28.4 C
Jakarta

Tren Fintech Terkini dan Teknologi Baru untuk Industri Keuangan

Intenselynews.com – Meningkatnya penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, dan cara para pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya, menjadi pendorong kuat untuk fintech (financial technology) terus bertumbuh dari tahun ke tahun. Sektor tren fintech terkini yang paling banyak digunakan publik misalnya, dalam mengakses pinjaman secara online, dan penggunaan teknologi baru dalam sistem pembayaran.

Apakah Fintech?

Fintech merupakan teknologi apa saja di industri keuangan, yang membantu mengotomatisasi dan meningkatkan efisiensi transaksi keuangan, biasanya dilakukan serba digital atau secara online. Adopsi fintech telah membawa peningkatan dalam layangan keuangan dengan biaya lebih rendah kepada pengguna.

Baca:

Tren Fintech Terkini yang Mendominasi Industri Keuangan

  • Penggunaan Blockchain dalam P2P Lending

Menurut Forum Ekonomi Dunia baru-baru ini, sekitar 10% dari PDB diprediksi akan disimpan di Blockchain pada tahun 2027. Prediksi lain oleh PWC menyatakan bahwa tahun 2020, 77% lembaga keuangan akan merangkul beberapa bentuk teknologi Blockchain. Dalam industri fintech, konsep peer to peer (p2p) Blockchain tidak jauh berbeda dengan konsep p2p lending. Di mana memungkinkan pengguna (peminjam dan pemberi pinjaman) secara online tanpa membutuhkan jasa pihak ketiga. Fungsi Blockchain dalam hal itu adalah menghubungkan pengguna yang melakukan transaksi.

Semua prediksi tersebut menunjukkan bahwa pemanfaatan Blockchain kian meningkat. Di mana keunggulannya dalam industri keuangan adalah sebagai berikut:

  1. Pemrosesan transaksi pembayaran lebih cepat dan aman
  2. Menghindari kegiatan penipuan
  3. Proses perdagangan lebih efisien dan otomatis
  4. Verifikasi pengguna yang cerdas dan independen
  5. Mengurangi beban administrasi
  • Big Data dan AI

Big Data mendefinisikan jumlah besar data yang dikumpulkan oleh suatu organisasi/perusahaan. Data-data ini dapat dianalisis untuk informasi. Lembaga keuangan sekarang dapat mengumpulkan dan mengelola Big Data guna mendapatkan pandangan menyeluruh dari setiap pelanggan. Dengan menggunakan informasi akurat yang dikumpulkan, perusahaan dapat membuat target dan penawaran yang dipersonalisasi secara real-time di berbagai saluran kepada konsumen.

Penggunaan Big Data dan AI juga dapat meningkatkan analitik prediktif, sehingga perusahaan dapat mendeteksi penipuan dan mengurangi risiko bisnis. Dengan demikian akan meningkatkan layanan lebih baik untuk pengguna sekaligus mendapatkan peningkatan loyalitas.

  • Membangun Ekonomi Berbagi

Ekonomi berbagi dalam sektor fintech merupakan model ekonomi di mana individu/perusahaan dapat berinvestasi, menyewakan, atau meminjam aset yang dimiliki oleh orang lain, yang semua prosesnya dilakukan melalui internet guna memenuhi kebutuhan orang lain yang memerlukan. Penerapan fintech pada ekonomi berbagi memiliki potensi besar, di mana PWC memperkirakan bahwa ekonomi bagi hasil akan bernilai sekitar $ 335 miliar pada tahun 2025.

Dalam perkembangannya, fintech merupakan cahaya baru bagi pertumbuhan sektor ekonomi. Hal itu karena fintech akan membantu lebih banyak individu dan bisnis dalam kemudahan akses keuangan dan menghasilkan pendapatan.

Baca:

Image by Gerd Altmann from Pixabay

-IN-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Kompetisi Trading Aset Kripto Diluncurkan bitFlyer dan Quazard

Intenselynews.com – Luxembourg – bitFlyer, perusahaan cryptocurrency exchange dikabarkan bermitra dengan Quazard, pengembang game crypto-trading. Kemitraan itu untuk membawa kompetisi trading aset kripto terverifikasi...

Pengusaha Properti Paling Sukses dan Terkaya di Dunia

Intenselynews.com – Bukan rahasia lagi jika properti adalah salah satu industri yang paling menjanjikan di dunia. Pertumbuhannya juga meningkat pesat sepanjang tahun. Tak heran...

Buka Usaha E-Commerce Baru? Beberapa Hal Ini Penting Diketahui!

Intenselynews.com – Sebagai pemula di dunia bisnis e-commerce, berbagai kisah sukses para pengusaha yang lebih dulu terjun ke industri tersebut mungkin membuat Anda berpikir...

Amazon Patenkan Sistem Blockchain untuk Pelacakan Rantai Pasokan

Intenselynews.com – Tertanggal 26 Mei lalu perusahaan e-commerce terkemuka dunia, Amazon, mengajukan paten untuk sistem Blockchain pelacakan barang mereka di rantai pasokan. Amazon patenkan...

Pemerintah Venezuela Tuntut Inggris atas Emas Mereka

Intenselynews.com – Seperti yang kita ketahui, pemerintah Venezuela mengalami krisis ekonomi berkepanjangan selama beberapa tahun ke belakang. Negara tersebut mengalami penurunan nilai mata uang...
Translate »