26 C
Jakarta

Pemerintah Venezuela Tuntut Inggris atas Emas Mereka

Intenselynews.com – Seperti yang kita ketahui, pemerintah Venezuela mengalami krisis ekonomi berkepanjangan selama beberapa tahun ke belakang. Negara tersebut mengalami penurunan nilai mata uang yang drastis akibat kolapsnya industri minyak bumi yang selama ini menjadi sumber keuangan utama negara. Terjadinya pandemi membuat Presiden Venezuela Nicolás Maduro berpikir keras untuk menyelamatkan negaranya. Salah satunya adalah dengan meminta Inggris mencairkan cadangan emas mereka yang selama ini disimpan oleh Bank Sentral Inggris.

Pemerintah Venezuela Memproses Panjang Hingga ke Ranah Hukum

Keinginan pemerintahan Maduro untuk mendapatkan emas tersebut kembali nyatanya tidaklah semudah itu. Ini membuat Venezuela terpaksa mengajukan gugatan hokum kepada Bank of England. Tujuannya adalah agar mereka mau melepaskan emas Venezuela yang nilainya mencapai 1 miliar dolar itu.

Emas yang disimpan Bank of England itu sendiri merupakan emas yang ditahan karea adanya sanksi Inggris dan Amerika terhadap Venezuela. Kesulitan ekonomi memaksa pemerintahan Maduro mendesak Inggris untuk menjual sebagian besar cadangan emas mereka untuk digunakan memerangi penyebaran Covid-19.

Keinginan ini disetujui dengan syarat uangnya akan dikirim langsung ke PBB untuk memastikannya tidak dipakai untuk keperluan lain.

Perlawanan dari Ketua Partai Oposisi

Venezuela tidak hanya mengalami kesulitan ekonomi saja, kondisi pemerintahan mereka pun cukup pelik. Ini disebabkan adanya perbedaan antara Presiden Maduro dan Juan Guaido yang merupakan pemimpin partai oposisi. Pertikaian antara kedua kubu sudah dimulai sejak 10 Januari 2019.

Tuntutan hukum yang diajukan oleh Presiden Maduro membuat Guaido risih. Pasalnya, ia curiga dana emas yang dicairkan nanti akan digunakan untuk keperluan yang lain. Guaido juga memperingatkan Bank of England bahwa jika mereka mencairkan emas tersebut sama halnya Inggris sedang membiayai ‘penyiksaan’ yang dilakukan oleh pemerintahan Maduro.

Berbicara kepada Financial Times setelah Pengadilan Tinggi di London baru-baru ini mendengar argumen dalam gugatan itu, Mr Guaido mengatakan, “Sangat penting bagi kita untuk melindungi emas itu dan menjaganya dari cengkeraman kediktatoran Maduro. Mereka tidak berusaha mendapatkannya untuk menangani keadaan darurat kemanusiaan. Mereka berusaha mendapatkannya sehingga mereka bisa mencurinya.”

Baca juga:

Pertarungan hukum terjadi ketika Venezuela bergulat dengan kekurangan makanan, air dan bahan bakar yang meluas serta virus corona dan mencekik sanksi AS. Negara itu telah jatuh bebas dalam ekonomi selama bertahun-tahun, tetapi penduduk di Caracas mengatakan ini adalah krisis terburuk yang pernah mereka alami.

Image by 272447 from Pixabay

-Dita Safitri-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Andrew Ballingal: Emas Aset Terbaik saat Kondisi Dunia “Berbahaya”

Intenselynews.com – Andrew Ballingal, penasehat investasi berkata "Emas adalah Aset Terbaik dalam Kondisi Dunia yang ‘Berbahaya’". Harga emas telah mencapai tonggak penting, menguji resistensi...

Inggris Rilis Pedoman Baru AI Guna Atasi Masalah Big Data Lebih Cepat

Intenselynews.com – Artificial Intelligence telah lama dipercaya sebagai alat penting yang dapat digunakan sebagai solusi teknologi untuk menangani beberapa masalah besar yang dihadapi dunia....

India Adakan Festival Fintech Global Secara Virtual Selama Dua Hari

Intenselynews.com – Asosiasi Internet dan Ponsel India (Internet and Mobile Association of India/IAMAI), dan organisasi sejenisnya, Dewan Pembayaran India, (Payments Council of India/PCI) dan...

Kisah Baru Mak Iwa Ini Menggugah Senyum Anda Sejenak!

Intenselynews.com – Wah, tidak terasa bulan Juni telah berlalu. Selamat datang Juli! Di awal bulan ini sudah punya rencana apa saja? Apapun rencananya, semoga...

Platform Digital Berbasis Blockchain Dirilis VeChain di Rumah Sakit Cyprus

Intenselynews.com – Wabah COVID-19 masih menjadi musibah yang mengguncang dunia hingga saat ini. Sehubungan dengan hal itu, berbagai upaya dilakukan banyak pihak untuk menekan...
Translate »