More
    Beranda Investasi Cerdas Finansial Pasca Banjir, Bagaimanakah Cara Menjaga Kesehatan?

    Pasca Banjir, Bagaimanakah Cara Menjaga Kesehatan?

    Intenselynews.com – Meski tidak semua daerah akan mengalaminya, namun musim penghujan memang harus membuat kita lebih awas pada bencana banjir. Genangan air yang tinggi di beberapa daerah di kawasan Jabodetabek beberapa hari terakhir adalah contoh bagaimana banjir bisa melumpuhkan banyak hal. Salah satu yang harus diwaspadai adalah kesehatan tubuh kita pasca terjadinya musibah banjir.

    Pasca banjir memang kerap mendatangkan beragam masalah kesehatan. Agar tetap sehat, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut.

    1. Menghindari Genangan Air

    Genangan air saat banjir merupakan tempat berkumpulnya beragam jenis sampah dan kotoran, mulai dari yang kasat mata hingga yang tidak. Kontak dengan genangan air yang kotor ini bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan mulai dari sakit kulit hingga penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri maupun bangkai hewan. Hindari kontak langsung dengan area yang tergenang, terutama jika letaknya dekat dengan tempat tinggal Anda.

    2. Jaga Kebersihan

    Jika terpaksa harus kontak dengan air kotor, jangan lupa untuk segera mencuci tangan. Selain setelah bersentuhan dengan air banjir, membersihkan tangan dengan sabun setelah buang air besar dan saat akan mengonsumsi makanan akan mencegah Anda terinfeksi beragam penyakit seperti tifus atau hepatitis A.

    3. Jangan Biarkan Luka Terbuka

    Saat musibah banjir datang, Anda juga memiliki risiko tinggi untuk terluka karena banyaknya material yang hanyut terbawa air. Jika memiliki luka terbuka, jangan lupa untuk menutupnya agar bakteri dan kotoran lain tidak bisa masuk. Ganti perban secara berkala dan jangan lupa bersihkan dengan antiseptik.

    4. Pastikan Rumah Sudah Benar-benar Bersih Sebelum Ditempati Kembali

    Saat air sudah surut, jangan lupa untuk membersihkan rumah sebelum kembali menempatinya. Lumpur yang menempel di dinding hingga perabotan yang lembap adalah sarang yang empuk untuk tumbuhnya bakteri dan jamur. Pastikan kelembapan di dalam rumah sudah normal dan tidak ada tumpukan kotoran tersisa di dalamnya. Jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung saat membersihkan rumah untuk mencegah kontak dengan kotoran sisa banjir yang mungkin berbahaya.

    Baca juga:

    Selain memperhatikan kebersihan, jangan lupa juga untuk memeriksa kabel-kabel dan sambungan listrik. Pastikan tidak ada wayar yang terbuka untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

    Image by J Lloa from Pixabay

    -Dita Safitri-

    2 KOMENTAR

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Boleh Dibaca

    Translate »