More
    Beranda Blockchain Revolusi Dunia Kesehatan dengan Blockchain Membuat Lebih Efisien

    Revolusi Dunia Kesehatan dengan Blockchain Membuat Lebih Efisien

    Intenselynews.com – Secara umum, industri kesehatan dibagi menjadi 3 kategori utama yakni pembayaran/asuransi, institusi medis dan klinik. Dan seperti halnya industri lain, ketiga pilar tersebut harus selalu dibangun dengan sistem dan proses yang baru. Tujuan revolusi dunia kesehatan dengan blockchain tentu saja membuat proses kerja di dalamnya menjadi lebih efisien. Sayangnya, yang terjadi di lapangan justru sebaliknya.

    Revolusi Dunia Kesehatan dengan Blockchain Mudahkan Pertukaran Informasi

    Ketiga pilar tersebut terkadang tidak berhubungan dan membuat proses administrasi menjadi sulit. Jika tidak segera dicari akar permasalahannya, maka industri kesehatan kita akan terus seperti ini.

    Salah satu contoh yang paling sering terjadi adalah panjangnya waktu yang dibutuhkan untuk informasi pasien bisa sampai ke perusahaan asuransi dan institusi terkait. Sementara itu, pasien tidak tahu persis mengapa ini bisa terjadi. Dan, pada akhirnya, yang Anda dapatkan bukan hanya komunikasi yang tidak efisien antara penyedia layanan kesehatan, tapi juga dapat berkurangnya kepercayaan akibat kurangnya transparansi.

    Di saat-saat seperti ini lahirlah Blockchain. Sebuah teknologi baru yang dianggap dapat mengatasi ketidakefisienan ini dengan menciptakan sektor perawatan kesehatan yang lebih transparan dan dapat dipercaya untuk semua orang. Penggunaan teknologi Blockchain dapat membawa perubahan penting pada industri perawatan kesehatan dengan mengatasi akar masalah dari terputusnya hubungan antara tiga pilar dan meruntuhkan penghalang untuk mengatasi masalah dan ketidakefisienan ini. Bagaimana Blockchain melakukannya?

    Dengan menggunakan Blockchain, pasien dapat mempertahankan akses ke bagian datanya dan memiliki kemampuan untuk melacak atau mencabut akses ke data mereka pada waktu tertentu. Pasien tidak lagi harus mempercayakan keamanan informasi mereka kepada institusi, atau pihak ketiga lainnya yang harus melacak ribuan bahkan jutaan data pasien lainnya. Belum lagi, konsumen jarang mengetahui afiliasi atau mitra yang telah menandatangani hak data pribadi mereka. Dengan blockchain, Anda tidak akan lagi kebingungan karena dihubungi oleh pihak ketiga yang tidak Anda ketahui kejelasannya.

    Baca juga:

    Inti yang terpenting dari penggunaan Blockchain dalam industri kesehatan adalah kebutuhan akan keamanan data dan transaksi yang dapat diverifikasi. Ini disebabkan oleh banyaknya kejadian data rekam medis dan informasi pasien yang tersebar di beberapa institusi sekaligus. Tidak dapat disangkal bahwa dengan segala kelebihannya, Blockchain akan menjadi salah satu sistem manajemen data yang paling aman, terutama di bidang kesehatan.

    Gambar oleh Pete Linforth dari Pixabay

    -Dita Safitri-

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Boleh Dibaca

    Translate »