25.2 C
Jakarta

Pengertian Cerita Pendek, Struktur, Jenis, dan Unsurnya

Intenselynews.com – Setelah sebelumnya dibahas tentang pengertian puisi, dalam artikel ini akan dikemukakan pengertian cerita pendek. Cerita pendek (cerpen) adalah salah satu jenis karya sastra dalam bentuk prosa naratif fiktif. Pengertian cerpen menurut para ahli dapat diungkapkan seperti berikut ini:

Pengertian Cerita Pendek Menurut Ahli:

  1. Menurut pendapat H.B Jassin, cerpen adalah sebuah cerita yang singkat, yang harus memiliki bagian terpenting yakni perkenalan, pertikaian, dan penyelesaian.
  2. Saini berpendapat bahwa arti cerpen adalah cerita pendek fiksi atau tidak benar-benar terjadi, tetapi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, dan cerita ini relatif singkat.
  3. J.S. Badudu menyatakan bahwa cerpen merupakan cerita yang hanya menjurus serta terfokus pada satu peristiwa saja.

Baca juga: Pengertian Puisi Menurut Para Ahli dan Cara Membuat Puisi untuk Pemula 

Struktur Cerita Pendek

Cerpen memiliki struktur sebagai berikut:

  1. Abstrak merupakan ringkasan atau inti dari cerpen yang akan dikembangkan menjadi sebuah rangkaian-rangkaian peristiwa atau bisa juga sebagai gambaran awal dalam cerita. Abstrak bersifat opsional atau dalam artian bahwa setiap cerpen boleh tidak terdapat struktur abstrak tersebut.
  2. Orientasi berkaitan dengan waktu, suasana, dan tempat yang berkaitan dengan jalan cerita dari cerpen tersebut.
  3. Komplikasi berisi urutan kejadian-kejadian yang dihubungkan secara sebab dan akibat. Pada komplikasi, biasanya mendapatkan karakter ataupun watak dari berbagai tokoh cerita pendek tersebut, hal ini karena pada bagian komplikasi kerumitan mulai bermunculan.
  4. Evaluasi struktur konflik yang terjadi dan mengarah pada klimaks serta sudah mulai mendapatkan penyelesaiannya dari konflik yang terjadi tersebut.
  5. Resolusi merupakan ungkapan pengarang melalui solusi yang dialami tokoh.
  6. Koda merupakan nilai ataupun pelajaran yang dapat diambil dari cerita pendek tersebut oleh pembacanya.

Jenis-Jenis Cerpen

Berdasarkan jumlah katanya cerpen dibagi menjadi 3, yaitu:

  1. Cerpen mini adalah cerpen dengan jumlah kata antara 750 -1 . 000 kata.
  2. Cerpen ideal adalah cerpen dengan jumlah kata antara 3 . 000 -4000 kata.
  3. Cerpen panjang yaitu cerpen yang jumlah kata 4000 – 10 . 000 kata.

Berdasarkan teknik pengarangannya cerpen dibagi menjadi 2, yaitu:

  1. Cerpen sempurna (wel made short-story) merupakan teknik penulisan cerpen oleh pengarang dimana cerpen yang ditulis hanya terfokus pada satu tema dan memiliki plot yang sangat jelas, serta ending atau penyelesainya mudah dipahami. Cerpen tipe ini pada umumnya bersifat konvensional dan berdasar pada realitas (fakta ).
  2. Cerpen tak utuh (slice of life short-story ) adalah teknik penulisan cerpen dimana pengarang menulis cerpen dengan tidak terfokus pada satu tema atau berpencar, susunan plot atau alurnya tidak tertata , serta endingnya mengambang. Cerpen jenis ini biasanya bersifat kontemporer dan ceritanya ditulis berdasarkan gagasan atau ide yang orisinil.

Unsur Cerpen:

Secara umum, terdapat dua unsur penting di dalam suatu cerita pendek, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Simak uraiannya berikut ini:

1. Unsur Intrinsik adalah unsur pembentuk cerpen yang berasal dari dalam cerpen itu sendiri. Beberapa hal yang termasuk di dalam unsur instrinsik adalah:

  • Tema, yaitu gagasan utama di dalam suatu cerpen.
  • Alur/ Plot, yaitu jalan cerita di dalam cerpen.
  • Latar/ Setting, yaitu berhubungan dengan dengan tempat, waktu, dan suasana di dalam cerpen.
  • Tokoh, yaitu pelaku di dalam cerpen.
  • Penokohan, yaitu pemberian sifat dan watak tokoh dalam cerpen.
  • Sudut Pandang, yaitu cara padang penulis cerpen dalam melihat peristiwa di dalam cerpen.
  • Gaya Bahasa, yaitu cara penulis menyampaikan cerita di dalam cerpen. Misalnya menggunakan diksi dan majas.
  • Amanat/ Pesan, pesan moral yang ingin disampaikan penulis cerpen kepada pembaca atau pendengar.

2. Unsur Ekstrinsik adalah unsur pembentuk cerpen yang berasal dari luar. Beberapa yang termasuk di dalam unsur ekstrinsik adalah:

  • Latar Belakang Masyarakat, yaitu hal-hal yang mempengaruhi alur cerita dalam cerpen, misalnya; ideologi, kondisi politik, sosial, dan ekonomi masyarakat.
  • Latar Belakang Pengarang, yaitu hal-hal yang berhubungan dengan pemahaman dan motivasi penulis cerpen dalam membuat tulisannya, misalnya; aliran sastra, kondisi psikologis, biografi.
  • Nilai yang Terkandung dalam Cerpen, yaitu nilai-nilai yang terdapat di dalam suatu cerpen (nilai agama, sosial, budaya, moral).

Baca juga: Cerpen Metamorfosis Telah Terbit di Merah Putih Pos

Image by Tumisu from Pixabay

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Fintech Bantu Pemerintah dan Bank Tingkatkan Layanan Publik Covid-19

Intenselynews.com – Perusahaan teknologi keuangan (fintech) bekerja sama dengan bank dan perusahaan lain untuk menyediakan layanan publik, termasuk dengan membantu mencairkan paket bantuan COVID-19...

Mengenal Airdrop Lebih Jauh dalam Dunia Kripto Aset

Intenselynews.com – Bagi Anda yang gemar berburu token atau kripto aset gratis, Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah airdrop. Airdrop merupakan salah satu...

Crypto Dash Berkembang Menjadi Cryptocurrency Cloud Terdesentralisasi

Intenselynews.com – Dunia cryptocurrency menunjukkan pertumbuhannya dari waktu ke waktu. Tidak hanya semakin banyaknya crypto asset baru yang muncul, pergerakan industri crypto juga ditandai...

Apa yang Terjadi ketika Komputer dapat Memprediksi Pikiran Anda?

Intenselynews.com – Para peneliti di Universitas Helsinki telah mengembangkan teknik. Teknik itu menunjukkan komputer memodelkan persepsi visual dengan memantau sinyal otak manusia.  Komputer seolah-olah...

Mengenal 3 Jenis Kategori Sekuritas dalam Investasi

Intenselynews.com – Selama ini Anda mungkin hanya mendengar istilah sekuritas saja. Padahal sekuritas ini banyak jenisnya. Apakah Anda sudah mengenal 3 jenis kategori sekuritas...
Translate »