Tips Bisnis Picture
Top Advertisement

Intenselynews.com – Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi adalah kemudahan untuk berbisnis. Jika dulu seseorang harus punya modal yang besar termasuk tempat usaha dan lain sebagainya, saat ini hanya dengan bermodalkan gawai dan internet saja, semua orang bisa berbisnis. Ada banyak sekali peluang yang terbuka lebar kalau kita jeli melihat. Berikut ini adalah tips – tips jitu untuk memulai bisnis di era digital.

Namun untuk bisa menjadi seorang pebisnis handal di era digital ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Dilansir dari Nicole Rollender, pendiri dan CEO Storyteller via businessinsider.com, ada 5 tips penting untuk para newbie yang ingin memulai bisnis. Apa saja?

1. Belajar dari Seorang Trainer

Banyak pengusaha yang terjun ke dunia bisnis hanya dengan modal nekad. Padahal seberapa banyak pun pengalaman Anda di sebuah perusahaan, belum tentu Anda bisa menjalankan sebuah bisnis secara keseluruhan. Anggaplah Anda memiliki kemampuan di bidang pemasaran, tapi bagaimana dengan produksi? Bagaimana dengan distribusinya? Ada hal-hal tertentu yang hanya dapat Anda pahami dengan belajar langsung pada pakarnya.

Kalaupun tidak bisa menemukan seorang trainer bersertifikat, bertanya pada orang-orang yang sudah terlebih dulu terjun ke bisnis serupa juga akan sangat membantu. Jangan pernah berhenti untuk belajar karena dari sanalah Anda bisa berkembang.

2. Pintar Berpromosi

Dalam bisnis, pemasaran merupakan ujung tombak dari segalanya. Sebagus apapun produk yang Anda jual namun jika tidak dibarengi dengan strategi pemasaran yang baik, maka penjualan tidak akan maju. Di era digital ini, pemasaran bisa dilakukan dengan berbagai cara dan teknik yang lebih banyak. Jangkauan promosi Anda pun semakin luas. Yang perlu Anda lakukan adalah memaksimalkan semua potensi yang ada.

Satu hal penting lagi yang harus Anda ingat: promosi harus selalu berjalan meski saat Anda sedang kebanyakan pesanan. Anda mungkin merasa tidak perlu beriklan lagi karena pelanggan Anda sudah banyak. Tapi Anda tidak pernah tahu sampai kapan mereka akan terus menggunakan jasa atau produk Anda. Sedangkan mencari pelanggan loyal itu butuh waktu yang tidak sebentar. Melakukan promosi berkesinambungan akan memberikan jaminan bisnis Anda tetap bertahan dalam waktu lama.

3. Teliti Mengatur Keuangan

Salah satu kesalahan yang sering membuat sebuah bisnis gagal adalah salah mengatur keuangan. Misalnya saja salah memperkirakan modal, menggabungkan uang perusahaan dengan uang pribadi hingga menggunakan akuntan yang salah.

Untuk poin terakhir, di era digital ini Anda bisa menggunakan akuntan virtual alih-alih tenaga manusia. Selain lebih ramah anggaran, perangkat lunak keuangan ini bisa menghitung banyak komponen sekaligus. Tidak hanya laba, rugi, jumlah inventaris dan lain sebagainya, akuntan virtual ini bahkan bisa juga membantu menghitung pajak Anda. Menyerahkan urusan keuangan Anda pada layanan yang tepat akan membuat Anda bisa lebih fokus dalam mengatur urusan lain di dalam bisnis.

4. Menggunakan Jasa Asisten Virtual

Di zaman yang serba canggih ini, Anda bahkan tidak memerlukan lagi tenaga manusia untuk melakukan layanan administrasi. Ada asisten virtual yang siap melakukannnya untuk Anda. Bagi seorang pengusaha yang bekerja sendiri, keberadaan asisten virtual ini akan sangat membantu Anda menghemat biaya dan waktu.

5. Manfaatkan Kalender Google untuk Mengatur Jadwal

Ketika beban kerja bertambah, jadwal yang Anda tulis dengan tangan tidak akan efisien lagi. Karena itu, manfaatkanlah kalender Google untuk mengatur semua aktivitas dan agenda kerja Anda.

Agar lebih fokus dalam menyelesaikan tugas, buat timer selama kira-kira setengah jam untuk fokus menyelesaikannya. Dengan fokus yang lebih baik, Anda akan terbiasa melakukan satu pekerjaan di satu waktu dengan cepat.

Baca juga:

Itulah beberapa tips penting bagi Anda yang ingin memulai bisnis di era digital ini. Dengan tekad yang kuat, siapapun bisa tumbuh menjadi seorang pebisnis andal. Siap untuk terjun menjadi pengusaha?

Image by Michal Jarmoluk from Pixabay

-Dita Safitri-

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here