27.9 C
Jakarta

Potret Perjalanan Pendidikan di YMDAI yang Kian Berkibar

SinthaRosse.com – Apakah YMDAI? YMDAI merupakan singkatan dari Yayasan Majlis Dzikir Al-Ikhlas. Lembaga ini bergerak dalam bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Lantas bagaimana potret perjalanan pendidikan di YMDAI kini?

Sejak pendiriannya pada tahun 2003, lembaga ini membuka Program Pembangunan Pondok Pesantren. Pembangunan itu di antaranya; Asrama Santri, Majlis Dzikir dan Gedung Sekolah yang terus berjalan secara bertahap.

Didirikan oleh Al Ustadz Habibullah Al Faqir Illallah Endang Haryana Tajuddin Syarif) Bin Saprani Bin Musa yang berasal dari Kp. Carita Pandegelang Banten, yayasan ini berlokasi di Kampung Manukung RT 07/04 Desa Rancabuaya, Kecamatan Jambe, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Kiprah dan Potret Perjalanan Pendidikan di YMDAI dalam Dunia Pendidikan

Memasuki tahun ajaran 2018/2019 lalu, YMDAI telah membuka pendaftaran bagi calon peserta didik baru, siswa-siswi Pendidikan Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TK IT) dan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ)  secara GRATIS untuk yatim piatu dan masyarakat yang tidak mampu.

Pimpinan pengurus Yayasan Majlis Dzikir Al-Ikhlas (YMDAI) Rohimudin A.Ma.Pd beserta Kepala Sekolah TK YMDAI, Endriyana, SE, memberikan pernyataan mereka bahwa yayasan ini nantinya terdiri atas sekolah TK, SD, SMP, dan SMA Islam terpadu.

“Perlahan tapi pasti, kami terus berkiprah dalam kegiatan sosial keagamaan yang bergerak dengan pengabdian 60 amilin. Kami mengumpulkan zakat, infaq serta shadaqah yang pemanfaatannya bisa menyejahterakan umat maupun lembaga zakat dan di pertanggung jawabkan dunia akhirat dengan manajemen yang baik,” ungkap Endriyana, Kepala Sekolah TK YMDAI.

“Yayasan Majelis Dzikir Al Ikhlas ini berjumlah 28 orang pengurus dan anggotanya. Setiap dana yang masuk dicatat rapi dan dikelola dengan baik. Misalnya, dalam menghadapi maulid Nabi Muhammad SAW, kami kembali mengadakan bakti sosial untuk kaum dhuafa, anak yatim piatu dan orang jompo yang rutin kami lakukan. Agar pengelolaan dana dipercaya, informasinya tentunya harus jujur dan lengkap,” ujar Rohimudin, dikutip dari pelitabanten.com.

Kiprah dari potret perjalanan pendidikan di YMDAI terus berkembang lewat bantuan 60 amilin. Dengan mengumpulkan zakat, infak dan sedekah dari para donator, ada beberapa hal yang akhirnya bisa terwujud untuk kepentingan umat. Salah satunya adalah dengan membuka sekolah gratis bagi anak yatim dan dhuafa.

Sebanyak 14 ruang kelas baru dan 16 tempat tinggal santri ditambah pendopo dan rumah sedang tahap pembangunan. Sesuai dengan misinya, Yayasan Majlis Dzikir Al-Ikhlas memang ingin membantu menyejahterakan umat lewat berbagai hal baik berupa bantuan di bidang pendidikan, keagamaan dan lain sebagainya.

Dari sekolah gratis yang didirikan ini, pengurus YMDAI berharap anak-anak didik yang dihasilkan juga memiliki prinsip hidup yang sama yakni membantu orang-orang yang kurang mampu.

Para donator masih bisa ikut menyumbangkan sedikit hartanya lewat kotak amal yang disediakan di beberapa pom bensin di kawasan Tangerang.

-Dita Safitri-

 

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Credit Suisse Incar Pertumbuhan Hingga 100% dari Pasar Sekuritas Cina

Intenselynews.com – Credit Suisse (CSGN.S) ingin meningkatkan saham perusahaan patungan (joint venture) sekuritas China menjadi 100% dan meningkatkan pangsa pasar setelah mendapatkan lampu hijau...

Produk E Commerce yang Paling Banyak Dicari Saat Ini

Intenselynews.com - Mewabahnya virus COVID-19 (virus corona), membawa perubahan besar dalam trend pasar produk e commerce. Beberapa produk tertentu mendadak booming untuk dijual karena...

Transformasi Digital Keuangan, Bagaimana Implementasi di Masa Depan?

Intenselynews.com - Berbagai sektor industri di masa pandemi COVID-19 (corona virus) tengah berjuang untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan dengan membangun cara-cara baru. Khususnya di...

Zoom Phone dan CSM ServiceNow, Bikin Pengalaman Kerja Lebih Baik

Intenselynews.com – Baru-baru ini dikabarkan bahwa Zoom Phone atau Zoom Video Communications, Inc. (NASDAQ: ZM) dan ServiceNow  (NYSE: NOW) telah bermitra untuk menciptakan solusi...

Sir Elton John Dianugerahi Penghargaan Emas dari Kerajaan Inggris

Intenselynews.com – Kerajaan Inggris melalui Royal Mint melakukan hal unik untuk merayakan ulang tahun legenda rock asal negaranya, Sir Elton John. Karir sang musisi...
Translate »