More
    Beranda Life & Art Revolusi Kamu Bisa Menulis Puisi? Cara Sederhana Menulis Puisi

    Revolusi Kamu Bisa Menulis Puisi? Cara Sederhana Menulis Puisi

    Intenselynews.com – Di awal tahun baru ini apakah salah satu revolusi kamu bisa menulis puisi?

    Menulis puisi bisa menjadi kegiatan asyik buat siapa saja yang gemar menulis. Bahkan menulis puisi sebagai bagian dari karya sastra tidak mengenal batas usia. Puisi juga menawarkan para penulisnya untuk menyalurkan emosi dengan indah. Dengan demikian, puisi juga dapat membantu kita menghilangkan penat dari kepadatan aktivitas sehari-hari.

    Menulis Puisi dengan Langkah Sederhana agar Revolusi Kamu Bisa Menulis Puisi Tahun Ini Bisa Tercapai

    Nah, jika kamu ingin belajar menulis puisi atau mengasah kemampuan kamu dalam menulis puisi, berikut ini Intenselynews.com uraikan tips sederhananya. Selamat menyimak!

    1. Banyak Membaca Berbagai Jenis Puisi 

    Cara pertama dan paling sederhana untuk meningkatkan kreativitas kamu menulis puisi adalah dengan banyak membaca berbagai genre puisi. Dewasa ini dengan kecanggihan media sosial, kamu dapat menemukan banyak sekali puisi populer dari para penulis hebat. Apakah kamu menyukai genre puisi motivasi, asmara, petualangan, dsb, kamu juga bisa menemukan passion menulis kamu lewat membaca karya-karya penulis pavoritmu.

    2. Mulai Menulis 

    Setelah membaca, teruslah melatih kemampuan menulis dengan mulai menulis. Kamu dapat melakukan eksperimen dengan berbagai bentuk puisi yang berbeda. Karena begitu banyak jenis puisi yang tersedia untuk kamu coba mempraktikannya. Sebagai langkah awal, kamu dapat mencoba menulis puisi pendek dengan banyak tema. Dengan sering berlatih, kamu juga dapat menemukan gaya menulismu sendiri.

    Baca juga: 

    3. Mempelajari Rima 

    Salah satu kekuatan puisi terdapat pada rima dan kekuatan bahasa. Rima merupakan elemen penting dalam puisi. Secara sederhana rima merupakan pengulangan bunyi yang menciptakan keindahan pada sebuah puisi. Struktur rima akan membantu menciptakan perasaan dan emosi dari puisi yang kamu tulis.

    4. Memahami Penggunaan Diksi

    Apakah Diksi? Diksi merupakan proses pemilihan kata yang tepat dan selaras penggunaannya dalam menyampaikan suatu maksud kepada pembaca. Diksi itu sendiri meliputi gaya bahasa, abstrak yang sesuai, pemakaian metafora, dsb. Memahami penggunaan diksi yang tepat bisa membantu kamu mengekspresikan makna mendalam puisi tersebut, sehingga pembaca juga menerima pesan yang ingin disampaikan pada puisi.

    5. Memiliki Jurnal Puisi Sendiri

    Puisi dapat memiliki kekuatan untuk membantu menenangkan pikiranmu dalam situasi tersentu, sambil berkarya. Usahakan untuk menulis puisimu dengan rapi. Selain itu, simpan puisi tersebut pada jurnal pribadi yang sesuai dengan genre-nya masing-masing. Sehingga jika kamu ingin memperbaiki, membaca ulang, atau membukukan puisi-puisi yang telah ditulis, kamu dapat mudah menemukannya.

    Baca juga:

    Itulah beberapa langkah sederhana untuk belajar menulis puisi. Semoga artikel ini dapat membantu mewujudkan resolusi kamu di 2021 ini, ya! Ada pertanyaan atau kamu punya tips menarik terkait menulis puisi lainnya? Jangan ragu tuangkan pemikiran kamu di kolom komentar. Selamat berkarya!

    Gambar oleh Thought Catalog dari Pixabay

    -Sintha Rosse-

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Boleh Dibaca

    Translate »