang Berkembang di Masa Kini

Intenselynews.com – Bisnis e-commerce kian menjamur dan menjadi bisnis yang menjanjikan. Bahkan penjualan dari toko online atau e-commerce diperkirakan akan meningkat sekitar 78% pada tahun 2020. Terkait pertumbuhan itu, terdapat beberapa model bisnis e-commerce di dunia. Apa sajakah itu? Mari kita simak ulasannya berikut ini!

Model Bisnis E-Commerce

Bisnis e-commerce yang berkembang pesat membutuhkan pengetahuan tentang target pasar, rencana bisnis yang solid, dan penelitian cermat terhadap produk dan model bisnis. Sebelum memulai bisnis e-commerce Anda, ada baiknya Anda mengetahui model bisnis e-commerce apa yang sesuai dengan ide Anda.

1. B2B E-Commerce

Model Business to Business (B2B) E-commerce berfokus pada penyediaan produk dari satu bisnis ke bisnis lainnya. Bisnis e-commerce di ceruk ini biasanya menyediakan layanan untuk perusahaan lainnya, misalnya penyedia perangkat lunak, alat-alat dan perlengkapan kantor, perusahaan pemasok, perusahaan penyedia dokumen untuk perusahaan, dll.

 2. B2C E-commerce 

Bisnis Ke Konsumen atau B2C (Bisnis to Costumer) adalah model bisnis e-commerce yang produknya dijual untuk para konsumen atau invidu. B2C ini sama seperti model perdagangan tradisional, di mana suatu produk dijual kepada perorangan, tetapi dilakukan secara online (sebagai lawan dari di toko fisik).

Sudahkah Anda Membaca:

3. C2C E-Commerce

Sehubungan dengan kebangkitan sektor e-commerce dan kepercayaan konsumen yang meningkat pada bisnis online, situs C2C E-Costumer (Konsumen ke Konsumen) memungkinkan pelanggan untuk berdagang, membeli, dan atau menjual berbagai produk dengan imbalan komisi yang dibayarkan ke situs.

4. C2B E-Commerce

Consumer To Business (Konsumen ke Bisnis) adalah suatu bisnis perdagangan online ketika konsumen menjual barang atau jasa ke bisnis. Situs penyedia layanan seperti UpWork, pemasaran afiliasi atau Google AdSense juga termasuk dalam sektor ini.

Sudahkah Anda Membaca:

5. B2G dan C2G E-Commerce

B2G (Business to Government ) adalah bisnis e-commerce yang klien tunggalnya merupakan pemerintah atau administrasi publik. Contohnya adalah Synergetics Inc. di Ft. Collins, Colorado, yang menyediakan kontraktor dan layanan untuk lembaga pemerintah.

C2G (Customer to Government) merupakan jenis bisnis yang melayani suatu pembayaran tertentu, seperti pembayaran pajak ke pemerintah atau membayar biaya kuliah ke universitas tertentu.

Image by 3D Animation Production Company from Pixabay

-IN-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Andrew Ballingal: Emas Aset Terbaik saat Kondisi Dunia “Berbahaya”

Intenselynews.com – Andrew Ballingal, penasehat investasi berkata "Emas adalah Aset Terbaik dalam Kondisi Dunia yang ‘Berbahaya’". Harga emas telah mencapai tonggak penting, menguji resistensi...

Inggris Rilis Pedoman Baru AI Guna Atasi Masalah Big Data Lebih Cepat

Intenselynews.com – Artificial Intelligence telah lama dipercaya sebagai alat penting yang dapat digunakan sebagai solusi teknologi untuk menangani beberapa masalah besar yang dihadapi dunia....

India Adakan Festival Fintech Global Secara Virtual Selama Dua Hari

Intenselynews.com – Asosiasi Internet dan Ponsel India (Internet and Mobile Association of India/IAMAI), dan organisasi sejenisnya, Dewan Pembayaran India, (Payments Council of India/PCI) dan...

Kisah Baru Mak Iwa Ini Menggugah Senyum Anda Sejenak!

Intenselynews.com – Wah, tidak terasa bulan Juni telah berlalu. Selamat datang Juli! Di awal bulan ini sudah punya rencana apa saja? Apapun rencananya, semoga...

Platform Digital Berbasis Blockchain Dirilis VeChain di Rumah Sakit Cyprus

Intenselynews.com – Wabah COVID-19 masih menjadi musibah yang mengguncang dunia hingga saat ini. Sehubungan dengan hal itu, berbagai upaya dilakukan banyak pihak untuk menekan...
Translate »