25.9 C
Jakarta

Panduan Lengkap dan Mudah Tentang Bitcoin dan Aset Kripto

*Semua yang perlu Anda ketahui untuk mengenal Bitcoin lebih mudah 

Intenselynews.com – Apakah Bitcoin? Meskipun kehadiran aset kripto tersebut telah mendunia sejak 2009 lalu, namun pertanyaan terkait apa itu Bitcoin masih muncul di benak banyak orang. Setidaknya dalam panduan lengkap di artikel ini, setiap orang akan mengetahui prinsip dasar dari Bitcoin di balik popularitasnya, dan memutuskan pendapat masing-masing apakah Bitcoin merupakan sesuatu yang memberikan manfaat dan keuntungan, atau sebaliknya Anda akan menjauh dari Bitcoin. Simak di bawah ini panduan lengkap dan mudah terkait bitcoin dan aset kripto.

Panduan Lengkap Terkait Apa itu Bitcoin?

Secara sederhana Bitcoin adalah e-money, uang elektronik, cryptocurrency, ataupun aset kripto, yang bersifat terdesentralisasi dan terenkripsi. Sifat terdesentralisasi (tidak terpusat) merupakan kebalikan dari sifat tersentralisasi (terpusat), sehingga Bitcoin tidak diatur atau dikendalikan oleh lembaga keuangan manapun maupun pemerintah. Keunikan lain Bitcoin adalah aset kripto tersebut dapat dikirimkan ke sesama pengguna Bitcoin dengan jaringan p2p (peer to peer) Bitcoin.

Dalam fungsinya yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran di berbagai merchant yang menerima pembayaran dengan Bitcoin pada suatu negara tertentu, dapat dikatakan pula bahwa Bitcoin merupakan “uang tunai” dalam versi online.

Sudahkah Anda Membaca:

Siapakah Pencipta Bitcoin?

Satoshi Nakamoto merupakan sosok pencipta yang mengembangkan Bitcoin pada tahun 2019. Namun, hingga kini tidak ada yang tahu siapa itu Satoshi Nakamoto, dan terdapat pandangan bahwa Satoshi Nakamoto hanyalah nama samaran seseorang atau sekelompok orang yang merancang Bitcoin.

Bagaimana Bitcoin Diciptakan?

Bitcoin dibuat melalui proses penambangan yang menggunakan teknologi Blockchain. Setiap node (komputer yang terhubung dalam jaringan), akan memastikan integritas riwayat transaksi dengan mencapai konsensus (kesepakatan bahwa transaksi yang dilakukan sah/valid).

Ketika sebuah transaksi telah divalidasi, node akan berlomba memecahkan teka-teki algoritma matematika yang sulit dan membutuhkan sumber daya komputasi yang berat. Komputer pertama yang menyelesaikan persamaan akan diberi hadiah Bitcoin. Proses ini disebut “penambangan Bitcoin” dan protokolnya disebut Proof of Work (PoW).

Proses penambangan memiliki dua tujuan, yaitu untuk membuat Bitcoin baru dan untuk memudahkan pemrosesan transaksi di jaringan.

Jumlah total Bitcoin yang diciptakan terbatas, yakni hanya akan berjumlah total 21 juta Bitcoin saja di dunia, dan setiap 4 tahun sekali jumlah total Bitcoin yang beredar di dunia akan berkurang yang dikenal dengan Bitcoin Halving Day. Keterbatasan jumlah pasokan Bitcoin ini yang dipercaya akan terus meningkatkan nilai/harga per 1 Bitcoin.

Bagaimana cara menyimpan Bitcoin?

Bitcoin yang  merupakan ‘uang’ dalam bentuk digital, cara penyimpanannya pun berbeda dengan uang tradisional. Bitcoin dapat disimpan di smartphone maupun pc dalam aplikasi Bitcoin Wallet (Dompet Bitcoin). Pada Dompet Bitcoin terdapat private key. Di mana satu private key dapat memiliki banyak public address. Untuk bertransaksi, yang perlu digunakan adalah public address. Sementara Anda perlu menyimpan baik-baik private key Anda yang dapat dibayangkan sebagai pin ATM Anda. Karena jika seseorang mengetahui private key Dompet Bitcoin Anda, Anda bisa saja akan kehilangan jumlah Bitcoin yang Anda miliki di dalamnya.

Sudahkah Anda Membaca:

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?

Untuk mendapatkan Bitcoin selain dengan menambang, terdapat beberapa cara lain, yakni sebagai berikut:

  1. Membeli Bitcoin secara online di perusahaan crypto exchange terpercaya.
  2. Membeli Bitcoin melalui ATM Bitcoin.
  3. Bermain game mobile atau online yang memberikan Anda reward Bitcoin, atau mengunjungi situs faucet Bitcoin di mana Anda diminta untuk menyelesaikan captcha dengan imbalan Bitcoin.
  4. Cara lain untuk mendapatkan Bitcoin adalah dengan menyelesaikan tugas di situs web tertentu, seperti mengikuti survei mereka atau membagi postingan, yang akan membayar Anda dalam Bitcoin.

Seiring perkembangannya, mengapa Bitcoin kian populer dan banyak orang menganggapnya sebagai aset berharga?

Salah satu keunggulannya adalah karena Bitcoin tidak dikendalikan oleh pemerintah atau lembaga keuangan mana pun, maka secara otomatis menghilangkan beban biaya administrasi untuk pihak ketiga dalam bertransaksi. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan Bitcoin mereka tanpa perlu memberikan banyak informasi pribadi. Transaksi tercatat di dalam buku besar Blockchain (yang dapat mencatat/menyimpan ribuan transaksi) tetapi tidak ada yang tahu nomor rekening mana yang menjadi milik Anda. Bitcoin juga dapat dengan mudah dikirimkan antar sesama pengguna, terutama untuk mereka yang tidak memiliki akses perbankan. Nilai Bitcoin juga tidak dipengaruhi oleh mata uang mana pun di dunia.

Beberapa perusahaan besar yang menerima Bitcoin sebagai pembayaran di antaranya adalah Dell, Microsoft, Expedia, Overstock.com, dll. Sementara itu di Kanada kini Anda juga dapat membayar pesanan Subway dan KFC dengan Bitcoin. Jepang termasuk ke dalam salah satu negara yang menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran sah. Sebagai komoditas berharga, Bitcoin juga dapat diperdagangkan (ditradingkan) di berbagai perusahaan crypto exchange.

Gambar oleh anncapictures dari Pixabay

-IN-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Investasi Deposito, Kenali Pengertian, Jenis, dan Perbedaannya

Intenselynews.com – Di antara sekian banyak pilihan instrument investasi, deposito merupakan produk yang paling populer. Investasi deposito sendiri merupakan bentuk simpanan berjangka yang dibuat...

7 Alasan Kenapa Banyak Orang Memilih Berinvestasi Emas

Intenselynews.com – Menurut Warren Buffet, investor yang baik adalah mereka yang melakukan diversifikasi pada aset-asetnya. Di antara sekian banyak pilihan instrumen investasi, emas masih...

Ingin Membeli Rumah? Ketahui Perbedaan AJB, PJB, dan PPJB

Intenselynews.com – Memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang. Selain membangunnya sendiri, membeli rumah adalah opsi yang paling mudah untuk dipilih. Ada banyak sekali...

Rekomendasi Film Inspiratif untuk Anda Menjelang Akhir Pekan

Intenselynews.com – Sepanjang tahun 2020 ini, sudah tak terhitung rasanya lelah yang tertumpuk di pundak. Namun, jangan biarkan semua beban itu membuat Anda jadi...

Pengertian Reksadana Secara Luas, Mengenal Jenis dan Perbedaannya

Intenselynews.com – Di antara sekian banyak jenis instrumen investasi, Anda tentu sudah tidak asing dengan reksadana. Investasi satu ini banyak dipilih karena mudah, dapat...
Translate »