25.2 C
Jakarta

Tips Cerdas Berinvestasi dengan Cara-Cara Berikut ini

Intenselynews.com – Membangun kekayaan tidak bisa dilakukan hanya dengan sehari dua hari. Mengumpulkannya juga tidak cukup hanya dengan bekerja keras. Anda harus cerdas dengan membuat uang yang datang sendiri pada Anda. Caranya adalah dengan berinvestasi. Tips cerdas berinvestasi dengan cara berikut ini.

Tips Cerdas Berinvestasi

Meski saat ini ada banyak pilihan instrumen investasi yang menjanjikan, Anda tetap harus melakukannya dengan cermat. Simak tips cerdas berinvestasi berikut ini!

1. Bersikap Realistis

Berinvestasi bukan hanya tentang mencari kesempatan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Buatlah investasi yang Anda pahami dengan baik dan rencanakan keputusan dengan baik pula. Pertimbangkan semua faktor termasuk risiko sebelum Anda memilih produk investasi.

2. Jangan Tergiur dengan Keuntungan yang Terlalu Besar

Banyak orang yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cepat akhirnya tergiur produk investasi abal-abal. Ingat, keuntungan yang terlalu besar dan tidak masuk akal itu bisa dipastikan adalah penipuan. Pelajari dengan baik investasi yang Anda pilih termasuk besaran keuntungan rata-rata yang didapatkan orang-orang dari sana. Jika Anda merasa nilai yang ditawarkan terlalu besar, Anda patut curiga.

3. Hindari Melihat Investasi Hanya dari Performa Masa Lalunya

Salah satu cara yang banyak dilakukan orang ketika membeli produk investasi adalah dengan melihat performa masa lalunya. Padahal, menggunakan cara ini sama dengan menyetir hanya dengan melihat ke spion saja. Artinya, Anda bisa ‘menabrak’. Apa yang terjadi di masa lalu tidak bisa jadi jaminan performa masa depannya akan sama baiknya. Tetap lakukan analisis baik fundamental maupun teknikal untuk menentukan langkah investasi yang tepat.

4. Hindari Berutang untuk Investasi

Anda boleh punya semangat investasi yang besar. Tapi, jangan pernah tergoda meminjam untuk berinvestasi karena itu bisa membahayakan keuangan Anda. Berinvestasilah pada apa yang Anda sanggupi karena itu merupakan langkah keuangan terbaik untuk masa depan finansial Anda.

5. Jangan Emosional

Saat berinvestasi, milikilah rencana yang matang. Memiliki rencana akan menghindarkan Anda mengambil langkah-langkah yang sifatnya emosional. Ketika harga saham jatuh, jangan panik dan buru-buru menjual. Pastikan Anda melakukan langkah yang tepat sesuai dengan konsep investasi agar tidak salah mengambil jalan.

Baca juga:

Itulah beberapa langkah cerdas dalam berinvestasi yang bisa Anda terapkan. Ingat, investasi apapun yang Anda pilih tetap memiliki risiko. Pastikan Anda sudah mempertimbangkan faktor risiko sebelum menjatuhkan pilihan pada salah satu jenis investasi.

Gambar oleh Megan Rexazin dari Pixabay

-Dita Safitri-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Fintech Bantu Pemerintah dan Bank Tingkatkan Layanan Publik Covid-19

Intenselynews.com – Perusahaan teknologi keuangan (fintech) bekerja sama dengan bank dan perusahaan lain untuk menyediakan layanan publik, termasuk dengan membantu mencairkan paket bantuan COVID-19...

Mengenal Airdrop Lebih Jauh dalam Dunia Kripto Aset

Intenselynews.com – Bagi Anda yang gemar berburu token atau kripto aset gratis, Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah airdrop. Airdrop merupakan salah satu...

Crypto Dash Berkembang Menjadi Cryptocurrency Cloud Terdesentralisasi

Intenselynews.com – Dunia cryptocurrency menunjukkan pertumbuhannya dari waktu ke waktu. Tidak hanya semakin banyaknya crypto asset baru yang muncul, pergerakan industri crypto juga ditandai...

Apa yang Terjadi ketika Komputer dapat Memprediksi Pikiran Anda?

Intenselynews.com – Para peneliti di Universitas Helsinki telah mengembangkan teknik. Teknik itu menunjukkan komputer memodelkan persepsi visual dengan memantau sinyal otak manusia.  Komputer seolah-olah...

Mengenal 3 Jenis Kategori Sekuritas dalam Investasi

Intenselynews.com – Selama ini Anda mungkin hanya mendengar istilah sekuritas saja. Padahal sekuritas ini banyak jenisnya. Apakah Anda sudah mengenal 3 jenis kategori sekuritas...
Translate »