More
    Beranda Investasi Bisnis Strategi Membangun Bisnis 2021 dalam Kondisi yang Tidak Menentu

    Strategi Membangun Bisnis 2021 dalam Kondisi yang Tidak Menentu

    Intenselynews.com – Membangun bisnis memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pada tahun 2020, di tengah mewabahnya covid-19, kita telah melihat sejumlah bisnis tidak mampu bertahan, dan sejumlah bisnis lainnya tutup sementara karena berkurangnya jumlah pelanggan secara drastis. Tahun 2021 ini, merupakan tahun tantangan bagi pebisnis yang memulai usaha mereka kembali dan mempertimbangkan strategi membangun bisnis di tengah kondisi yang masih belum stabil.

    Strategi Membangun Bisnis 2021

    Apa yang kita perlukan dalam membangun bisnis? Strategi yang terarah akan membantu kita dalam menjalankan roda bisnis. Selain itu juga dapat membantu menjangkau tujuan bisnis yang realistis dalam menempuh tahun yang berjalan. Berikut ini beberapa tips strategi membangun bisnis yang dapat kamu pertimbangkan dalam menghadapi tahun 2021 dan tantangannya ketika situasi sedang tidak menentu.

    Baca juga:

    1. Fokus dengan Apa yang Bisa Kamu Lakukan

    Pada masa pandemi covid-19, berbagai penerapan aturan dan regulasi baru wajib kita patuhi. Oleh karenanya, hal yang perlu kita pahami adalah apa yang dapat kita lakukan agar tidak melanggar aturan tersebut. Sebagai contoh, ketika beberapa kedai makanan/minuman tidak dapat menerima pembeli untuk makan di tempat, kamu bisa memberikan layanan pesan antar. Selain lebih mudah bagi pelanggan, kamu juga ikut membantu sosialisasi jaga jarak guna mencegah penularan covid-19.

    Apa pun bisnis yang kamu lakukan, pada dasarnya kamu bisa tetap berusaha membangun bisnis dengan langkah-langkah baru yang diperlukan. Berikut ini beberapa contoh lainnya strategi bisnis yang mungkin dapat kamu lakukan:

    • Mengalihkan bisnis yang semula hanya off line juga tersedia secara online.
    • Melakukan penelitian produk baru yang potensi pasarnya positif di masa pandemi,
    • Tetap berusaha menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan menciptakan pengalaman berbelanja yang terpercaya meskipun penjualan secara online.
    • Melakukan review strategi pemasaran dengan mengerahkan media sosial yang dewasa ini banyak dimanfaatkan para pelaku usaha untuk mempromosikan bisnis mereka.

    2. Survei Produk Baru yang Rencananya akan Kamu Rilis

    Jika kamu telah merencanakan untuk mengembangkan produk baru, pastikan bahwa kamu telah melakukan survei mendalam sebelum melakukan peluncurannya. Misalnya, kamu ingin merilis produk kosmetik baru, disarankan untuk melakukan peninjauan apakah partner bisnis kamu dalam penyediaan bahan baku tidak memiliki kendala yang membuat produksi produk baru tersebut terhenti di tengah jalan. Kamu dapat menyediakan tiga rencana produk yang akan diluncurkan, lalu buat daftar pertanyaan, salah satunya apakah produk tersebut rilis pada waktu dan kondisi yang tepat? Kemudian, pilih salah satu produk yang kamu anggap paling relevan dengan situsi bisnis. 

    3. Memiliki Sumber Daya yang Dapat Diandalkan

    Strategi bisnis ini penting, karena sebagai pebisnis kamu membutuhkan sumber daya handal agar operasional bisnis tetap berjalan baik. Jika kamu membuka bisnis katering online, misalnya, kamu tentu membutuhkan tim pengiriman yang tepat waktu, asisten masak yang ahli di bidangnya, packaging yang ramah lingkungan, dll.

    Selain tim solid, memfokuskan strategi bisnis dengan melakukan survei pendapat pelanggan terhadap layanan bisnis juga dapat membantu kemajuan bisnis kamu di masa depan. Untuk tujuan pemasaran yang lebih baik, luangkan waktu kamu sejenak buat menyapa pelanggan, menerima saran dan kritik mereka dengan bijak, serta berikan informasi kepada pelanggan perbaikan yang bisa kamu lakukan.

    Baca juga: 

    4. Cara Pembayaran yang Mudah

    Seperti kita ketahui bahwa pada masa pandemi penggunaan uang kertas dibatasi atau cashless. Hal itu mencegah sentuhan/interaksi langsung dari orang ke orang yang dapat menjadi penyebab penularan covid-19. Oleh karenanya, mengalihkan cara pembayaran ke sistem digital mungkin dapat kamu pertimbangkan. Kamu bisa mengadopsi sistem transfer, bekerjasama dengan pihak ketiga atau payment gateway, dan sistem pembayaran online lainnya.

    Itulah beberapa strategi untuk membangun bisnis di pergantian tahun 2021 pada masa pandemi ini. Semoga artikel ini bisa membantu kamu, ya. Atau kamu punya strategi bisnis lainnya? Jangan ragu tuangkan pemikiran kamu pada kolom komentar!

    Baca juga:

    Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

    -IN-

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Boleh Dibaca

    Translate »