sajakku berkisah picture
Top Advertisement

Intenselynews.com – Telah beredar di Gramedia, sebuah buku berjudul Sajakku Berkisah. Buku ini ditulis oleh Sintha Rosse, dengan spesifikasi sebagai berikut:

Penyunting : Deka Amalia
Desainer Cover : Ade Ufi
Ilustrasi : Suci Geulis & Salsabilla
Penerbit : Gaung Persada Press
125 halaman. Rp. 45.000

Sudah lama mengenal Sintha Rosse, karena telah beberapa kali mengikuti pelatihan menulis online lalu sempat bertemu dalam beberapa event.

Saya melihat Sintha Rosse sebagai pribadi yang tiada henti ingin belajar dan menyerap ilmu. Ia juga mau mencoba banyak hal. Satu hal yang membedakannya dengan yang lain adalah Sintha Rosse ingin menulis karena ia menyukainya atau bahkan karena mencintainya. Ia ingin mengungkapkan banyak hal dengan hatinya. Tidak memikirkan hal yang lain. Semua semata karena ia bahagia melakukannya.

Baca juga: Puisi Melawan Rapuh, Sintha Rosse, Terbit di Pikiran Rakyat

Tentang Sajakku Berkisah

Tak banyak penulis yang berani menulis genre puisi lalu menerbitkannya. Karena semua berpikir buku puisi bukanlah buku yang laku di pasar. Kumpulan puisi tidak seseksi novel. Tapi Sintha Rosse berani mendobrak paradigma itu.

Ia menulis kumpulan puisi yang kekinian, dengan gaya pop. Sehingga saat membaca buku ini, pembaca tidak sedang merasa membaca puisi yang mendayu-dayu tetapi seolah mendengar Sintha Rosse bercerita lewat untaian kata yang indah. Sehingga nuansanya begitu terasa dan membawa pembaca pada suasana yang sulit untuk diabaikan begitu saja. Kehangatan dan mata yang membasah.

Karena itulah Sintha Rosse memberi judul buku ini: Sajakku Berkisah. Karena lewat untaian kata, ia ingin mengisahkan banyak hal tentang kehidupan. Dalam kata yang tersirat, Sintha Rosse mengupas dengan dalam seluk beluk kehidupan seperti perjuangan, pengorbanan, harapan, cita-cita, keluarga, orang tua dan persahabatan.

Semua hal yang tak ada satu pun manusia di muka bumi luput mengalaminya. Sintha Rosse menjalinnya dengan dalam dan mengena. Tanpa menggurui, ia memberikan pandangan tentang banyak hal. Yang semuanya penuh makna dan hikmah. Karena ia peroleh dari kisah nyata.

Ada 60 puisi dalam buku ini, diselipi ilustrasi cantik. Saya jamin, pembaca tidak akan bosan untuk menyelesaikan membacanya. Karena antara satu puisi dengan puisi lainnya seolah ada benang merah yang mengikat. Yang membuat pembaca tak akan berhenti sampai selesai.

Buku ini pun menempuh perjalanan yang berliku hingga sampai ke toko buku. Setelah menjalani proses editing yang tak terhitung lalu dua kali mengganti ilustrasinya.

Ilustrasi pertama kurang pas maka diubah dengan ilustrasi baru. Semua semata demi memenuhi kualifikasi untuk bisa beredar di Gramedia. Karena sebagai toko buku besar dan terpercaya, Gramedia pun tidak sembarangan menerima buku untuk bisa beredar. Jadi menjalani proses seleksi yang cukup ketat. Karena itu bisa sampai ke sana adalah sebuah kebanggaan.

Sinopsis

Ungkapan ide judul buku yang bagi penulis sesuai untuk menggambarkan isi buku ini. Di dalamnya tertuang kumpulan sajak dan puisi yang melukiskan kisah-kisah tentang seluk beluk kehidupan. Seperti perjuangan, perngorbanan, harapan, cita-cita, keluarga, orang tua, persahabatan, dan potret kesenjangan sosial, serta kisah cinta dengan beragam rasa.

Secara keseluruhan penulis jadikan satu kesatuan sehingga menjadi alur cerita yang utuh dan saling terkait.

 

Dibeli ya kalau ke Gramedia.

 

Source: Kompasiana.com

-Deka Amalia-

3 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here