Pilihan Investasi Picture
Top Advertisement

Intenselynews.com – Wabah Coronavirus telah memengaruhi berbagai lini kehidupan kita. Mulai dari ekonomi, aktivitas sosial hingga investasi juga ikut terdampak. Salah satu pilihan berinvestasi sangat cocok pada saat ini, lalu cara berinvestasi yang seperti apa yang menjadi pilihan anda? Mari simak ulasan tentang investasi yang tepat di tengah wabah virus corona.

Bukan rahasia lagi jika keadaan ini sudah membuat pasar saham dan bursa investasi lainnya dipenuhi kecemasan dan sebagian besar investor merasakan kejutan. Ketakutan pasar akan virus ini telah memukul industri-industri tertentu lebih keras daripada yang lain, tetapi hampir semua sektor mengalami penurunan nilai.

Tetapi Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa reaksi pasar terhadap virus corona tidak semuanya buruk, dan investor cerdas memposisikan diri untuk mengeksploitasi peluang baru.

Ketakutan akan penyebaran virus telah mempengaruhi sebagian besar portofolio saham para investor tetapi percaya atau tidak, efeknya tidak selalu buruk. Investor cerdas menggunakan jenis lingkungan ini untuk melihat lebih dekat pada strategi investasi mereka dan mengubahnya dengan cara yang masuk akal.

Lalu, jenis investasi apa yang masih layak Anda pertimbangkan di tengah kericuhan di pasar investasi?

Jenis Investasi Pilihan Saat Wabah Corona Melanda

Menurut Aakar Abyasa Fidzuno, CEO sekaligus pendiri serta penyedia aplikasi layanan keuangan Jouska Financial Adviser saat ini memiliki uang tunai memang merupakan pilihan terbaik. Namun bukan berarti kita harus meninggalkan investasi dan menguangkannya. Aakar menyebut bahwa saat ini produk multicurrency dan produk-produk perbankan masih menjadi pilihan terbaik investasi Anda. Apa saja produk-produk tersebut?

1. Deposito

Deposito merupakan salah satu produk investasi perbankan yang paling populer. Tabungan yang hanya bisa disetor dan dicairkan dalam waktu yang sudah ditentukan ini banyak menjadi pilihan para investor, tidak terkecuali saat perekonomian sedang kalut seperti sekarang. Ini karena nilainya cukup stabil dan bunga yang ditawarkan juga lebih tinggi dibanding tabungan biasa.

2. Surat Berharga Negara (SBN)

Dalam kondisi apapun, SBN atau Surat Berharga Negara merupakan pilihan investasi yang cenderung aman. Ini karena produk ini diterbitkan dan mendapatkan jaminan negara. Dari segi keuntungan, SBN juga tidak kalah menggiurkan meski Anda membelinya saat ekonomi sedang tidak pasti karena wabah Corona seperti sekarang.

3. Emas

Emas sejak dulu selalu menjadi pilihan safe haven bagi para investor saat kondisi keuangan sedang tidak stabil. Ini karena emas cenderung lebih stabil dari segi harga. Kerusuhan ekonomi tahun 1998 misalnya, berhasil menjadi sebuah titik balik kenaikan harga emas yang ternyata sangat menguntungkan bagi para investor.

Wabah Corona juga terbuktik berhasil menaikkan harga emas selama beberapa waktu ke belakang. Meski penurunan juga terjadi, nilainya tidak begitu besar. Meski kenaikannya cukup drastis, banyak pakar keuangan memprediksi harganya akan kembali terkoreksi pasca Corona mereda.

Baca juga:

Itulah beberapa pilihan instrumen investasi yang dapat Anda pilih selama wabah Corona masih melanda dunia. Tidak perlu khawatir dan langsung menarik semua investasi karena situasi ini dipastikan akan segera mereda dalam waktu dekat.

Image by mohamed Hassan from Pixabay

-Dita Safitri-

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here