More
    Beranda Investasi Cerdas Finansial Trading Saham, Bitcoin atau Emas Kian Trend, Ini Tips Buat Pemula!

    Trading Saham, Bitcoin atau Emas Kian Trend, Ini Tips Buat Pemula!

    Intenselynews.com – Ada banyak cara untuk memperoleh keuntungan dari investasi yang Anda buat. Baik itu investasi saham, emas maupun Bitcoin. Salah satu opsi yang bisa Anda pilih adalah dengan melakukan trading. Terlebih trading saham harian terbilang cukup sederhana, yaitu membeli saham ketika harganya turun dan menjualnya ketika harga naik atau tinggi.

    Tips untuk Pemula yang Ingin Melakukan Trading Saham

    Kata Trading bukanlah sebuah istilah yang asing bagi mereka yang kerap melakukan aktivitas di pasar saham. Trading sendiri merujuk pada kegiatan yang dilakukan di pasar keuangan. Lebih dari sekadar proses jual beli, trading dilakukan oleh para trader dengan tujuan memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Di antara sekian banyak pilihan komoditas yang bisa ditradingkan, emas, Bitcoin dan saham merupakan yang paling populer.

    Bagi Anda yang ingin mencoba melakukan trading, ada beberapa tips yang bisa Anda coba. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

    1. Pahami Jenis Instrumen yang Anda Gunakan

    Trading saham, emas dan Bitcoin memiliki cara yang berbeda. Sebelum Anda memilih, pastikan Anda mengenal dengan baik instrument yang akan ditradingkan. Mulai dari pergerakan harga di masa lalu sampai prediksi dan faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi perubahan harganya. Dengan mengetahui secara mendalam tentang produk yang ingin ditradingkan, Anda bisa membuat perencanaan dan strategi trading yang lebih baik.

    2. Sisihkan Dana untuk Trading

    Ketika Anda mulai trading apalagi untuk pertama kalinya, kerugian mungkin saja terjadi. Anda tidak perlu punya dana besar untuk melakukannya. Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa dana yang digunakan untuk trading adalah dana menganggur dan tidak akan dibutuhkan dalam waktu dekat. Ini penting demi mencegah kemungkinan terburuk yakni gagalnya trading Anda.

    3. Mulailah dari Jumlah yang Kecil

    Seperti halnya seseorang yang sedang belajar, memulai trading juga tidak perlu dilakukan sekaligus. Termasuk dalam menggunakan dana yang ada. Meskipun Anda punya uang banyak saat ini, tetaplah mulai trading Anda dengan nilai yang kecil. Dari nilai ini Anda bisa memperoleh gambaran sebesar apa keuntungan atau kerugian yang mungkin akan Anda dapatkan di masa depan.

    4. Bersikap Rasional pada Keuntungan

    Trading memang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan. Namun ingat, jangan serakah dengan setiap keuntungan yang Anda raih. Misalnya saja, hari ini instrumen yang Anda tradingkan tengah mengalami kenaikan 20%. Alih-alih menunggu sampai nilainya naik 30 atau 40%, Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menjualnya di angka kenaikan 20%. Tidak sedikit trader yang akhirnya kehilangan keuntungan hanya karena menunggu instrumennya naik lebih tinggi lagi.

    Baca juga:

    Itulah beberapa tips dasar mengenai trading untuk Anda yang masih pemula. Selamat mencoba!

    Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

    -Dita Safitri-

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Boleh Dibaca

    Translate »