25.2 C
Jakarta

Perusahaan Fintech di Hong Kong Hampir 40% Gunakan Blockchain

Intenselynews.com – Blockchain, tulang punggung teknologi aset kripto tersebut kian mendominasi dalam adopsi teknologi baru. Banyak negara menggunakan teknologi itu di berbagai industri untuk ragam kebutuhan, seperti untuk pelacakan rantai pasokan, data kesehatan, sistem crowdfunding (pendanaan kegiatan amal), dll. Tak terkecuali di negara Hong Kong yang dikabarkan hampir 40% perusahaan fintech di negara itu beroperasi dengan teknologi buku besar terdistribusi (Distributed Ledger Technology/DLT).

Blockchain Menggerakkan Perusahaan Fintech di Hong Kong

Sekitar 39% perusahaan baru di industri fintech yang diluncurkan di Hong Kong tahun lalu beroperasi dengan teknologi DLT. Hal itu menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan Blockchain semakin mendominasi sektor teknologi keuangan di negara tersebut.

Selama setahun terakhir dengan 22 perusahaan fintech yang mengadopsi DLT dari 57 perusahaan fintech yang telah diluncurkan di Hong Kong, Blockchain dianggap sebagai segmen industri fintech yang paling cepat berkembang di kawasan tersebut.

Sudahkah Anda Membaca:

Perusahaan-perusahaan di Hong Kong Merangkul Blockchain

Menurut Jasa Keuangan dan Biro Keuangan Hong Kong (Hong Kong’s Financial Services and Treasury Bureau), DLT mewakili bagian yang semakin dominan dari perusahaan fintech baru negara itu dari tahun ke tahun. Di mana naik dari persentase sebelumnya, 27% pada 2018. Berdasarkan laporan pada 1 Juni yang diterbitkan oleh departemen keuangan Hong Kong, menunjukkan gambaran rinci tentang percepatan pertumbuhan Blockchain di wilayah tersebut.

Sejak April 2019, laporan itu mencatat bahwa jumlah bisnis fintech yang beroperasi di Hong Kong telah melampaui 600. Itu termasuk penerbitan delapan lisensi bank virtual dan empat perusahaan asuransi virtual.

Laporan tersebut menemukan solusi perusahaan DLT terdiri dari sub-sektor terbesar dari industri Blockchain di wilayah. Mewakili 45% dari perusahaan besar yang didistribusikan Hong Kong.

Platform perdagangan cryptocurrency terdiri 27% dari sektor Blockchain Hong Kong. Diikuti oleh kustodian aset digital 14%, dan trade finance settlement 9%.

Laporan tersebut menegaskan bahwa Blockchain adalah di antara kecerdasan buatan, big data, dan cloud dalam technology stack yang mendukung “pergeseran tektonik” yang diamati di sektor perbankan virtual Hong Kong. DLT juga digunakan dalam beberapa inisiatif InsurTech yang dimaksudkan untuk merombak dan memodernisasi industri asuransi di wilayah tersebut.

Hong Kong’s treasury juga mencatat percepatan dalam penggunaan teknologi fintech dan Blockchain di tengah pandemi COVID-19, yang menyoroti penghematan dan efisiensi yang ditawarkan oleh DLT.

Apakah Blockchain?

Blockchain adalah sistem database yang memiliki karakter data identik terdesentralisasi dan disimpan di banyak tempat atau terdistribusi (disebut nodes atau penambang), bersifat immutable (data tidak bisa diubah/tidak bisa dihapus), append only (data hanya bisa  ditambahkan), dan block yang satu terhubung dengan block sebelum dan sesudahnya secara kriptografik. Karakter ini mengakibatkan mustahil terjadinya penipuan atau manipulasi data/transaksi.

Sudahkah Anda Membaca:

Image by Dirk Daniel Mann from Pixabay

-IN-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Fintech Bantu Pemerintah dan Bank Tingkatkan Layanan Publik Covid-19

Intenselynews.com – Perusahaan teknologi keuangan (fintech) bekerja sama dengan bank dan perusahaan lain untuk menyediakan layanan publik, termasuk dengan membantu mencairkan paket bantuan COVID-19...

Mengenal Airdrop Lebih Jauh dalam Dunia Kripto Aset

Intenselynews.com – Bagi Anda yang gemar berburu token atau kripto aset gratis, Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah airdrop. Airdrop merupakan salah satu...

Crypto Dash Berkembang Menjadi Cryptocurrency Cloud Terdesentralisasi

Intenselynews.com – Dunia cryptocurrency menunjukkan pertumbuhannya dari waktu ke waktu. Tidak hanya semakin banyaknya crypto asset baru yang muncul, pergerakan industri crypto juga ditandai...

Apa yang Terjadi ketika Komputer dapat Memprediksi Pikiran Anda?

Intenselynews.com – Para peneliti di Universitas Helsinki telah mengembangkan teknik. Teknik itu menunjukkan komputer memodelkan persepsi visual dengan memantau sinyal otak manusia.  Komputer seolah-olah...

Mengenal 3 Jenis Kategori Sekuritas dalam Investasi

Intenselynews.com – Selama ini Anda mungkin hanya mendengar istilah sekuritas saja. Padahal sekuritas ini banyak jenisnya. Apakah Anda sudah mengenal 3 jenis kategori sekuritas...
Translate »