Teknologi Baru Picture
Top Advertisement

Intenselynews.com – Seiring berjalannya waktu, teknologi telah berubah menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. Bisnis yang dulu berjalan secara konvensional, perlahan-lahan mendapatkan sentuhan teknologi baru di berbagai sisi.

Selain itu kehadiran internet merupakan keniscayaan bagi sebuah bisnis agar bisa bertahan di tengah gempuran ekonomi digital yang terus digaungkan.

Bagi seorang pebisnis, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mulai menerapkan teknologi baru dalam bisnis. Apa saja?

Peran Penerapan Teknologi Baru dalam Bisnis

Meningkatkan Produktivitas dengan Menggunakan Teknologi

Untuk memaksimalkan produktivitas kerja, seorang pengusaha dituntut untuk mampu berpikir inovatif. Alat-alat produksi manual bisa digantikan dengan mesin yang memiliki daya produksi tinggi namun dengan biaya lebih rendah. Pengelolaan keuangan yang dulu dilakukan secara manual, saat ini bisa diselesaikan dengan beragam software yang tersedia di pasaran.

Meningkatkan Jaringan Pemasaran Lewat Media Online

Salah satu kelebihan yang dimiliki teknologi adalah keberadaan internet yang memungkinkan kita menjangkau orang-orang secara lebih luas dengan mudah. Inilah yang menjadi kesempatan emas bagi para pebisnis untuk melakukan ekspansi dalam bidang pemasaran. Selain menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter untuk promosi, keberadaan e-commerce juga bisa menjadi sarana bagi Anda untuk bisa memasarkan produk ke manapun Anda mau.

Meningkatkan Layanan Pelanggan dengan Chatbot dan Survei Online

Pelanggan merupakan sumber kehidupan bagi sebuah bisnis. Karena itu, memprioritaskan kepuasan mereka adalah tugas utama seorang pebisnis. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan layanan pelanggan. Bisa dengan menyediakan chatbot (robot penjawab otomatis) di halaman situs perusahaan Anda, bisa juga dengan melakukan survei online.

Saat ini, pelanggan dapat dengan mudah memberikan feed back pada produk yang mereka beli. Kadang mereka menuliskannya di halaman media sosial perusahaan, kadang juga menuliskannya sebagai testimoni di halaman jual beli/e-commerce. Ini tidak hanya akan menjadi sumber presensi online perusahaan Anda, tapi juga menjadi sumber informasi mengenai tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk yang Anda jual. Anda bisa mendapatkan beragam masukan yang membangun dengan memerhatikan tulisan-tulisan konsumen secara online tentang produk/layanan Anda.

Teknologi Baru Meningkatkan Keamanan

Teknologi juga dapat menjadi cara bagi Anda untuk meningkatkan keamanan. Menyimpan data dengan akses terbatas akan melindungi dokumen-dokumen penting dari kerusajan dan peretasan. Saat ini sudah canggih yang memungkinkan semua data yang Anda miliki terlindungi dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga:

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh seorang pengusaha saat ingin menerapkan teknologi ke dalam bisnisnya. Bagaimana dengan Anda, tertarik mencoba salah satunya?

Image by Karolina Grabowska from Pixabay

-Dita Safitri-

3 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here